Search:
Email:     Password:        
 
 





Mereka yang Terkaya di Dunia Politik 2013

By Andi Nursaiful (Administrator) - 30 April 2013 | telah dibaca 1725 kali

Mereka yang Terkaya di Dunia Politik 2013

Naskah: Andi Nursaiful / Berbagai Sumber Foto: Istimewa

Setiap tahun tak sedikit lembaga dan media massa melakukan pemeringkatan orang-orang terkaya di dunia. Tidak terlalu mengejutkan, lantaran umumnya yang masuk dalam daftar adalah para pengusaha terkemuka dunia.

Beberapa di antara mereka adalah juga seorang politisi. Daftar pertama di bawah ini berisi politisi terkaya dunia per Maret 2013 versi Forbes.

Daftar lainnya adalah para presiden dan kepala negara terkaya di dunia 2013. Jangan lewatkan kisah dua presiden termiskin di dunia, sekadar untuk perbandingan.
Artikel ini dimuat pada Majalah Men's Obsession Edisi 111, April 2013

Politisi Terkaya Dunia 2013

Daftar ini tidak memasukkan para kepala negara, presiden, perdana menteri, atau raja, meskipun mereka sesungguhnya juga berada di wilayah politik.

1. Michael Bloomberg (kekayaan: USD27 milyar)
Dia adalah Walikota New York sejak 2002. Peraih gelar MBA dari Harvard Business School, dan Bachelor of Arts/ Science dari Johns Hopkins University, ini, juga tercatat sebagai pendiri dan pemilik Bloomberg LP, perusahaan raksasa bidang informasi dan finansial.

Dengan nilai kekayaan bersih itu, ia tercatat sebagai orang terkaya ke-13 dunia per Maret 2013, orang terkaya ke-7 di AS, dan orang terkuat ke-16 dunia. Tahun lalu, ia juga berada di urutan pertama dalam daftar politisi terkaya dunia versi Forbes, dengan kekayaan baru mencapai USD22 milyar.

Ia menguasai 88% saham Bloomberg LP, yang tahun lalu mencetak revenue USD7,9 milyar. Ia memiliki sedikitnya 10 rumah mewah yang tersebar di Manhattan, Westchester County, Bermuda, Vail, dan the Hamptons.


2.    Mikhail Prokhorov (kekayaan: USD13,2 milyar)
Ia adalah mantan calon presiden Rusia tahun 2012 dan menjadi rival berat Vladimir Putin. Peraih Bachelor of Arts/Science dari Moscow Institute of Finance, ini, sebelumnya dikenal sebagai
bankir, atlet, pebisnis media, pemilik klub basket NBA Brooklyn Nets, bahkan mendapat predikat playboy.

Ia mengejutkan publik di Rusia ketika terjun sebnagai politisi dan menjadi calon presiden pada 2012, meski hanya berhasil meraih 8% suara pemilih. Terakhir, ia mendirikan partai politik baru, Civic Platform, yang akan ia gunakan untuk maju kembali sebagai calon presiden. Akhir Februari lalu, ia menjual 37,8% sahamnya di Polyus Gold International Ltd., senilai USD3,6 milyar. Prokhorov tercatat sebagai orang terkaya ke-69 dunia, dan orang terkaya ke-10 di Rusia versi Forbes.

3.    Serge Dassault (kekayaan: USD13 milyar)
Senator  asal Perancis ini Serge juga menjabat Chairman dan CEO Groupe Dassault, yang menguasai saham di banyak perusahaan piranti lunak, media, dan produk aerospace. Dia mewarisi perusahaan itu dari ayahnya, Marcel Dassault, pendiri Dassault Aviation, perusahaan pembuat pesawat jet Mirage dan Rafale.

Grup perusahaan ini juga menguasai perusahaan media Le Figaro sejak 2004, dan sejak itu sangat ekspansif membeli perusahaan media lalu membentuk grup Le Groupe Figaro. Groupe Dassault juga menguasai perusahaan anggur Chateau Dassault, pemilik tiga rumah lelang terbesar di Perancis. Serge menjadi orang terkaya ke-4 di negerinya, dan ada di urutan ke-60 orang terkaya dunia versi Forbes.

4.    Zong Qingho (kekayaan: USD11,6 milyar)
Anggota Dewan Rakyat Nasional, China, ini, juga merupakan Chairman sekaligus CEO kerajaan bisnis Wahaha Group. Perusahaan ini gencar melakukan ekspansi, dan kini masuk ke bisnis departemen store dan sumber daya alam. Zong disebut-sebut sebagai business tycoon paling berpengaruh di negerinya.

