Search:
Email:     Password:        
 





The Best Cars 2017

By Syulianita (Editor) - 23 August 2017 | telah dibaca 278 kali

Naskah : Suci Yulianita/Iqbal Ramdhani, Foto : Istimewa

 

Beberapa kendaraan yang menjadi finalis dan siap dipilih sebagai pemenang dihadirkan di ajang bergengsi, World Car Awards 2017 yang diselenggarakan di Kota New York, Amerika Serikat, beberapa waktu lalu. Jenis mobil mewah misalnya, hadir sebagai finalis, Bentley Bentayga, BMW 5 Series, Genesis G90, Mercedes-Benz E Class dan Volvo S/V90. Selain itu ajang tersebut juga memperebutkan gelar mobil berperforma yang diikuti beberapa mobil sebagai finalis, yaitu Aston martin DB11, Audi R8 Spyder, Honda/ Acura NSX, McLaren 570S dan Porsche Boxster/ Cayman.

 

Kategori lainnya, green car yang diikuti Chevrolet Bolt, Honda Clarity Fuel Cell, Hyundai Ioniq, Tesla Model X dan Toyota Prius Prime. Sementara kategori baru, yaitu World Urban Car, hadir para finalis, adalah, BMW i3, Citroen C3, Ford Ka+, Smart ForTwo Cabrio dan Suzuki Ignis. Dan yang terbaik, untuk pemenang World Car of The Year 2017 dinilai berdasarkan desain, terpilih lima kendaraan, yakni, Audi A5 Coupe, Jaguar F-Pace, Mazda CX-9, Mercedes-Benz S Class Cabriolet dan Toyota C-HR.

 

Dari semua finalis yang telah disebutkan di atas, tentu telah terpilih pemenangnya untuk masing-masing kategori. Berikut masing masing pemenang yang berhasil menggondol piala dan prestasi The Best Cars 2017 untuk kategorinya masing masing dalam ajang World Car Awards 2017.

 

 

2017 World Urban Car

BMW i3 (94Ah)

BMW i3 (94Ah) menjadi pemenang World Car Awards 2017 untuk kategori World Urban Car. Melalui BMW i3, pabrikan mobil asal Jerman ini, membuktikan bisa menembus pasar kendaraan hibrid. Ya, BMW i3 merupakan kendaraan hibrid dengan kemampuan yang tak diragukan lagi. Bahkan, BMW kini juga telah memperbarui fitur-fitur i3 agar bisa menempuh jarak yang lebih jauh lagi, hingga 313 km, dari yang semula hanya dapat menempuh jarak 160 km. Semua itu dapat ditemui pada kendaraan hibrid teranyarnya yang diberi nama BMW i3 (94Ah).

 

Mobil yang mampu berakselerasi hingga 100 km/ jam hanya dalam waktu 7.3 detik ini, digadang gadang sebagai mobil listrik dengan isi ulang tercepat, pihak BMW bahkan mengklaim, mobil ini bisa terisi penuh dengan isi ulang hanya dalam waktu maksimalnya tiga jam. BMW i3 (94Ah) juga didukung kapasitas baterai yang lebih baik, menggunakan baterai 33 kWh. Konon baterai tersebut memiliki kekuatan lebih padat pada mobil model 94 Ah sehingga mampu menambah jarak jangkauan.

 

Sementara untuk jarak jangkauannya, BMW masih menawarkan versi range extender. Mesin bensin 2 silinder kecil itu menambahkan 150 km lagi jarak jangkauan, cukup untuk dapat membuat i3 33kWh yang dipasangi range extender menjangkau jarak 450 km dengan kondisi yang sangat ideal. Meski telah ada model terbaru 94Ah, BMW i3 yang model lama, 60 Ah akan tetap dipasarkan.

