Search:
Email:     Password:        
 





Hybrid Sport yang Bakal Eksis

By Benny Kumbang (Editor) - 17 February 2015 | telah dibaca 2148 kali

Hybrid Sport yang Bakal Eksis

Naskah : Sahrudi Foto : Istimewa

Bosan dengan olahraga mainstream? Mungkin ini saatnya Anda mencoba beberapa jenis olahraga baru, sebenarnya merupakan turunan dari dua olahraga mainstream, yang mungkin akan eksis di tahun 2015. Ada keunikan dan tantangan menarik dari olahraga ini. Apa saja olahraga tersebut?


Footgolf
Kita mulai dari footgolf. Ini adalah permainan golf yang dipadukan dengan sepak bola. Karena cara memainkannya adalah dengan menggunakan kaki sebagai pemukul dengan bola ukuran lima di lapangan golf.

Olahraga ini sejatinya sudah dikenal di Amerika Serikat sejak 2012 yang ditandai dengan berdirinya Federasi Internasional Footgolf (FIFG). Sementara di Inggris baru didirikan pusat footgolf di High Melton, Doncaster. Menurut Presiden Footgolf Inggris, Mike O’Connor, pembangunan pusat footgolf ini karena permintaan para pemain dari seluruh dunia.

Permainan ini sebagaimana golf, menggunakan par sebagai acuan angka dan para pemain akan memulai pertandingan dengan menendang bola dari tee box. Karena ukuran yang besar, lubang footgolf pun menyesuaikan. Ukuran lubangnya berdiameter 21 inchi dan memiliki tiang bendera sebagai penanda di bagian tengah.


Snookball

Kalau footgolf adalah perpaduan antara sepak bola dan golf, permainan satu ini pun masih perpaduan antara sepak bola, tapi dengan billiar. Namanya Snookball.

Permainan ini dilahirkan di Perancis. Dengan mengandalkan peraturan dan arena standar billiard tapi tidak di atas meja melainkan di lapangan yang cukup luas dan peran stick billiar digantikan oleh kaki pemainnya.

Arenanya mirip dengan billiard dengan warna alas hijau khas meja bola sodok. Bola yang ditendang memiliki jumlah dan bentuk sama persis dengan billiard tapi sedikit lebih besar dan tidak sekeras bola billiard. Sedangkan gawangnya adalah lubang di keempat sudut.

Permainan yang berawal dari dua orang warga Perancis, Aurelien and Samuel dibuat untuk 2 pemain. Namun demikian, arenanya bisa memuat 4 orang untuk satu sesi permainan dengan pola permainan terdiri terdiri dari 8 atau 9 pemain.

Permainannya adalah tiap pemain mencoba mengolkan semua bola. Pemain yang mendapat boal pertama harus memilih bola bergaris atau warna polos. Kemudian bola-bola (9-15 buah) disusun menjadi segitiga dengan bola nomor 1 di atas dan nomor 8 di tengah baris ketiga.

Teqball

Kalau ini merupakan gabungan antara tenis meja dan sepak bola. Dengan sedikit campur tangan teknologi, jadilah; Teqball. Sebagaimana halnya tenis meja dan sepak bola, dalam olahraga ini tentu ada meja dan bola. Hanya saja, mejanya dirancang dengan sangat canggih sehingga permainan yang melibatkan pantulan dari bola antar lawan dapat berlangsung fair.

Meja canggih itu, atau disebut teqboard, memang sangat mirip dengan meja ping-pong, hanya saja, karena kecanggihannya, meja itu dirancang dengan pedoman aturan matematika dan fisika. Dengan demikian, setiap bola akan terpental di setiap titik papan, dan pemainnya dapat dengan mudah untuk mencapai dan mengontrol bola. Meskipun Anda tidak bisa menyentuh papan, namun papan itu dapat menahan sejumlah besar tekanan, sehingga tahan lama dan aman.

Permainan ini sebagaimana laiknya tenis meja, dapat dilakukan oleh satu pemain atau secara single maupun double dengan dua pemain. Bola yang dibuat semirip bola sepak ini, diumpan oleh salahsatu pemain dan disambut oleh pemain lawan.

Kronum

Jika footgolf, snookball, dan teqball adalah keturunan dari dua olahraga, maka berbeda dengan Kronum. Olahraga yang berawal dari Amerika Serikat ini adalah hibrida dari tiga jenis olahraga yakni sepak bola, basket dan bola tangan. Walaupun masih terbilang baru tetapi olahraga hasil kreasi Bill Gybson tersebut akan di prediksi menjadi salah satu olahraga populer.

Olahraga ini di mainkan oleh 2 tim dan setiap tim terdiri dari 10 pemain di sebuah lapangan rumput dengan diameter 70 yard yang terbagi menjadi 4 kuadran plus sebuah gawang di setiap kuadrannya. Ada 3 babak yang harus dijalani pemain dimana setiap babaknya memiliki durasi 20 menit. Perolehan skor terbanyak adalah pemenang dalam kronum dan rata-rata skor untuk sebuah permainan bisa mencapai 60-120.

Karena perpaduan sepak bola, basket, dan bola tangan, maka pemainnya sah saja untuk menendang, melempar bola dengan tangan dan melompat memasukan bola yang mirip bola tending itu.

Read More    

Add to Flipboard Magazine.
Komentar:

 

 

Popular

 

Photo Gallery

 

Visitor


Jumlah Member Saat ini: 2250