Kini, ia tercatat sebagai orang terkaya nomor satu di China, dan terkaya ke-86 di dunia. Dari daftar orang terkaya dunia per Maret 2013 versi Forbes, Zong menjadi  pencetak laba terbesar dunia tahun lalu.

5.    Savitri Jindal (kekayaan: USD7,6 milyar)
Anggota legislatif  di Haryana Legislative Assembly, India, ini, adalah janda mendiang O,P Jindal, pengusaha kaya India. Tahun 2011, ia menjadi wanita terkaya di India. Tahun ini, selain menjadi politisi terkaya dunia di urutan ke-3, Forbes juga menempatkannya sebagai orang terkaya ke-7 di negerinya, dan orang terkaya urutan ke-155 dunia.

Kekayaannya diperkirakan hampir dua kali lipat dari jumlah itu. Tahun lalu, Numeroten menempatkannya sebagai wanita terkaya ke-10 dunia dengan kekayaanUSD10,9 milyar. Ia adalah ibi dari sembilan putra/putri.


6.    Silvio Berlusconi (kekayaan: USD6,2 miyar)
Mantan perdana menteri Italia (2008-2011), ini, mundur dari jabatannya menyusul skandal seksual pada November 2011 lalu. Raja media dan perbankan berusia 76 tahun ini kini berstatus duda cerai lima anak. Desember lalu ia mengumumkan akan kembali maju sebagai calon PM.
Berlusconi mengawali kariernya sebagai penyanyi di kapal pesiar, namun kini memiliki holding company, Fininvest, yang menguasai saham Mediaset, perusahaan media terbesar di Italia, perusahaan jasa keuangan Mediolanum, perusahaan film Medusa, hingga klub raksasa sepakbola A.C. Milan. Ia tercatat sebagai orang terkaya ke-194 dunia, dan terkaya ke-7 di Italia versi Forbes.



7.    Suleiman Kerimov (kekayaan: USD7,1 milyar)
Pria Rusia paruh baya ini tercatat sebagai orang terkaya ke-20 di negerinya, Rusia, dan berada di urutan ke-162 terkaya dunia. Ia adalah CEO Polymetal International, sekaligus menjadi anggota Federation Council di Parlemen Rusia (Duma).

Suleiman tercatat sebagai pemilik klub sepakbola kaya di Rusia, Anzhi Mahachkala.  Selain mendapat kekayaan dari perusahaan logam Polymetal International, ia juga memiliki saham di Polyus Gold, perusahaan tambang emas terbesar di Rusia, perusahaan real estate PIK, dan perusahaan telekomunikasi Rostelecom. Tahun 2010, ia juga menguasai Uralkali, produsen potasium terbesar Russia.

 

8.    Andrei Guriev (kekayaan: USD4 milyar)

Raja bisnis pupuk ini adalah seorang senator dari Murmansk Oblast, Rusia. Ia adalah mantan pemimpin komunis Moskow, namun menjelma menjadi seorang kapitalis pada era 1990-an. Andrei tercatat sebagai orang terkaya dunia urutan k329 versi Forbes, sekaligus menjadi orang terkaya di Rusia urutan ke-28.  



9.    Henry Ross Perot Sr. (kekayaan: USD3,5 milyar)
Pengusaha satu ini tercatat sudah dua kali menjadi calon presiden AS (1992, 1996). Pada kampanye presiden AS tahun 1992, ia menggelontorkan dana sebesar USD60 juta, namun hanya sukses meraih 19% suara. Ia mendirikan Reform Party pada 1995 lalu melaju kembali sebagai calon pada 1996, dengan perolehan suara hanya 8%.

Sumber kekayaannya berasal dari jasa komputer dan real estate. Namanya tercatat sebagai orang terkaya ke-384 versi Forbes, dan terkaya ke-126 di AS. Kini ia fokus mengembangkan
Hillwood, perusahaan real estate raksasa di AS. Ia juga kaya berkat Electronic Data Systems perusahaan yang ia dirikan separuh abad silam kemudian dijual ke General Motors pada 1984 senilai USD2,5 milyar. Ia juga mendirikan Perot Systems yang dijual ke Dell pada 2009 senilai USD3,9 milyar.

10.    Naguib Sawiris (kekayaan: USD3,1 milyar)
Pendiri Free Egyptians Party di Mesir pada 2011, ini, banyak dikritik oleh kelompok Islam garis keras di negerinya karena partainya yang beraliran sekular dan mendorong pasar bebas. Kekayaannya bersumber dari perusahaan telekomunikasi, Orascom Telecom. Tahun 2011, ia menjual seluruh sahamnya di raksasa telekomunikasi Rusia,VimpelCom, yang sebelumnya mengakuisisi Orascom Telecom.

