Search:
Email:     Password:        
 
 





Bekerja Sehat, Sambil Berdiri atau duduk?

By Benny Kumbang (Editor) - 29 October 2015 | telah dibaca 2982 kali

Naskah: Sahrudi, Foto: Istimewa

Mana yang lebih sehat bekerja dengan lebih banyak berdiri atau duduk? Ternyata keduanya sama-sama memiliki sisi buruk bagi kesehatan.

Untuk mereka yang lebih banyak berdiri, misalnya akan memunculkan kelelahan jangka panjang. Hal itu terbukti secara klinis setelah peneliti dari Swiss dan Michigan melakukan penelitian dengan mensimulasikan kerja sambil berdiri selama lima jam dan mengalami kelelahan otot setelah diukur dengan menggunakan electrically induced muscle twitches atau muscle twitch force (MTF). Seperti dikutip dari Fox News, MTF mampu menunjukkan efek kelelahan yang signifikan setelah bekerja sambil berdiri. “Efek berlangsung selama setidaknya 30 menit setelah pekerjaan selesai,” ujar salah seorang peneliti, Maria Gabriela Garcia. Maria juga mengatakan bahwa hasil penelitian ini menunjukkan pekerjaan yang membutuhkan waktu lama berdiri bisa berkontribusi untuk gangguan muskuloskeletal dan nyeri punggung. Namun ada juga yang menilai bahwa bekerja sambil berdiri lebih bermanfaat ketimbang sembari duduk. Karena bisa membakar kalori lebih banyak. Itu juga yang mungkin membuat Mantan Menteri Pertahanan Amerika Serikat, Donald Rumsfeld dikenal lebih suka bekerja sambil berdiri.


Lalu, bagaimana dengan pekerjaan yang mengharuskan seseorang untuk duduk berlama-lama di belakang meja? Ini lebih seram lagi. Seperti dilansir Boldsky, Rabu (11/2/2015), duduk berjam-jam ternyata bisa mempersingkat hidup. Itu hasil laporan para peneliti yang menyimpulkan bahwa mereka yang duduk selama berjam-jam berisiko tinggi atas kematian akibat penyakit jantung. Tak hanya itu, dikemukakan pula bahwa duduk berlama-lama di tempat kerja juga dapat menyebabkan kesehatan mental yang buruk.  Alasannya, orang yang terjebak dalam pekerjaan menetap akan berisiko dua kali lipat  jenis tertentu kanker usus besar.


Penemuan lain menyebutkan, jika Anda berjam-jam menghabiskan waktu di kursi maka akan menimbulkan rasa tak nyaman karena  pegal linu di daerah leher, punggung, lengan, kaki dan pundak yang biasanya disebabkan oleh kekakuan pada otot dan bisa terjadi pada siapa saja.

 


Read More    

Add to Flipboard Magazine.

Tulis Komentar:


Anda harus login sebagai member untuk bisa memberikan komentar.

       

 

   

Popular

   

Photo Gallery

   

Visitor


Jumlah Member Saat ini: 2250