 

Selain dari pembaruan fitur dan baterai yang lebih bertenaga, pembaruan dan penyegaran juga dilakukan pada beberapa bagian mobil, seperti trim, serta pilihan warna baru, bright metallic blue seperti yang ada pada seri BMW i8. Namun sayangnya, baterai terbaru BMW i3 (94Ah) tidak bisa diperbarui hanya dengan mengganti baterai pada mobil i3 seri sebelumnya, terutama bagi yang telah memiliki seri lama tidak bisa melakukan upgrade baterainya. Jadi untuk mendapatkannya harus membeli lagi mobil teranyar itu.

 

BMW i3 (94Ah) dirancang dengan dimensi yang tak terlalu besar, terkesan mungil sehingga sangat tepat dijadikan urban car. Dengan berat kendaraan 1195kg, tinggi kendaraan 1578mm, panjang 3999mm, lebar 1775mm, dan jarak tanah 140mm. Mobil dengan tipe 4D Hatchback dengan 5 kursi ini, dilengkapi fitur standar seperti, control & handling 19 inch alloy wheels, traction control system, dengan entertainment sound system 4 speakers. Didukung fitur keselamatan dual front airbag package, head airbags, side airbags, seatbelts – pre-tensioners front seats. Rowan Atkinson atau yang lebih dikenal sebagai Mr. Bean, ini, adalah salah satu pesohor yang memiliki kendaraan ini. Sayangnya mobil ini belum ada rencana untuk dipasarkan di Indonesia.

 

 

2017 World Green Car

Toyota Prius Prime

 

Prius generasi keempat ini menyabet juara kategori 2017 World Green Car. Penambahan nama Prime atau prima di belakangnya, membuktikan bahwa kendaraan ini jauh lebih unggul dibandingkan generasi sebelumnya yang diklaim menjadi kendaraan ramah lingkungan paling ideal, terutama untuk masa mendatang. Tak heran jika gelar sebagai world green car berhasil diraihnya.

 

Tak hanya itu, interior Toyota Prius Prime juga dirancang mewah yang tentu memberikan kenyamanan bagi penggunanya. Perpaduan kenyamanan dengan teknologi tercanggih menambah kesan kemewahan interior kendaraan ini. Pada dashboard depan tersedia multi information display dengan dual 4 inch TFT (thin film transistor) monitor display, yang kontennya dapat diatur melalui kontrol pada gagang kemudi.

 

Kemewahan dan kenyamanan berkelas rupanya tak hanya didapatkan pada bagian pengemudi saja, untuk penumpang bagian belakang pun mendapatkan pelayanan dan kenyamanan yang sama. Penumpang akan dimanjakan dengan rangkaian entertainment set system yang dilengkapi dengan perangkat Entune Multimedia System yang dapat diakses melalui 11.6” tablet display with intuitive touch control. Perangkat hiburan tersebut tentu terintegrasi dengan beragam gadget serta aplikasi modern, seperti iPod Connectivity, hands free phone capability and voice recognition, Siru Eyes mode, Navigation plus Destination search, dan lainnya. Tak ketinggalan 10 buah speaker JBL Premuim yang diletakan pada beberapa titik sehingga memberikan kesan audio maksimal bagi penumpang.

 

Generasi prius terbaru ini dirancang dengan desain yang lebih sporty dan menawan dengan konsep aerodinamis sehingga memungkinkan bermanuver dengan sangat baik. Eksterior depannya tampak sangat simpel dengan grill radiator berukuran kecil plus tambahan lampu yang futuristik. Bumper dengan foglamp yang ada pada setiap sisi semakin menguatkan kesan sporty.

 

Sebagai mobil hibrid, kendaraan ini memiliki kombinasi paling lengkap dan sempurna dan dilengkapi mesin berbahan bakar liquid dengan daya listrik dari battery lithium ion dari teknologi Toyota Hybrid Synergy Drive System. Yang menarik dan yang membedakannya dari kendaraan hibrid lainnya, adalah, Prius Prime bisa dikendarai dalam kondisi apapun, baik dikendarai secara konvensional menggunakan tenaga mesin bensin, atau menggunakan daya motor listrik, maupun perpaduan kedua-duanya. Kombinasi kedua mesin tersebut mampu membuat mobil ini dapat mencapai jarak hingga 600 mil tanpa pengisian bensin atau baterai dengan tingkat efisiensi bahan bakar setara 120 MPGe atau miles per galon equivalent.

