Search:
Email:     Password:        
 
 





Mempersiapkan Generasi Unggul Dengan Pendidikan Berbasis Teknologi

By Benny Kumbang (Editor) - 11 May 2016 | telah dibaca 1489 kali

Naskah: Suci Yulianita, Foto: Dok. XL Axiata

Sebagai salah satu perusahaan telekomunikasi di Indonesia, PT XL Axiata, Tbk. (XL) tak hanya terfokus pada kegiatan bisnis semata. Melalu kepedulian sosial perusahaan, XL juga berkontribusi terhadap pembangunan bangsa khususnya mencetak generasi unggul masa depan. Hal itu dibuktikan melalui kegiatan-kegiatan CSR perusahaan yang berkelanjutan dan memberikan dampak positif terhadap pemerintah dan masyarakat. Dengan berfokus pada pengembangan pendidikan, XL mempersembahkan XL Future Leaders.

 

Ya, XL menyadari bahwa untuk memajukan negeri dibutuhkan anak-anak muda yang punya kompetensi untuk jadi pemimpin. Untuk itu XL melalui program XL Future Leaders (XLFL), telah berupaya mengembangkan pemimpin muda berbasis teknologi digital. XLFL fokus kepada pembinaan soft skill yang diperuntukkan bagi kaum muda Indonesia, mulai dari tingkat SMU, mahasiswa sampai dengan professional muda.


Pengembangan kepemimpinan dalam XLFL yang telah berjalan sejak tahun 2012 ini, berhasil memperluas jangkauan penerima manfaat program keseluruh wilayah Indonesia, dari Aceh sampai Papua, dimana para pesertanya dilatih untuk meningkatkan kompetisi dasar seorang pemimpin yakni, komunikasi yang efektif, manajemen perubahan, serta meningkatkan Jiwa Wirausaha dan Inovasi. Kemampuan tersebut dipercaya sangat dibutuhkan di era digital ini.


Sampai dengan tahun 2016 ini XLFL telah menarik animo lebih dari 50.000 kaum muda Indonesia untuk mengikuti program ini.


Metode belajar yang digunakan dalam program ini adalah Blended Learning, yaitu pengembangan kepemimpinan dilakukan lewat tatap muka atau workshop yang dikombinasikan dengan kegiatan pelatihan berbasis virtual atau online.  XL menyediakan Learning Center di 6 kota besar Indonesia yaitu Medan, Jakarta, Bandung, Semarang, Surabaya, dan Makassar, selain itu XL menyediakan fasilitator berpengalaman untuk memastikan masing-masing peserta berhasil meningkatkan kompetensi kepemimpinan di era digital.


Untuk memberikan pemerataan akses terhadap pendidikan, XL melalui XLFL telah mengembangkan beberapa program andalannya yang dapat menjangkau lebih banyak lagi kaum muda Indonesia. Pertama, XLFL Global Thinking, ditujukan untuk mahasiswa tahun kedua dan ketiga, kemudian XL E-Learn, yakni program pengembangan kepemimpinan dengan sistem online. Dimana kaum muda, mulai dari tingkat SMU sampai professional muda bisa mengikuti program ini. Selanjutnya XLFL Scholarship, dalam program ini XL memberikan dana bantuan pendidikan dan pelatihan kepemimpinan bagi mahasiswa tingkat akhir. Semua program tersebut dijalankan tanpa memungut biaya dari
para pesertanya.


Kontribusi Nyata Untuk Masyarakat Indonesia
XL percaya bahwa pendidikan yang baik bukan hanya sekedar memberikan pengetahuan tetapi juga harus mampu mendorong pelajar untuk mengaplikasikan ilmu yang telah di dapat . XLFL telah dirancang khusus untuk mencetak para pemimpin masa depan yang bukan hanya pintar, namun juga berjiwa sosial . Ketika seluruh peserta didik dari program ini telah menerima pembelajaran di dalam program ini, mereka juga dilatih untuk menganalisa permasalahan yang ada di masyarakat sekitar mereka, kemudian dengan kapabilitas yang dimiliki serta melalui materi yang telah di ajarkan di dalam program, mereka diharuskan untuk membuat rencana dan tindakan untuk mengatasi masalah tersebut.


Presiden Direktur XL Axiata, Dian Siswarini mengatakan “Seorang leader seharusnya memiliki pengamatan, kepedulian, serta tak ragu mengambil bagian untuk ikut mencari solusi atas persoalan yang ada di hadapannya. Menemukan solusi atas persoalan di lingkungan terdekatnya adalah salah satu cara terbaik untuk memupuk inisitif dan karakter kepemimpinan mereka.”


