Search:
Email:     Password:        
 





Suami-suami Sayang Keluarga

By Benny Kumbang (Editor) - 26 June 2015 | telah dibaca 1971 kali

Suami-suami Sayang Keluarga

Naskah : Arif Rahman Hakim/Suci Yulianita Foto : Istimewa

Pejabat publik memiliki jam kerja yang tinggi. Mereka mempunyai banyak kegiatan yang menyita waktu dan energi.
Kemudian muncul pertanyaan bagaimana pejabat publik itu membagi waktu untuk keluarganya? Banyak pejabat publik ternyata diketahui  masih meluangkan waktu untuk bercengkerama dengan keluarga, dan bahkan mereka adalah keluarga harmonis. Berikut kami ulas beberapa di antaranya.

 

1. Ridwan Kamil
Ridwan Kamil, yang akrab dipanggil Kang Emil, dilantik menjadi Walikota Bandung pada tahun 2013. Di mata sang isteri, Atalia Praratya, Kang Emil adalah suami yang baik sayang keluarga. Meskipun sibuk membangun Bandung, Kang Emil meluangkan waktu untuk bercengkrama dengan isteri dan kedua anaknya, Camillia Laetitia Azzahra dan Emmiril Khan Mumtadz. Khususnya di pagi hari, ternyata Emil, menyempatkan diri melakukan ritual wajib terhadap istri dan anaknya. Ritual tersebut tak lain adalah kegiatan memeluk istri dan anaknya selama minimal 20 detik dalam sehari. Hal itu merupakan cara kecil yang dilakukan Emil untuk tetap menjaga komunikasi yang baik antar anggota keluarga mereka.


Kang Emil meyakini energi ada dari keluarga. Karenanya, dengan memeluk keluarga, segala beban akan sirna. Dengan melakukan ritual tersebut, biasanya semangat Kang Emil akan tumbuh kembali. Selain itu Kang Emil berusaha menyempatkan diri sarapan bersama keluarga. Menu sarapannya biasanya nasi goreng atau bubur. Yang penting ada telurnya untuk menjaga stamina.


Jika tak ada kegiatan yang sangat penting, Kang Emil  memilih berada di rumah untuk berkumpul dengan keluarga. Ia menetapkan Minggu sore sampai malam sebagai jam keluarga. Ia dan keluarganya biasanya berenang, nonton di bioskop, atau makan bersama. Mereka pun mengusahakan bisa sholat subuh dan maghrib berjamaah. 

 

2. Ganjar Pranowo

Nama Ganjar Pranowo mencuat ketika terpilih menjadi Gubernur Jateng tahun 2013. Sebelumnya politikus Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDI-P) ini adalah anggota DPR. Setelah dilantik menjadi Gubernur Jateng, Ganjar langsung bekerja keras. Ia aktif turun ke lapangan untuk mengecek langsung sejauh mana implementasi program-program pemerintah.


Sebagai orang nomor satu di Jateng, tentu saja kegiatannya sangat padat. Namun demikian, ia selalu menyisihkan waktu untuk keluarga. Karena baginya keluarga itu sangat penting. Dia mengakui kariernya bisa melejit seperti sekarang ini berkat dukungan dari keluarga.


Ganjar menikah dengan Siti Atikoh Supriyanti. Dari pernikahan itu mereka dikaruniai seorang anak, Zinadin Alam Ganjar, yang kini berusia 13 tahun. Jika tak ada kegiatan ke luar kota, Ganjar menyempatkan waktu sarapan bersama keluarganya. Yang menarik dalam acara sarapan itu adalah Ganjar memberikan suapan kepada isterinya. Kemudian menyuapi anaknya. Kebiasaan itu sudah lama dilakukan Ganjar sebagai salah satu bentuk ungkapan kasih sayang kepada keluarganya.

3. Irwan Prayitno

Sejak memimpin Sumbar tahun 2010, Irwan Prayitno banyak membawa kemajuan bagi provinsi ini. Politikus Partai Keadilan Sejahtera (PKS) dan mantan anggota DPR ini dikenal sebagai pekerja keras untuk menyejahterahkan rakyat.


Kesuksesan Irwan di pentas politik tak lepas dari dukungan keluarganya. Ia mempunyai seorang isteri, Neni, dan sepuluh anak. Di tengah kesibukannya selaku gubernur, pria yang ramah ini menyisihkan waktu untuk berkumpul dengan keluarga. Dalam mendidik anak-anaknya, Irwan memprioritaskan pendidikan dan agama.


Irwan hobi menyanyi dan menciptakan lagu. Irwan dan keluarganya sering menyanyi di rumah. Selain itu kasih sayangnya terhadap isteri dan anak-anaknya antara lain diungkapkannya lewat lagu-lagu gubahannya, seperti Cinta Sejati, Kau Isteriku, Satu Rindu, dan Anakku Penyejuk Hatiku.

