Search:
Email:     Password:        
 





The Most Expensive Food in the World

By Syulianita (Editor) - 13 June 2016 | telah dibaca 2113 kali

Naskah : Suci Yulianita/berbagai sumber

 

Menikmati kuliner, tak lagi sekadar kebutuhan, namun sudah bergeser menjadi gaya hidup. Tak heran, bila banyak kalangan berkocek tebal menghabiskan waktu untuk berburu penganan ekslusif. Tak peduli semahal apapun harganya. Mau tahu seberapa mahal kudapan-kudapan yang menjadi buruan? Nah, ini 10 makanan termahal di dunia yang kami rangkum berikut ini:  

 

 

  1. Saffron

 

Ini bukanlah sebuah makanan, melainkan bumbu masak khas Timur Tengah yang harganya bisa membuat geleng-geleng kepala. Terbuat dari bunga tumbuhan Saffron Crocus yang dipanen kemudian dikeringkan dan Anda cukup membayar Rp.11juta per kilo! Dimana dalam satu kilo itu ada kurang lebih 75.000 putik bunga yang dipanen di lahan seluas lapangan sepakbola. Tumbuhan saffron sebagian besar ditanam di wilayah Mediterania hingga ke timur wilayah Kashmir. Harga saffron melambung lantaran jumlah putik bunganya yang terbatas.

 


 

  1. Beluga – Iranian Caviar

 

Ini bukan sembarang telur ikan. Caviar Beluga dihasilkan dari telur ikan yang sangat langka di dunia, sturgeon albino yang konon hanya terdapat di laut Kaspia. Butiran telur Caviar Beluga berwarna abu abu kehitaman. Caviar yang diminati adalah caviar dalam kondisi segar yang disimpan antara suhu -3 sampai 1 derajat celcius. Cara mengkonsumsinya bermacam-macam. Di Eropa, caviar biasa disantap bersama roti tipis, scramble egg dan sour cream. Sedangkan di Iran, biasa disantap dengan roti atau pancake. Karena langkanya jenis ikan tersebut, tak heran bila Caviar dipatok harga yang cukup tinggi, yakni USD5,000.

 

 

  1. White Mushroom

 

White mushroom atau white truffle merupakan jamur termahal di dunia. Berasal dari Langhe, Piedmont, Italia, white truffle tumbuh sampai dengan berukuran diameter 12 inci dengan bobot bisa mencapai hingga 500 gram. Musim panen jamur ini, adalah saat musim gugur, dan tak bisa sembarang dalam memanen. Konon, panen jamur ini dibantu oleh anjing khusus yang telah mendapat latihan khusus. Berhubung harganya yang sangat mahal, yakni sekitar USD6,000 hingga USD10,000, jamur ini biasanya digunakan untuk memasak dengan ukuran yang sangat kecil. Itu pun harga masakan dengan jamur tersebut pasti dibanderol harga yang mahal.

 

 

  1. La Bonnotte Potatoes

 

Di Indonesia, kita bisa dengan mudah menemukan kentang dengan harga murah. Namun kentang satu ini berbeda. La Bonnotte Potatoes adalah salah satu jenis kentang langka, yang berasal dari Perancis. Setiap tahunnya, kentang yang dapat bertumbuh hanya di sebuah tempat eksklusif, pulau Noirmourtier Perancis, ini, hanya tersedia sekitar 100 ton kentang untuk dipasok ke restoran-restoran terkemuka di Perancis. Yang membuatnya menjadi sangat mahal, adalah selain karena jenis ini sudah langka, juga karena proses panennya yang masih dengan cara tradisional. Pemeliharaan kentang ini juga cukup ekstra, harus diberi pupuk dari ganggang dan rumput laut. Harga berkisar 500 euros untuk 1 kilogram kentang.

 

 

  1. Kobe Beef

 

Daging sapi yang termahal di dunia adalah dari spesies Tajima – Ushi, Jepang. Sapi sapi di sini diperlakukan secara istimewa untuk menghasilkan daging sapi kualitas terbaik di dunia. Diberi makan rumput dan buah-buahan kualitas terbaik, serta dipelihara dan dibesarkan dengan tradisi wilayah Kobe yang sangat ketat. Uniknya lagi, sapi sapi tersebut diberi minuman bir atau sake untuk membuat sapi tenang pada saat dipotong, jadi menghasilkan daging dengan lemak yang merata. Sapi sapi tersebut bahkan diberi terapi pijat setiap harinya, serta diperlakukan dengan sangat baik, dielus elus dan diajak bicara. Sapi sapi tersebut juga seringkali diajak berjalan jalan melihat pemandangan agar tidak stress. Harga daging kobe beef 31.500 yen per 870 gram (hampir sekilo), jika dirupiahkan sekitar Rp.3.700.000,-.

