Search:
Email:     Password:        
 





Pesona Laut Sumatera

By Syulianita (Editor) - 08 June 2017 | telah dibaca 255 kali

Naskah                        : Suci Yulianita/berbagai sumber


 

Sebagai negara kepulauan, salah satu kelebihan yang dimiliki negeri tercinta Indonesia, adalah kekayaan laut yang indah nan mempesona. Dengan begitu tak terbantahkan bahwa Indonesia juga memiliki potensi wisata bahari yang sangat besar. Begitu banyak pantai-pantai cantik, pulau yang masih perawan, serta laut dengan keindahan dan kekayaan bawah laut yang bisa dieksplorasi. Dan jika bicara keindahan pantai dan laut Indonesia, sesungguhnya tak hanya Bali, Lombok, Wakatobi, dan Raja Ampat saja yang memiliki potensi wisata bahari. Namun Indonesia sejatinya masih memiliki banyak keindahan wisata bahari lain yang tak kalah menawan dan mempesona, serta mampu membuat para turis, terutama turis mancanegara jatuh cinta pada alam Indonesia. Baru dari satu pulau saja, sudah ada puluhan potensi wisata bahari yang bisa menjadi pilihan destinasi berlibur Anda, seperti berikut ini beberapa rekomendasi pesona laut dari pulau Sumatera.

 

Sabang, Pulau Weh

 

 

Bicara keindahan wisata bahari di pulau Sumatera, bisa dimulai dari ujung utara Sumatera, Propinsi Aceh. Pelancong bisa memulainya dari Sabang yang terletak di pulau Weh. Di tempat yang terkenal dengan tugu 0 KM ini, terdapat beragam destinasi menarik yang bisa dieksplorasi, khususnya destinasi wisata pantai yang menawarkan pemandangan indah serta birunya laut.

 

Antara lain Pantai Iboih yang berjarak sekitar 50 km dari pelabuhan Balohan ini, bisa dikatakan menjadi surganya bagi Anda para penggemar diving atau snorkeling. Di sini Anda pun tak akan kesulitan mencari jasa penyedia alat-alat snorkeling dan diving. Tak hanya itu, untuk mengeksplorasi keindahan alam laut Pantai Iboih, pelancong juga bisa berkeliling pantai menggunakan perahu mesin yang disediakan.

 

Satu hal yang menarik dari pantai ini, adalah larangan menggunakan bikini atau pakaian renang bagi wanita. Ya, sudah jelas lantaran Aceh dikenal sebagai serambi mekah dengan mayoritas penduduknya beragama muslim. Selain itu, khusus hari Kamis dan Jumat, pelancong tidak diperbolehkan mengunjungi pantai ini. Itu sebagian dari peraturan yang harus ditaati di sini. Di sini juga sudah tersedia berbagai penginapan dengan harga bervariasi, seperti homestay, barak, hingga cottage yang sudah terkelola dengan baik.

 

Pelancong juga bisa mengunjungi Pulau Rubiah yang terkenal dengan keberadaan makam keluarga Cut Nyak Rubiah. Sama seperti Pantai Iboih, pulau ini menyajikan pemandangan bawah laut yang sungguh indah, sehingga menjadi surga bagi para penggemar snorkeling atau diving.          

 

Selain itu Pantai Sumur Tiga juga tak kalah menarik untuk menjadi destinasiyang wajib Anda kunjungi jika ke Sabang. Selain pemandangan yang indah, pantai ini juga menyajikan hamparan pasir putih tempat pelancong bisa bermain-main. Yang menarik, pantai ini memiliki garis pantai yang paling panjang di Sabang. Keberadaannya yang menghadap ke arah Timur, juga memberikan pengalaman berkesan, terutama pada saat matahari terbit.Kita bisa melihat keindahan matahari yang muncul perlahan-lahan dari balik langit. Sungguh pemandangan yang sangat indah. Sementara pada waktu sore hari, pelancong akan terkesan dengan pemandangan ombak pantai yang cukup besar.

 

Di sini juga pelancong akan terpuaskan dengan wisata kuliner di Restoran Pantai Sumur Tiga. Menikmati aneka olahan hidangan laut sembari menikmati semilir angin serta melihat keindahan pemandangan pantai tentu akan menjadi pengalaman berkesan.

 

Jika pantai sumur tiga menyuguhkan keindahan pasir putih, di pantai Anoi Itam justru menyuguhkan keindahan pasir hitam, seperti namanya yang mengandung arti pasir hitam. Inilah yang menjadi keunikan pantai ini dari pantai lainnya. Konon, pasir hitam tersebut berasal dari gunung berapi yang masih aktif di Pulau Weh. Meski begitu, pengunjung tak perlu khawatir. Di sini, pelancong tetap bisa bermain bebas di sekitar pantai tanpa adanya gangguan apapun.

