Search:
Email:     Password:        
 





Peci pun Jadi Koleksi

By Giatri (Editor) - 02 December 2013 | telah dibaca 1829 kali

Peci Pun Jadi Koleksi
Naskah: Gia Foto: Dok. Pribadi

Peci, kopiah, atau songkok memiliki satu makna yakni penutup kepala. Benda tersebut juga merupakan salah satu unsur identitas bangsa Indonesia. Alasan itulah yang mendasari mantan Anggota DPR RI Komisi VI, Soejatno Pedro HD tertarik untuk mengoleksi peci khas Nusantara. Museum Rekor Indonesia (Muri) pun mencatat ayah tiga anak ini sebagai kolektor peci terbanyak yang dikumpulkan dari sejumlah daerah.

Pria kelahiran Solo 15 Maret 1943 itu mengungkapkan awalnya hanya memakai peci pada acara-acara tertentu saja, namun sejak menjadi kolektor saat ia masih menjabat anggota DPRD (Dewan Perwakilan Daerah) Jawa Tengah pada pertengahan 2006, benda tersebut menjadi ciri khas dirinya.
“Saya selalu memakai peci terutama saat ke luar rumah,” ujar Pedro.

Hingga saat ini, koleksi pedro telah menyentuh 89 buah yang diburunya hampir di seluruh wilayah Indonesia, seperti Aceh, Medan, Padang, Sumatera Selatan, Lampung, Bengkulu, Nusa Tenggara Timur, Nusa Tenggara Barat, Sulawesi Utara, Sulawesi Selatan, Kalimantan Selatan, dan Yogyakarta.
“Pernah di Aceh, saya bilang peci, tapi pedagang disana kurang begitu memahami. Begitu saya menunjuk kepala, pedagang sontak bilang kupiah. Saya pun langsung mengangguk,” kenang pria yang bangga memakai peci asal Aceh dan NTB itu.

Sebagian besar koleksi Pedro didapatnya ketika melaksanakan tugas kunjungan anggota dewan ke berbagai Provinsi.
“Nah, kala istirahat yang saya cari pastilah toko kerajinan lokal yang menjual Peci. Biasanya saya beli 3-5 buah peci,” tutur Pedro.

Read More    

Add to Flipboard Magazine.

Tulis Komentar:


Anda harus login sebagai member untuk bisa memberikan komentar.

   

 

Popular

 

Photo Gallery

Visitor


Jumlah Member Saat ini: 2250