Search:
Email:     Password:        
 





Inilah Upacara HUT RI Ala Latgab Arjer Mapala se-Jabodetabeka

By Giatri (Editor) - 21 August 2016 | telah dibaca 1804 kali

Banyak cara yang bisa dilakukan untuk memperingati Hari Kemerdekaan Republik Indonesia. Salah satunya kegiatan yang digagas oleh Latihan Gabungan Arung Jeram Mahasiswa Pecinta Alam (Latgab Arjer Mapala) se-Jabodetabeka pada HUT ke-71 Kemerdekaan RI.

“Ini merupakan agenda kejutan untuk memperingati HUT RI ke-71 yang diselenggarakan secara berbeda, yakni di atas air, tepatnya di Danau Mahoni, Universitas Indonesia (UI),” ungkap Sophan Hadi, salah satu panitia, asal organisasi Balukuwana (Polimedia).

Pelaksanaan upacara ini tidak jauh berbeda dengan upacara di lapangan pada umumnya, yakni para peserta tetap membentuk barisan dan mengikuti setiap perintah komandan upacara. Yang membedakannya adalah para peserta upacara berdiri di atas perahu karet yang berjejer.

Pengibaran benderanya pun tak kalah unik, yakni dilakukan dengan teknik susur gua/caving dengan menggunakan Single rope technique (SRT). Para pengibar bendera menaikkan bendaranya dengan cara bergelantungan pada tali dari Jembatan Teksas UI Depok.

Bertemakan membangun rasa kesadaran dan semangat nasionalisme melalui gerakan pelestarian alam, kegiatan ini merupakan yang pertama kalinya bagi komunitas ini.

“Tujuan dari kegiatan upacara air adalah menggali rasa nasionalisme pemuda-pemudi indonesia melalui potensi hobi, minat, dan bakat terhadap kegiatan olahraga air,” ujar Sophan.

Tidak hanya melaksanakan upacara air, kegiatan ini juga melakukan beberapa rangkaian acara lain, diantaranya aksi bersih danau, penyebaran benih ikan dan lomba dayung R6.

"Lomba dayung R6 yang merupakan salah satu agenda favorit yang diikuti oleh 15 tim dari pecinta alam tingkat universitas se Jabodetabek,” terang Sophan.


Read More    

Add to Flipboard Magazine.

Tulis Komentar:


Anda harus login sebagai member untuk bisa memberikan komentar.

   

 

Popular

 

Photo Gallery

Visitor


Jumlah Member Saat ini: 2250