Search:
Email:     Password:        
 





Serunya Olahraga Bersama!

By Syulianita (Editor) - 20 October 2016 | telah dibaca 1360 kali

Naskah : Angie Diyya

 

Lelah akibat padatnya rutinitas sehari-hari, dan sendirian saat berolahraga, membuatorang yang merasa malas berolahraga. Tetapi berolahraga bersama pasangan biasanya mampu jadi alternatifefektif untuk tetap sehat.Selain membuat bugar, ada sejumlah manfaat emosional dan fisik yang didapat dengan olahraga bersama pasangan.

 

Tetap Termotivasi

Kehadiranpasangan menemani berolahraga ternyata mampu menjadi motivasi yang menyemangati aktivitas latihan. Sebuah penelitian menunjukkan bahwa memiliki agenda olahraga bersama pasangan mampu membantu seseorang mencapai tujuan berolahraga, misalnya menurunkan berat badan.Dan menurut teori sosial Zajonc di tahun 1965, kehadiran orang lain akan mempengaruhi kemampuan melakukan sebuah aktivitas. Terkadang mengajak pasangan berolahraga bisa membantu mendorong semangat dan output energi, seperti kecepatan.

 

Mencoba PengalamanBaru

Membuat rencana untuk berolahraga bersama pasangan mampu memberikan pengalaman baru. Cobalah kegiatan yang mungkin menarik bagi Anda berdua, misalnya kelas yoga, hiking, atau bahkan panjat tebing.

 

Menghidupkan Romantisme

Siapa bilang romantisme tidak bisa didapat melalui olahraga? Berolahraga bersama mampu mengubah dinamika hubungan Anda dan menghidupkan kembali gairah yang dibutuhkan. Sering kali kesibukan suami istri menyita waktu kebersamaan. Pasangan dapat membuat janji bertemu di tempat olahraga sepulang kerja, menghabiskan waktu bersama sekitar satu hingga dua jam. Kedekatan emosional juga didapat dari bersaing secara sehat, misalnya memilih olahraga berupa pertandingan, pingpong, tenis, maupun bulu tangkis.

 

Meningkatkan Efisiensi dan Tujuan Latihan

Sebuah penelitian menunjukkan bahwa kehadiran orang lain memengaruhi kemampuan untuk melakukan suatu kegiatan. Hal ini disebabkan pasangan mampu membuat Anda merasa lebih kompeten saat berolahraga atau kegiatan yang bisa meningkatkan energi. Riset menunjukkan, lelaki yang memiliki berat badan ideal akan lebih terdorong melakukan latihan fisik, ketika istrinya memberikan komentar dorongan terkait kesehatan.Berbagi kegiatan fisik, seperti jalan pagi, bersepeda, atau mengikuti kelas muaythai bersama pasangan akan memicu lebih banyak obrolan terkait kesehatan.Namun, hal yang perlu diingat, jangan menggantungkan kesehatan fisik atau kebiasaan melatih fisik kepada pasangan.

 

Memperkuat Ikatan Emosional

Selain menyehatkan badan, olahraga bersama pasangan mampu berdampak positif untuk keduanya. Seperti halnya mendukung dan memotivasi pasangan untuk tetap berolahraga secara rutin, hal ini akan memperkuat kedekatanAnda berdua. Ketika berlatih fisik bersama, pasangan akan menciptakan konteks mengkoordinasikan gerakan. Misal, menyamakan kecepatan lari, kecepatan lempar bola, dan sebagainya. Kegiatanini dapat membantu pasangan menyelaraskan emosi secara tidak sadar. Hal ini kerap dihubungkan dengan perasaan ikatan dengan pasangan.

 


Read More    

Add to Flipboard Magazine.

Tulis Komentar:


Anda harus login sebagai member untuk bisa memberikan komentar.

   

 

Popular

 

Photo Gallery

Visitor


Jumlah Member Saat ini: 2250