 

Kemudian Pantai Ujung Kareung juga menjadi destinasi yang menarik untuk dikunjungi. Selain menawarkan pemandangan pesona birunya air laut, pantai ini juga memiliki banyak batu karang yang bisa menjadi lokasi untuk Anda mengabadikan momen selama berwisata di pantai tersebut.    

 

Painan, Sumatera Barat

 

 

Painan, sebuah kota yang terletak di Kabupaten Pesisir Selatan, Sumatera Barat ini, menawarkan beragam tempat wisata yang menarik untuk dikunjungi. Selain Bukit Langkisau tempat kita bisa melihat keindahan pemandangan dari atas bukit dan jembatan akar yang berusia 100 tahun, Painan sejatinya menyimpan keindahan wisata bahari yang tak kalah dengan Raja Ampat. Bahkan Painan seringkali dibanding bandingkan dan disebut sebagai Raja Ampat dari Sumatera Barat.

 

Adalah Mandeh, sebuah teluk yang dikelilingi oleh pulau karang dan pantai yang indah. Lautnya yang memiliki pesona keindahan bawah laut ini, pun kerap kali dijadikan tempat snorkeling dan diving. Memiliki terumbu karang yang sangat luas, lebih kurang seluas 70 hektar yang masih terawat, sehingga sangat indah dan cantik. Tak hanya itu, keindahan bawah laut semakin lengkap dengan adanya bangkai kapal Belanda bernama Boelongan yang tenggelam pada zaman penjajahan di sekitar situ.

 

Selain itu, layaknya wisata pantai, para pelancong juga bisa menghabiskan waktu di Mandeh dengan kegiatan wisata air lainnya, seperti ski air, banana boat, memancing bahkan camping di kawasan tersebut. Selain Pantai, di kawasan Mandeh juga terdapat hutan mangrove seluas lebih kurangnya 400 hektar yang bisa dieksplorasi.

 

Di Mandeh terdapat beberapa pulau yang bisa Anda singgahi, seperti, Pulau Taraju, Pulau Setan, Pulau Sironjong atau Pulau Cubadak yang paling terkenal. Ya, pulau Cubadak memang pulau yang paling sering dikunjungi wisatawan lantaran kawasannya yang sudah tertata rapih, bahkan telah dikembangkan sebagai resort wisata, salah satunya adalah Cubadak Paradise.

 

Selain itu, Pulau Nibung juga bisa Anda masukkan dalam daftar wisata selama di Mandeh. Di sini, pelancong akan terpesona oleh pemandangan laut yang menyuguhkan terowongan dasar laut di kedalaman 15 meter dan terowongan batu alam, selain pemandangan taman-taman di pinggir pantai yang bisa dinikmati tentunya. Sementara bagi pelancong yang ingin menguji adrenalin dengan menjelajahi laut lepas, bisa menuju Pulau Merak, Taluak Sipulau, serta Pulau Pagang.

 

Selain menjelajahi pulau-pulau di Mandeh, pelancong juga akan terkesan dengan penginapan terapung yang berbeda dari penginapan pada umumnya. Bayangkan, tidur dalam penginapan yang mengapung di atas air, Anda akan bergoyang goyang mengikuti deburan ombak saat malam hari. Tentunya memberikan pengalaman dan sensasi berbeda, bukan?

 

Mentawai

 


 

Sumatera Barat rupanya masih menyimpan kekayaan alam tersembunyi selain Mandeh, yaitu Kepulauan Mentawai yang tak kalah menawarkan pesona keindahan bawah laut yang eksotis. Terletak di sebelah Barat propinsi Sumatera Barat, Kepulauan Mentawai memiliki beberapa pulau-pulau yang tersebar, baik pulau besar maupun pulau-pulau kecil, seperti Pulau Siberut yang merupakan pulau terbesar, pulau Sipora, Pulau Pagai Utara, dan Pulau Pagai Selatan.

 

Kepulauan Mentawai memiliki beragam pantai yang mempesona dengan hamparan pasir putih dan birunya laut yang eksotis, seperti Pantai Mapaddegat, Tuapeijat, Makakang di Sipora Utara, Simatalu di Siberut Barat, dan Katiet di Sipora Selatan.

 

Berbeda dengan Mandeh yang menjadi surganya para penyelam, Mentawai menjadi surga bagi para peselancar lantaran memiliki ombak besar yang tentunya menjadi incaran para peselancar. Ya, ketenaran ombak Mentawai bahkan sudah mendunia dan dikenal para surfer di seluruh dunia. Konon, ombak Mentawai bahkan masuk dalam peringkat 4 terbaik di dunia.

 

Para peselancar biasanya datang ke Mentawai antara bulan April hingga Oktober untuk berselancar. Hal itu lantaran ombak di Mentawai pada bulan tersebut sedang berada pada puncaknya, dan itulah yang ditunggu tunggu para surfer.Mereka tentu memanfaatkan momen tersebut untuk berselancar.