Ia juga menjual sahamnya di Telekom Austria ke milyuner asal Meksiko Carlos Slim Liu (kini terkaya di dunia) pada Juni 2012. Sebulan kemudian, perusahaan investasi miliknya, Weather Investments, membeli perusahaan tambang Kanada, La Mancha. Ia berada di urutan ke-589 orang terkaya dunia, terkaya ke-2 di Mesir, dan terkaya ke-9 di Afrika versi Forbes.

Kepala Negara/Presiden/PM/Raja Terkaya 2013

1.    Abdullah Bin Abdul Aziz (Kekayaan: USD21 Milyar)
King Abdullah Bin Abdul Aziz memimpin sebuah negeri yang diperkirakan menyimpan 20 persen cadangan minyak dunia, sumber daya alam yang paling dibutuhkan di tahun-tahun mendatang ketika persediaan minyak dunia semakin menipis. Selain pembangunan ekonominya, raja yang berkuasa sejak Agustus 2005 ini, juga banyak mengembangkan proyek bernilai tinggi.

2.    Sultan Haji Hassanal Bolkiah (kekayaan: USD20 milyar)
Pemimpin negeri kota Brunei Darussalam ini dikenal sangat menikmati hidup mewah. Ia membangun istana-istana termegah, dan mengoleksi sedikitnya 7.000 mobil mewah. Sultan tinggal di Istana Nurul Iman, istana terbesar dan terluas di dunia. Kekayaannya datang dari minyak dan gas alam.

3.    Khalifa Bin Zayed Al Nahyan (kekayaan: USD18 milyar)
Sebagaimana politisi dan pemimpin di dunia Arab lainnya, Presiden Uni Emirat Arab (UEA) ini juga memperoleh kekayaannya dari minyak. Sheikh Al-Nahyan naik menjadi Emir Abu Dhabi (bagian dari UEA) pada 2004, menggantikan ayahnya yang mangkat, sebelum akhirnya menjadi presiden UEA. Tahun lalu, keluarga Al Nahyan membeli real estate senilai £ 1 miliar di West End, London. Selain menguasai cadangan minyak senilai USD97,8 milyar, ia juga mendapatkan kekayaannya dari investasi di Abu Dhabi.

4.    Vladimir Putin (kekayaan: USD180 ribu – USD40 milyar)
Kekayaan persis PM Rusia ini sulit ditentukan. Putin, yang mengakhiri jabatan Presiden Rusia pada 2008, dikabarkan memiliki investasi senilai lebih dari USD40 milyar, meskipun secara resmi ia mengaku kekayaannya hanya USD180 ribu. Tahun lalu ia mengaku penghasilannya hanya USD115 ribu per tahun, dengan tabungan senilai USD179,612. Pihak oposisi menyebut Putin menguasai saham tiga perusahaan migas raksasa di Rusia.

5.    Bidzina Ivanishvili (kekayaan: USD5,3 milyar)
Perdana Menteri Georgia ini terpilih pada 2012. Sebelumnya, ia sudah menjadi salah satu orang terkaya di negerinya, dan baru terjun ke politik pada 2011. Nilai kekayaannya setara dengan sepruh GDP Georgia. Ia tercatat sebagai orang terkaya ke-299 dunia versi Forbes.

6.    Mohammed Bin Rashid Al Maktoum (kekayaan: USD4,5 milyar)
Ia adalah perdana menteri sekaligus Wakil Presiden Uni Emirat Arab (UEA), dan juga Emir Dubai (bagian dari UEA). Sebelumnya, ia menjabat kepala polisi Dubai, menteri pertahanan, yang membuka jalannya ke dunia bisnis penerbangan, minyak, dan pariwisata.

7.    Najib Mikati (kekayaan: USD3,5 milyar)
Orang terkaya di Libanon ini menjabat PM di negerinya sejak Januari 2011. Bersama saudaranya, Taha Mikati, ia membangun operator telekomunikasi di sejumlah negara Afrika, melalui Investcom. Ia tercatta sebagai orang terkaya nomor 1 di Libanon, dan urutan ke-284 dunia.

8.    Wen  Jibao  (kekayaan: USD2,7 milyar)
Harian terkemuka The New York Times membeberkan harta kekayaan Perdana Menteri ke-6 RRC ini, yang disebut senilai USD2,7 milyar. Atas hal itu, pemerintah China memblokir situs harian tersebut.