4. Bima Arya Sugiarto

Bima Arya dikenal publik sejak menjabat walikota Bogor pada 2014 lalu. Keberhasilan yang diraihnya tak terlepas dari peran keluarga, terutama sang isteri, Yane Ardian yang dengan setia mendampingi dan mendukung kariernya di politik. Tak terasa pernikahan mereka pun telah menginjak usia 13 tahun dan dikaruniai 2 orang anak, Kinaura Maisha (11 tahun), dan Kenatra Mahesha (7 tahun).  


Ya, Bima Arya adalah sosok suami dan ayah yang baik dan sangat sayang pada keluarga kecilnya itu. Baginya keluarga menjadi salah satu hal yang sangat penting dalam kehidupannya. Untuk itu Bima Arya pun berusaha untuk selalu menjaga keharmonisan rumah tangga mereka.


Mempertahankan pernikahan belasan tahun lamanya bukan hal mudah, namun Bima Arya mampu mempertahankan dengan komunikasi yang baik. Selama perjalanannya itu, Bima bersama sang istri terus belajar, belajar untuk saling mengerti, memahami dan menyamakan karakter yang berbeda satu sama lain. Dengan begitu, Bima pun terhindar dari konflik-konflik dalam keluarga.

5. Susilo Bambang Yudhoyono (SBY)

Mantan presiden Republik Indonesia periode 2004 – 2014 ini, merupakan salah satu contoh figur seorang ayah dan suami yang ideal bagi keluarganya. Seluruh masyarakat Indonesia juga tahu bahwa kebersamaan keluarga SBY begitu harmonis dan membuat siapapun dibuat iri melihatnya. Banyak beredar foto-foto kebersamaan SBY dan keluarga baik saat berlibur di luar kota atau luar negeri, atau hanya sekadar berkumpul di teras rumah dan bermain bersama kedua cucu tercintanya.


Ketika masih menjabat Presiden RI, di sela-sela kesibukannya, SBY masih menyempatkan diri berkumpul dan bercengkrama bersama keluarganya. Ya, karena keluarga menjadi yang paling penting dalam hidupnya, selain mengurus negara tentunya. Dan sang isteri, Ibu Ani Yudhoyono dengan setia menemani dan mendukung sepenuhnya karier SBY hingga berada pada puncaknya.


Kini, ketika SBY tak lagi menjabat Presiden, tentu ia memiliki waktu lebih banyak lagi yang dihabiskan bersama keluarga. Ia lebih banyak memiliki waktu untuk sekadar bersantai di rumah bersama keluarga, ia lebih banyak memiliki waktu untuk bermain dan bersenda gurau dengan cucu, dan menghabiskan waktu berlibur bersama keluarganya. SBY dan keluarga biasanya mengisi liburan ke Amerika Serikat  sekaligus mengunjungi putranya, Agus Harimurti Yudhoyono yang sedang menimba ilmu di negeri Paman Sam tersebut.

6. BJ Habibie

BJ Habibie dan Ainun Habibie menjadi satu contoh kisah romantis yang berhasil mempertahankan keharmonisan rumah tangga hingga maut memisahkan. Kisah cintanya yang sangat menyentuh itu bahkan sukses difilmkan yang diadaptasi dari buku ciptaan BJ Habibie sendiri berjudul Habibie & Ainun.


Habibie memang dikenal sangat cinta dan sayang pada keluarganya. Meski sibuk berkarier, ia tak pernah luput mencurahkan waktu dan kasih sayang pada isteri dan putra putrinya. Hingga kedua buah hatinya beranjak dewasa dan memiliki kesibukan dalam kariernya masing-masing, Habibie hidup bahagia dalam keharmonisan rumah tangga bersama sang isteri, Ainun Habibie, hingga akhirnya pada 22 Mei 2010 Ainun meninggal dunia.


Sepeninggal Ainun, Habibie menuangkan rasa cinta dan rasa rindunya kepada sang isteri melalui sebuah buku. Tak hanya sampai di situ, hingga kini, 5 tahun sudah berlalu, Habibie bahkan masih terus mengenang Ainun, dan tidak bisa melupakannya begitu saja. Habibie tidur ditemani syal putih dan mukena Ainun yang terakhir dikenakan. Ia bahkan masih rutin menyempatkan diri mengunjungi makam Ainun di Taman Makam Pahlawan Kalibata. Bagi BJ Habibie, Ainun adalah belahan jiwanya yang tak pernah terpisahkan hingga maut memisahkan.
Kisah cinta Ainun & Habibie yang fenomenal banyak memberi inspirasi bagi para pasangan suami isteri.

Read More    

Add to Flipboard Magazine.
Komentar:

     

 

Popular

 

Photo Gallery

 

Visitor


Jumlah Member Saat ini: 2250