 

Anambas

 

Kepulauan Anambas menjadi salah satu tujuan wisata bahari di Provinsi Kepulauan Riau yang gaungnya telah terdengar di dunia internasional. Bahkan kepopulerannya menarik perhatian CNN Travel yang menobatkan Anambas sebagai kepulauan tropis terindah di Asia yang mengalahkan beberapa negara tetangga, seperti Thailand dan Malaysia.

 

Keindahannya mampu menarik perhatian para pelancong, bahkan dibanding-dibandingkan dengan Raja Ampat. Ya, Anambas memiliki keindahan yang spektakuler, tak kalah dengan primadona wisata bahari di Indonesia bagian Timur ini. Memiliki laut yang masih perawan dengan jernihnya air laut serta keindahan bawah laut yang menjadi surganya bagi para penghobi diving dan snorkeling. Di pantai-pantai kepulauan Anambas, pengunjung juga bisa berenang di pinggir pantai, menikmati jernihnya air laut sembari bermain pasir putih halus yang luas terbentang di sekitaran pantai.

 

Pulau Bawah yang telah mengantarkan Anambas menjadi juara sebagai pulau tropis terindah se-Asia ini, menjadi salah satu objek wisata andalan di Anambas. Dan tempat inilah yang menjadi surga untuk menikmati pemandangan bawah laut. Pulau bawah juga sudah dikenal para pelancong, baik wisatawan dari dalam negeri maupun turis mancanegara.

 

Selain itu Pulau Ayam yang terletak di Kecamatan Jemaja Timur, Kabupaten Kepulauan Anambas ini juga bisa menjadi pilihan destinasi. Untuk mencapai pulau ini, pengunjung bisa menggunakan ‘pompong’ atau speedboat dengan biaya sewa yang bervariasi. Pulau ini juga bisa dikatakan masih perawan, memiliki pantai yang menawan dengan pemandangan bawah laut yang masih bersih.

 

Setelah Pulau Ayam, pelancong bisa melanjutkan petualangannya ke Pulau Penjalin yang menawarkan wisata bahari dengan pantai pantai berpasir putih, dilengkapi batu karang besar di sepanjang pantai. Pulau ini juga disebut sebagai Pulau Tujuh oleh masyarakat setempat, lantaran adanya tujuh pulau kecil yang mengelilingi Penjalin.

 

Sama seperti pulau lainnya, Pulau Penjalin juga menawarkan keindahan bawah laut yang spektakuler yang sungguh indah untuk dieksplorasi. Memiliki ekosistem terumbu karang yang masih alami, biota laut serta ikan-ikan laut yang beragam dan berwarna-warni akan menemani para diver di dalam laut. Karena keindahannya, tak heran jika Leonardo Dicaprio menjadikan pulau ini sebagai salah satu lokasi syuting film The Beach yang dibintanginya.

 

Untuk menuju Pulau Penjalin yang terletak di Kecamatan Palmatak, pelancong bisa menggunakan speedboat yang disewa dari Kota Tarempa dengan memakan waktu sekitar 1 hingga 2 jam.

 

Masih di Kecamatan Palmatak, ada Pulau Durai atau yang dikenal dengan Pulau Penyu yang juga bisa dikunjungi. Selain menawarkan keindahan pantai yang mempesona, di sini pelancong juga akan terkesan dengan kehadiran penyu, lantaran pulau ini memang merupakan habitat alami bagi kehidupan spesies Penyu Belimbing dan Penyu Sisik. Menyaksikan dan berinteraksi langsung dengan penyu-penyu di sepanjang pantai berpasir putih akan menjadi pengalaman berlibur berkesan bagi para pelancong.  

 

Belitung

 

 

Nama Belitung semakin dikenal sejak kehadiran buku Laskar Pelangi karya Andrea Hirata yang kemudian dibuat filmnya oleh sutradara kawakan Riri Riza. Padahal sejatinya, jauh sebelum itu, Belitung menyimpan begitu banyak wisata bahari yang indah mempesona. Terdapat banyak pantai yang indah, di mana para turis bisa melakukan banyak kegiatan wisata laut di situ, seperti snorkeling, berlayar, memancing atau sekadar bermain main air di pinggir pantai.

 

Tanjung Kelayang yang menjadi salah satu Kawasan Ekonomi Khusus (KEK) di Belitung menjadi salah satu destinasi para turis. Memiliki pantai yang eksotis dengan pemandangan sekeliling yang mempesona. Selain pemandangan birunya laut dan pasir putih yang terhampar di depan mata kita, pelancong juga bisa menikmati pemandangan berupa batu batuan granit raksasa yang berdiri kokoh di sekitar pantai Tanjung Kelayang. Pantai ini juga menjadi salah satu lokasi syuting film Laskar Pelangi, serta menjadi tempat digelarnya Sail Wakatobi Belitong pada 2011 lalu.