9.    Sebastian Pinera (kekayaan: USD2,5 milyar)

Ia adalah Presiden Chili sejak 2010 hingga serang. Sebelumnya, ia menjabat senator dari 1990-1998. Ia menguasai saham Chilean airline, saluran televisi Chilevision, dan klub sepakbola populer Blanco & Negro. Di negerinya, ia terkaya ke-11, dan ke-589 dunia.

10.    Asif Ali Zardari (kekayaan: USD1-4 milyar)
Dia adalah Presiden Pakistan ke-11, di mana istrinya menjabat sebagai Perdana Menteri Pakistan.  Ia datang dari latar belakang suku Sindhi yang kaya raya.

Presiden Termiskin di Dunia

Presiden tak selamanya hidup mewah. Bahkan, untuk ukuran pemimpin negara, dua presiden di bawah ini tergolong terlalu sederhana.

Presiden Uruguay, Jose Mujica, yang dilantik pada 2010 lalu, mendonasikan 90 persen gajinya setiap bulan, yaitu USD12.000 atau hampir Rp120 juta, untuk berbagai kegiatan amal. Tak hanya itu, pria yang oleh kawan-kawannya dipanggil Pepe ini juga menolak tinggal di kediaman resmi kepresidenan di ibu kota, Montevideo. Mujica lebih memilih tinggal di tanah pertanian di luar ibu kota. Bahkan, jalan menuju kediaman Mujica belum dilapisi aspal.

Tak ada penjagaan ketat pasukan elite kepresidenan. Hanya dua polisi dan anjingnya yang hanya memiliki tiga kaki, Manuela. Mujica dan istrinya menanam sendiri bunga-bunga yang menjadi pemasukan baginya.
 
“Saya disebut presiden termiskin di dunia, tetapi saya tak merasa miskin. Orang miskin adalah mereka yang bekerja hanya untuk menjaga gaya hidup mewahnya dan selalu menginginkan lebih,” begitu katanya.

Dengan mendonasikan sebagian besar gajinya, setiap bulan Mujica hanya menerima kurang dari Rp800.000. Ketika kekayaan pribadinya diumumkan pada 2010, totalnya USD1.000 atau kurang dari Rp10 juta.

Setelah dua tahun menjadi presiden, kekayaan Mujica bertambah. Itu pun setelah dia menambahkan aset milik istrinya, berupa tanah, beberapa traktor, dan sebuah rumah. Kekayaannya kini mencapai USD215.000 atau sekitar Rp2 miliar, tetap terbilang kere untuk seorang kepala negara.

Satu lagi orang paling berkuasa di negerinya, namun sama sekali tidak kaya adalah Presiden Iran
Mahmoud Ahmadinejad. Kekayaan dan propertinya hanya sebuah sedan Peugeot 504 tahun 1977, sebuah rumah sederhana warisan ayahnya 40 tahun yang lalu di sebuah daerah kumuh di Teheran.

"Ketika bercermin, saya melihat orang di dalam cermin itu dan mengatakan kepadanya: Ingat, kau tak lebih dari seorang pelayan, hari di depanmu penuh dengan tanggung jawab yang berat, yaitu melayani bangsa Iran," kata Ahmadinejad ketika diwawancarai TV Fox (AS).

Saat pertama kali menduduki kantor kepresidenan, ia menyumbangkan seluruh karpet istana Iran yang sangat tinggi nilainya kepada masjid di Teheran, dan menggantikannya dengan karpet biasa yang mudah dibersihkan. Sebagai presiden, ia masih tinggal di rumahnya.

Rekening banknya pun bersaldo minimum, dan satu-satunnya uang masuk baginya adalah uang gaji bulanannya sebagai dosen di sebuah universitas senilai USD250. Gaji sebagaio presiden ia tolak, dengan alasan semua kesejahteraan adalah milik negara dan ia bertugas untuk menjaganya.

Tiap hari ia membawa tas sederhana berisi sarapan roti isi atau roti keju yang disiapkan istrinya, dan menghentikan kebiasaan menyediakan makanan yang dikhususkan untuk presiden. Ia juga menghentikan kebiasaan upacara karpet merah, sesi foto, atau publikasi pribadi, atau hal-hal seperti itu saat mengunjungi berbagai tempat di negaranya.

Saat harus menginap di hotel, ia meminta diberikan kamar tanpa tempat tidur yang tidak terlalu besar karena ia tidak suka tidur di atas kasur, tetapi lebih suka tidur di lantai beralaskan karpet dan selimut.

Read More    

Add to Flipboard Magazine.
Komentar:

       

 

   

Popular

   

Photo Gallery

   

Visitor


Jumlah Member Saat ini: 2250