 

Dilengkapi mesin Atkinson cycle 4 silinder berkapasitas 1.8 liter yang mampu menghemat hingga 40%. Kendaraan ini juga dibekali paket baterai berkapasitas lebih besar, yakni 8.8 kwh yang mampu membuat Prius menempuh jarak hingga 22 mil hanya dengan mengandalkan daya listriknya saja. Menariknya, untuk mengisi ulang tenaga baterai tersebut pun sangat praktis dan ringkas, yakni hanya dengan dicharge dengan peralatan sederhana yang bisa dilakukan di rumah dengan lama pengisian baterai memakan waktu sekitar 5,5 jam saja.

 

 

2017 World Performance Car

Porsche Boxster

 

Pabrikan mobil asal Jerman, Porsche berhasil menyabet juara sebagai 2017 World Performance Car melalui Porsche Boxter. Mobil ini menawarkan tampilan baru dari segi tenaga yang jauh lebih mumpuni dari produk Boxster versi sebelumnya. Tak ketinggalan produk terbarunya ini akan mengambil nama Porsche Boxter GTS. Jika dilihat sekilas dari tampilannya memang mobil ini tidak menyuguhkan sesuatu yang sangat spesial, karena bentuk dari mobil ini tidak jauh beda dengan produk Boxster versi umumnya. Perbedaan dari mobil ini ditonjolkan dari bentuk bagian belakang mobil dimana Boxter GTS akan hadir dengan lip spoiler sehingga membuat mobil ini semakin keren dan elegan.

 

Pembaruan mobil ini tidak hanya terlihat dari segi bodinya saja, tapi juga dari mesinnya. Porsche 718 Boxster dipersenjatai mesin turbo 4 silinder yang memiliki kubikasi 2.5 liter dan dikabarkan mobil ini mampu menyemburkan tenaga yang besar setara dengan 375 daya kuda. Selain itu produk ini juga hadir dengan pilihan dua transmisi yaitu transmisi manual dan sistem transmisi otomatis dengan tambahan PDK kopling dobel, yang sanggup menghasilkan performa lebih baik dibanding Boxster generasi pendahulunya.

 

Hadir dengan dua varian, Porsche 718 Cayman S dengan tenaga 350 hp dan Cayman Standar dengan tenaga 300 hp. Tenaga tersebut berasal dari mesinnya yang memiliki 4 silinder. Porsche Boxster ini merupakan mobil sport berjenis coupe atau mobil yang hanya memiliki dua pintu dan dua kursi. Penampilannya tampak sangat sporty.

 

Porsche Boxster dipersenjatai mesin enam silinder kapasitas 2,7 liter yang mampu menghasilkan tenaga maksimum dalam rentang 300 hp hingga 350 hp dan torsinya pun mencapai 380 Nm dalam rentang putaran 1.950-4.500 hingga 420 Nm dalam rentang putaran 1.900-4.500. Boxster juga mampu berakselerasi dari 0-100 km/jam hanya dalam waktu 5,8 detik dan kecepatan puncaknya menembus 265 km/jam-281 km/jam. Melihat performanya yang luar biasa, tak heran jika kendaraan ini mendapat penghargaan sebagai 2017 World Performance Car. Dirancang dengan ukuran yang sangat ideal dengan panjang 4374 mm, lebar 1978 mm dan tinggi 1282 mm.