 

Selain itu, Pantai Tanjung Tinggi yang juga menjadi lokasi syuting film Laskar Pelangi, bisa menjadi destinasi selanjutnya. Terletak di sebelah utara Belitung, pantai ini menawarkan pemandangan luar biasa indah dengan hamparan pasir putih serta birunya laut yang mampu memanjakan mata. Di pantai ini pengunjung bisa puas bermain air dan berenang di pinggir pantai tanpa khawatir akan terbawa ombak, lantaran ombak di pantai ini relatif tenang. Anda pun bisa memanjakan perut dengan berwisata kuliner di sekitar pantai yang menjajakan aneka olahan seafoods.

 

Ingin merasakan suasana liburan yang lebih tenang, Pantai Punai bisa menjadi pilihan tepat untuk Anda kunjungi. Nah, jika belum puas, pelancong masih bisa meneruskan perjalanan wisatanya ke pantai lain yang ada di Belitung, seperti Pantai Penyabong dan Pantai Nyiur Melambai. Berbeda dengan pantai lain yang biasanya dihiasi pohon kelapa, di sekitar Pantai nyiur melambai banyak terdapat pohon pinus sehingga menjadikan pantai terasa sejuk.

 

Masih belum puas menjelajah Belitung, pelancong bisa melanjutkan menyeberang ke Pulau Lengkuas yang berada di sebelah utara pulau Belitung dengan jarak sekitar 30 menit. Ciri khas dari pulau ini adalah adanya mercusuar yang menjulang tinggi di tengah-tengah pulau.

 

Bagi yang tidak takut ketinggian dan ingin menguji adrenalin, pelancong bahkan bisa menyaksikan keindahan pemandangan laut Belitung dari ketinggian, dari atas mercusuar yang sudah berdiri sejak tahun 1882 ini. Atau ingin merasakan sensasi berada di tumpukan daratan pasir, pelancong bisa melanjutkan perjalanan ke pulau pasir menggunakan perahu nelayan.

 

Pahawang

 

 

Terletak di Provinsi Lampung, pulau ini juga menjadi salah satu destinasi wisata bahari yang populer di Pulau Sumatera. Jaraknya yang tak terlalu jauh dari Bandar Lampung, serta kemudahan akses menuju Pahawang, menjadikan pulau ini sering dikunjungi para pelancong.

 

Banyak aktivitas yang bisa kita lakukan di pulau ini, seperti snorkeling misalnya. Terdapat spot taman Nemo, yaitu tempat di mana ikan Nemo berkeliaran bebas di pulau pahawang yang bisa kita lihat dengan snorkeling dari atas laut. Sementara bagi penggemar diving maupun free dive, Anda pun bisa dengan bebas mengeksplorasi keindahan bawah laut di Pahawang, terutama di Pulau Tanjung Putus dan Pulau Legundi yang masing masing memiliki keindahan bawah laut tersendiri. Terdapat bangkai kapal karam yang telah menjadi habitat ikan laut di Pulau Tanjung Putus, sementara di perairan Pulau Legundi, diver akan terpesona dengan keberadaan goa bawah laut.

 

Atau sekadar bermain air di pinggir pantai sembari menguji nyali dengan kegiatan water sport, seperti banana boat atau sofa boat, semuanya terasa menyenangkan dan mampu mengisi liburan Anda dengan penuh kesan. Yang juga tak kalah seru dan harus dikunjungi di Pahawang, adalah pasir timbul, yaitu hamparan pasir putih yang menghubungkan kedua pulau, pahawang kecil dan pahawang besar.

 

Terdapat tiga pulau di Pahawang yang bisa dieksplorasi. Pulau Kelagian merupakan pulau tak berpenghuni yang menawarkan pemandangan luar biasa indah dengan hamparan pasir putih dan birunya laut yang membentang. Kemudian Pulau Pahawang Besar tempat yang biasanya dijadikan spot utama untuk melakukan snorkeling lantaran adanya tulisan ‘I Love You Pahawang’ di sekitar terumbu karang, sehingga menjadikan foto saat snorkeling penuh kesan. Pahawang Besar juga menjadi tempat singgah dan menginap para pelancong, berlibur sembari berbaur dan mengenali kehidupan sehari-hari masyarakat Pahawang. Sementara pulau pahawang kecil yang tak tak jauh dari pahawang besar terkenal dengan hamparan pasir putih yang muncul ke permukaan laut saat laut surut.


Read More    

Add to Flipboard Magazine.

Tulis Komentar:


Anda harus login sebagai member untuk bisa memberikan komentar.

       

 

Popular

 

Photo Gallery

Visitor


Jumlah Member Saat ini: 2250