Hal ini lah yang dibuktikan XL, lewat XLFL Global thinking, 90 lebih   ide dan solusi berbasis digital telah dihasilkan, mulai dari berbasis pendidikan, inovasi telekomunikasi, hingga solusi untuk permasalahan sosial. Seperti yang dilakukan 4 orang peserta XLFL disebuah sudah hamparan sungai di Jakarta, dengan menggunakan Drone mereka mengajak para warga setempat untuk memetakan sampah dan membuat system pelaporan berbasis digital kepada dinas kebersihan setempat. Semangat ini mereka tularkan lewat kampanye digital.


Pada kesempatan yang lain, di pulau Mandangin, mereka melatih anak-anak muda setempat untuk menulis tentang daerahnya dan mengunggah nya ke dalam  website promosi pariwisata lokal yang dibuat bersama. Hal ini bertujuan agar pulau Mandangin dengan segala keelokan yang tersembunyi dapat lebih dikenal masyarakat hingga makin banyak pula masyarakat yang berkunjung, sehinggameningkatkan pertumbuhan ekonomi masyarakat dipulau itu. Inisiatif serupa dijalankan di  Surabaya, Malang dan Bali, XLFL membina UKM untuk lebih memanfaatkan teknologi internet untuk meningkatkan efektifitas pemasaran dan pendapatan UKM tersebut.


Sebagian dari aksi nyata tersebut membuat XLFL bukan hanya bermanfaat bagi mahasiswa yang terpilih, namun juga berdampak bagi masyrakat dan bagsa Indonesia. Selain menghasilkan SDM yang berkualitas untuk bersaing di era kompetisi global, tetapi juga calon pemimpin yang mencintai bangsanya dan peduli terhadap masalah sosial disekitar mereka dan mampu memanfaatkan teknologi. Dengan kata lain XLFL menjadikan para calon pemimpin tersebut sebagai generasi yang selalu ada dengan ide-ide inovatif untuk kemajuan masyarakat yang mampu beradaptasi dengan tuntutan zaman.


Cetak Pemimpin Digital Masa Depan Indonesia
XL tidak hanya konsisten dalam memajukan Indonesia melalui pendidikan untuk kaum muda saja, tetapi juga selalu berkontribusi untuk mendukung program pemerintah dengan membangun infrastruktur dan ekosistem, mulai dari teknologi hingga sumber daya manusia.


Membantu program pemerintah dalam mewujudkan 1000 technopreneur baru di era ekonomi digital, belum lama ini XL meluncurkan program terbarunya, XLFL Digital Leaders dengan tema “Smart Digitizing Your City”. Sebuah kompetisi yang mengharuskan pesertanya turun membantu pemerintahan daerahnya masing masing untuk menemukan solusi digital sebagai persiapan menuju Smart City. Target peserta adalah mahasiswa aktif, pribadi atau grup maksimal 3 orang. Fokus solusi digital yang dikompetisikan terbagi dalam berbagai kategori E-Governance, E-Public Service, dan E-Financial. Kompetisi tersebut diharapkan bisa mendorong para mahasiswa untuk menunjukkan jiwa inovasi dan kepempinan yang solutif. 


XL menyediakan hadiah senilai ratusan juta rupiah bagi para pemenang. Tak hanya itu, solusi karya para pemenang juga akan mendapat kesempatan untuk masuk dalam program inkubator layanan data yang berada di bawah departemen Digital Service XL. Selain itu, XL juga akan memberikan lisensi bagi solusi karya para pemenang dan membantu mempromosikannya ke pasar dengan hak intelektual tetap pada para penciptanya.


Atas keberhasilannya dan konsistensi dalam menjalankan program CSR berkelanjutan di bidang pendidikan, XL telah meraih banyak penghargaan bergengsi, antara lain, Golden Ring Award : oleh ICT Journalist Community pada 2013, Asia Corporate Excellence & Sustainability Award pada 2014, dan yang terbaru penghargaan 8th Annual Global CSR Summit and Award: The Best for Excellence in Provision of Literacy& Education Category, yang baru diterima pada pertengahan April 2016 lalu.


Add to Flipboard Magazine.

Tulis Komentar:


Anda harus login sebagai member untuk bisa memberikan komentar.

       

 

   

Popular

   

Photo Gallery

   

Visitor


Jumlah Member Saat ini: 2250