 

Sementara itu, Porsche model Cayman dibekali mesin 3.8 liter dengan enam silinder, yang mampu memuntahkan tenaga maksimal hingga 385 hp pada 7400 rpm dan memiliki torsi puncak 420 Nm diantara 4750 dan 6000 rpm. Mobil ini mampu mencapai 100 km/jam dari nol dalam waktu 4,4 detik saja dan kecepatan puncaknya mencapai 297 km/jam.

 

Mobil supercar ini juga memiliki eksterior yang sporty dan berani. Lengkungan pada bodinya pun memberikan kesempurnaan dengan bobot ringan dan ditambah dengan lampu yang lebih besar dan tajam. Dari segi interiornya, mobil Porsche Boxster ini menerapkan sistem operasi yang cerdas melalui tata letak kontrol yang diposisikan secara logis, kontrol dan desain absolut ditujukan untuk menghadirkan sensasi pengalaman berkendara yang unggul selama menempuh perjalanan panjang.

 

 

2017 World Luxury Car

Mercedes-Benz E-Class

 

Siapa yang tidak kenal dengan mobil Mercedes-Benz? Mobil yang banyak penggemarnya di Indonesia ini, berhasil menyabet juara sebagai 2017 World Luxury Car melalui produk terbarunya, Mercedes-Benz E-Class.

 

Produk teranyarnya dari seri ini adalah New Mercedes-Benz E-Class yang memiliki whell base lebih panjang 65 mm sehingga panjang keseluruhan bertambah menjadi 43 mm dan memastikan kenyamanan bagi pengemudinya ketika berada di dalam. Tidak hanya itu, sedan premium ini juga tampak mewah karena dilengkapi dengan aksen chrome di depan, air intake baru, alloy 5-spoke dan logo AMG. Mobil Produk Jerman ini, akan memperkenalkan dua model yaitu new E 300 AMG Line dan new E 250 Avantgarde Line.

 

Untuk mesinnya pun masing-masing dipersenjatai mesin 4L kapasitas 1.991cc dengan empat silinder yang dipadukan dengan transmisi otomatis 9G-Tronik 9-Speed. Mesin model E 300 AMG Line ini dibekali dengan 1.991cc yang mampu menyemburkan tenaga maksimal 211 hp di 5.500 rpm dan torsi maksimal 350 Nm pada 1.200-4.000 rpm. Mobil ini pun mampu menghasilkan akselerasi sampai angka 0-100 km hanya dalam hitungan waktu 6.9 detik, dan memiliki kecepatan tertinggi hingga 250 km/jam. Model E 300 AMG Line ini menetapkan standar kemewahan yang lebih tinggi dan sporty, dilengkapi dengan paket eksterior AMG Line, 19-inch AMG 5-twin spoke light-alloy wheels dan panoramic sliding sunroof. Interiornya pun hadir lebih sporty karena dilengkapi dengan lingkar kemudi baru, pedal sport dan karpet khas AMG.

 

Berbeda dengan model New E 300, New Mercedes-Benz tipe E 250 Avantgarde Line hadir dengan eksterior lampu depan LED bumper yang dilapisi dengan chrome, air intake bergaya sporty light-alloy 5-spoke19, sehingga membuat pengemudi akan merasakan kemewahan tersendiri ketika berada di dalamnya. Tak kalah dengan eskteriornya, interiornya pun memiliki perpaduan tiga warna yang membuat mata si pengendara akan merasakan nyaman, lingkar kemudi 3-spoke multi fungsi dibalut dengan kulit napp dan jok kulit Artico sintetis.

 

Sementara mesin model ini memiliki perbedaan tenaga dengan E 300 yang hanya memiliki 211 hp. Tipe ini memiliki tenaga yang jauh lebih besar yaitu 245 hp di 5.500 rpm dan untuk torsi maksimalnya 370 Nm pada 1.300-4.000 rpm. Model E 250 hanya membutuhkan waktu 6,2 detik untuk bergerak dari 0-100 km/jam. Kedua model diatas telah dilengkapi dengan dua layar 12,3 berkualitas tinggi, desain kokpit dan desain konsol tengah terbaru. Selain itu dilengkapi dengan fungsi start/stop ECO sehingga konsumsi bahan bakar lebih efisien.

