Search:
Email:     Password:        
 





Menikmati Kemewahan di Atas Rel

By Benny Kumbang (Editor) - 30 July 2015 | telah dibaca 2365 kali

Naskah: Sahrudi/dari berbagai sumber Foto: Istimewa

Ada cerita menarik dari hari raya Idul Fitri kemarin, khususnya tentang mereka yang mudik dengan menggunakan kereta api. Bukan kereta api sembarangan, tapi kereta api mewah bertarif hingga puluhan juta rupiah sekali jalan. Ternyata, belakangan ini peminatnya sangat tinggi. Bayangkan saja, persis empat hari menjelang lebaran, kursi kereta itu sudah
ludes dipesan. 

 

Prestise, mungkin menjadi alasan utama mereka, para pemudik elit itu, untuk menumpang kereta yang menyiapkan coffe break hingga ruang karaoke ini. 

Karena kalau pilihannya soal kecepatan waktu, mungkin pesawat terbang yang menjadi prioritas mereka. Tapi ternyata tak hanya jelang lebaran saja kereta ini laris disewa. Di hari biasa pun, kereta api berkualitas premium ini kerap dijadikan pilihan kalangan CEO perusahaan-perusahaan swasta untuk menggelar rapat korporasi. Atmosfir yang berbeda jika dibanding rapat di hotel mungkin menjadi alasan kenapa mereka menjatuhkan pilihannya ke kereta api.


Indonesia memiliki tiga gerbong kereta yang disiapkan sebagai kereta mewah yaitu Nusantara, Toraja dan Bali. Ketiga gerbong ini dirangkaikan dengan kereta regular lain yang dijalankan dengan listrik yang berkekuatan minimal 300KVA, yaitu Argobromo Anggrek, Argo Gede, Argo Lawu, Bima dan Dwipangga. Tambahan fasilitasnya yang mewah seperti sofa yang nyaman dan ekslusif, kamar tidur yang bisa digunakan oleh dua orang, lampu tidur dan kaca rias dalam kamar serta wastafel. Di dalam kereta ini juga terdapat sebuah lobi yang terdapat pada bagian tengah kereta. Di lobi ini dilengkapi dengan TV, video, audio, penyejuk ruangan, serta toilet. Bagian belakang kereta ini dilengkapi dengan balkon yang memungkinkan Anda untuk melihat pemandangan di luar kereta.


Memang, keberadaan moda mewah di atas rel ini memang telah menjadi tren sejak beberapa tahun lalu, namun dengan perkembangan  teknologi yang semakin tinggi membuat kereta-kereta mewah ini terus meningkatkan performa. Sejumlah negara tercatat memiliki kereta-kereta mewah yang menjadi kebanggaan mereka.


Di India kereta paling mewah memulai perjalanan pada 20 Maret 2010. Kereta bernama “Maharajas Express” tersebut  memiliki kelengkapan sistem pengontrol suhu, toilet ramah lingkungan, perangkat televisi, pemutar DVD, internet, dan telepon. 


Read More    

Add to Flipboard Magazine.

Tulis Komentar:


Anda harus login sebagai member untuk bisa memberikan komentar.

     

 

Popular

 

Photo Gallery

     

Visitor


Jumlah Member Saat ini: 2250