  1. Platimun Sandwich

 

Sandwich, terdengar tak ada yang istimewa. Namun ada salah satu sandwich yang menjadi salah satu jenis makanan termahal di dunia. Adalah Von Essen Platinum Club Sandwich. Inilah kelezatan sandwich dengan 3 lapisan yang terdiri dari ayam terbaik di dunia, poulet de bresse, ham, telur puyuh, dan white truffle. Dijual di Cliveden, Berkshire dengan harga USD200. Sandwich ini memiliki 1.182 kalori. Harus dicoba nih bagi Anda pecinta kuliner dunia.

 

 

  1. Pizza 8300 Euro

 

Anda bisa menikmati pizza termahal di dunia ini di negara Italia. Namun harus siap siap merogoh kocek yang lumayan untuk menikmatinya, yakni Rp.37juta rupiah hanya untuk seporsi pizza. Terang saja harganya mahal, bahan baku yang digunakan pun merupakan bahan baku berkualitas dengan harga yang juga mahal. Pizza Royale 007 dibuat oleh sang ahli dengan toping caviar yang terlebih dahulu direndam dalam sampanye, lobster mediterania, serta ditaburi daun emas untuk kesan mewah. Tak hanya itu, pizza ini bahkan disiram dengan cognac Louis XII Rémy Martin seharga 20 Juta Rupiah, dan kemudian dipanggang sempurna dalam pizza oven asli Italia.

 

 

  1. Omelet 1000 dollar

 

Omelet termahal di dunia ini, konon tersedia di Restoran Le Parker Meridien, New York yang dijual dengan harga USD1000. Terbuat dari 10 telur, 200 gram caviar dan 1 lobster besar. Sang chef menyebut kreasinya itu dengan nama ‘Zillion Dollar Frittata’. Yang membuatnya menjadi mahal adalah taburan caviar. Harganya yang terlalu mahal untuk menjangkau pembeli, tersedia pula omelet tersebut dengan versi mini yang dijual seharga USD100.

 

 

  1. Chocopologie Chocolate Truffle

 

Ini merupakan coklat terlezat dan termahal di dunia yang diciptakan oleh Knipschildt. Dijual terbatas hanya berdasarkan pesanan, coklat ini ditawarkan dengan harga 2600 Euro per 370 grams. Yang membuatnya menjadi mahal adalah cara pembuatan coklat ini secara handmade yang diracik dengan resep rahasia. Coklat ini diracik dengan bahan baku black truffle yang dicampur cocoa, menjadikan rasa coklat ini sangat lezat. Tak heran jika harganya cukup mahal lantaran adanya kandungan black truffle tersebut.

 

10 The Frrrozen Haute Chocolate Ice Cream

 

Ini adalah dessert yang pernah mendapat rekor Guinness World Record sebagai dessert paling mahal. Terbuat dari 28 cocoa paling eksotis dan paling mahal. Yang membuatnya mahal adalah campuran 5 gram emas 23 karat layak makan dalam es krim tersebut. Gelas goblet tempat es krim tersebut berlapis emas pula, gelang 18 karat yang berhiaskan intan 1 karat. Belum lagi toping emas yang dilapisi oleh whipped cream dan La Madeline au Truffle dari Knipschildt Chocolatier, yang satu ponnya seharga 2.600 dollar atau sekitar Rp.33,8juta. Untuk memakan es krim itu, menggunakan sendok emas yang dihiasi oleh intan putih dan cokelat. Untuk mencicipi es krim termahal ini, kita harus merogok kocek sebesar, USD25,000 atau sekitar Rp.325juta. Wow!

 


Read More    

Add to Flipboard Magazine.

Tulis Komentar:


Anda harus login sebagai member untuk bisa memberikan komentar.

   

 

Popular

 

Photo Gallery

Visitor


Jumlah Member Saat ini: 2250