 

 

2017 World Car of The Year

Jaguar F-PACE

 

Dan Jaguar F-PACE berhasil meraih gelar sebagai World Car of The Year 2017. Mobil ini merupakan mobil bertipe SUV yang dikembangkan secara khusus dengan mengedepankan desain sporty, dan mengusung mesin canggih yang sangat bertenaga. Dibekali mesin yang sangat halus, dan ekonomis, dibuktikan dengan pemakaian bahan bakar yang ekonomis saat menempuh jarak sejauh 10.6 kmpl. Mobil keluaran tahun 2016 ini memiliki kenyamanan ekstra karena memiliki tempat duduk berkapasitas 5 penumpang. Mobil ini tentu sangat cocok bagi Anda yang suka mengikuti kegiatan outdoor.

 

Dibanderol dengan harga Rp.2,19miliar, mobil ini dilengkapi eksterior milik Jaguar C-X17 seperti hadirnya LED headlights berbentuk sipit, serta velg alloy wheels berdiameter 22 dengan desain sporty. Tak hanya itu, bodi mobil ini sengaja didesain dengan mengedepankan tingkat aerodinamis yang baik untuk membantu kestabilan ketika berlari di jalan raya.

 

Jaguar F-PACE juga memiliki LED taillights pada sisi bagian belakang yang menambah kesempurnaan desain eksteriornya. Sementara untuk interiornya, Jaguar F-Pace menawarkan ruang kabin yang luas dan dapat menampung lima penumpang. Kursi baris kedua dapat diatur secara elektrik dan para penumpang dapat menikmati teknologi mutakhir dari fitur infotainment In Control Touch Pro lewat layar berukuran 10.2 inci HD. Ruang kaki baris kedua merupakan yang terbaik di kelasnya, karena dilengkapi dengan volume bagasi mencapai 650-liter.

 

Mobil model ini bisa menjadi pilihan yang tepat bagi Anda yang menginginkan ruang kabin yang luas, tampilan mobil yang sporty dan elegan, serta mesin yang halus memberikan perpaduan sempurna antara kinerja dan nilai kekuatan potensial. Mobil ini juga memiliki power mencapai 180 hp pada putaran mesin 4.000 rpm, bersama dengan torsi handal berkekuatan sebesar 431 Nm pada kisaran 1750 dan 2500 rpm. Mesin dahsyat 3.0-liter suvercharged V6 dipadukan dengan transmisi otomatis 8-percepatan-ZF, sehingga mampu menghadirkan perpindahan persneling sehalus sutra, dan SUV ini mampu melesat dari titik 0-100 km/jam hanya dalam 5,1 detik.

 

Selain itu mobil ini juga menampilkan sistem pengereman dengan efisiensi seutuhnya, yang terdiri dari rem cakram berventilasi pada bagian depan dan belakang, dan dikerjakan secara akurat oleh Sistem Pengereman Anti-Terkunci (ABS) dan bantuan Pengendali Distribusi Tenaga Rem Elektronik (EBD).

 

Kehebatan lainnya dari mobil ini adalah memiliki activity key, fitur untuk membuat anda tidak takut mengikuti segala kegiatan outdoor. Activity Key berupa gelang yang dapat digunakan kemanapun anda pergi, dan benda ini akan selalu terjaga dengan aman meski tersiram air. Jika akan membuka kunci tinggal tunjukan gelang tersebut maka sensor tersembunyi akan dengan mudah membacanya.

 


Read More    

Add to Flipboard Magazine.

Tulis Komentar:


Anda harus login sebagai member untuk bisa memberikan komentar.

 

 

 

Popular

   

Photo Gallery

   

Visitor


Jumlah Member Saat ini: 2250