Search:
Email:     Password:        
 





'Made in' Timur Tengah

By Syulianita (Editor) - 24 August 2016 | telah dibaca 1144 kali

Naskah: Suci Yulianita/berbagai sumber, Foto: Istimewa

 

Negara Timur Tengah memang menjadi pasar besar bagi pabrikan mobil mewah. Melihat mobil-mobil mewah atau supercar berseliweran di jalanan kota-kota besar Timur Tengah terutama di Dubai, sudah menjadi pemandangan yang biasa. Supercar tersebut tak hanya berasal dari Eropa, seperti, Ferrari, Lamborghini, dan Maserati, namun juga supercar asal negara mereka sendiri. Berikut kami rangkum beberapa di antaranya.

 

 

Lykan Hypersport

Inilah supercar kebanggaan Timur Tengah yang konon diklaim sebagai mobil termewah dan termahal di Asia. Lykan Hypersport mulai dikenal sejak kehadirannya di film Fast & Furious 7. Lykan Hypersport hanya diproduksi terbatas, konon kabarnya WM sebagai produsen dari mobil mewah ini hanya akan memproduksi sebanyak 7 unit mobil untuk pasar seluruh dunia. Dibanderol dengan harga selangit, USD3,4juta atau sekitar Rp.44,1miliar, konon mobil ini menjadi mobil termahal ketiga di dunia.

 

Tak heran jika harganya melambung, lantaran mobil ini didesain dengan sangat mewah, seperti adanya berlian yang ditaburkan di sekitar lampu LED, kemewahan pada jok mobil yang dijahit dengan lapisan emas, serta desain interior Cyrus Klepscys yang menjadikan mobil sport ini semakin mahal.Kemudian tengok saja sisi dashboard Lykan yang kaya akan fitur ID4notion, holographic display dan mechanical doors dengan mode teranyar. Tampilannya pun terlihat sangat sporty dengan desain avant-garde, serta terdapat beberapa bagian interior mobil yang dirancang khusus dari bahan fiber, titanium hingga batu mulia.

 

Sementara untuk bodinya, terbuat dari serat karbon ringan namun sangat kuat, yang mampu memberikan sensasi aerodinamisan yang cukup tinggi serta bisa melaju secepat mungkin. Fitur canggih lainnya, tersedia pengatur suku kabin otomatis, airbag, audio premium, bluetooth telefoni, kamera parkir serta sistem navigasi.

 

Tak hanya mewah dari segi desain, supercar ini juga didukung mesin yang super. Bisa dikatakan Lykan Hypersport memiliki segalanya. Spesifikasi mobil mahal Lykan Hypersport ini telah dibekali dengan mesin Porsche twin turbo 6 silinder berkapasitas 3.746 cc.

 

Mesin yang luar biasa ini mampu memberikan tenaga maksimal mencapai 770dk / 7.000 rpm. Sedangkan untuk torsi puncak maksimum hingga 960 Nm / 4.000 rpm. Selain itu mobil kencang Lykan Hypersport memiliki top speed hingga 385km/jam serta titik top akselerasi 0-100km/jam hanya membutuhkan durasi waktu 2,7 detik.

 

Tersedia dalam dua pilihan transmisi, yaitu transmisi otomatis 6-speed dual clutch dan transmisi manual 6-speed sekuensial. Sayangnya mobil ini boros bahan bakar, sebagai perbandingan, 1 liter bahan bakar menempuh jarak sejauh 10,10km (jalan tol khusus) dan 5km (jalanan dalam kota). Meski begitu, hal tersebut sepertinya tidak menjadi masalah bagi para konsumen mobil Lykan Hypersport yang dari kalangan miliarder ini.

 


 

Elibriea

Kehadiran mobil jenis coupe dua pintu ini, baru tampak dari prototipe yang diperkenalkan pada masyarakat dalam ajang Qatar Motor Show 2016 di Doha Exhibition and Convention Center (DECC) yang digelar pada akhir Januari 2016 lalu. Untuk saat ini, Elibriea masih ditujukan hanya untuk pameran belum dijual kepada publik. Tunggu saja kehadirannya di pasaran yang entah berapa lama lagi.

 

Satu hal yang paling menarik dari supercar besutan Timur Tengah terbaru ini, adalah sosok di belakang layar, sang penemu dan perancang supercar ini adalah seorang anak muda berusia 27 tahun. Ya, adalah Abdul Wahab Ziaullah yang merupakan alumni Universitas Texas A&M Qatar, telah merancang supercar ini sejak ia masih di bangku kuliah. Gayung bersambut, ia kemudian mendapat dukungan dana dari Ali Bin Ali Group untuk membuat rancangannya menjadi nyata. Setelah melakukan penelitian yang cukup lama, Ziaullah akhirnya bisa menyelesaikan desain Elibriea.

 

Setelah prototipe supercar buatan Qatar ini selesai, Ziaullah melakukan test awal di dalam ruangan untuk memantau handling kendaraan. Setelah itu, Elibriea dibawa keluar, test drive di sekitar kawasan industri Qatar dan di lapangan udara Al Khor. Dan hasilnya, ternyata mobil ini bisa bermanuver dengan sangat baik dan sempurna. Dari situlah ia semakin percaya diri memamerkan supercar rancangannya ini ke masyarakat pada ajang Qatar Motor Show 2016.

 

Desainnya tampak sangat futuristik, bahkan ada yang mengatakan mobil tersebut mengingatkan pada film transformer, hingga pesawat tempur jet stealth. Tak hanya pujian, desain futuristik tersebut juga menuai kritikan, terutama di dunia maya. Beberapa netizen menyebut desain produk tersebut yang tidak menarik.

 

Selain itu, hal menarik lainnya dari supercar dengan tampilan sangar dan agresif ini adalah panel bodynya yang terbuat dari serat karbon yang ditempa dengan teknologi tinggi. Tak hanya itu, keseluruhan body Elibriea bahkan dilapisi cat emas metalik. Mobil dengan bobot kurang lebihnya 997,9 kg, ini, mengusung mesin V6 buatan General Motors yang mampu menghasilkan 525 tenaga kuda.

 

Banyak sumber yang mengatakan bahwa kecepatan Elibriea tidak kalah dengan kecepatan Lamborghini Aventador, ya spesifikasi Elibriea ternyata memang sengaja didesain untuk mengimbangi kecepatan Aventador. Meski begitu, Elibriea disebut-sebut sebagai mobil yang ramah lingkungan namun tetap memiliki performa terbaik.

 

Kesuksesan Ziaullah dalam merancang dan mengembangkan konsep supercar Elibriea, membuat kariernya berkembang. Ia kini tengah bekerja untuk mempersiapkan produksi mobil supercar terbaru yang ditujukan untuk kepentingan komersil, yakni Elibriea Equvallas. Dikabarkan Equvallas mengusung mesin yang mampu menghasilkan 800 tenaga kuda, berpenggerak roda belakang dengan 6 kecepatan. Mengingat bodi dan monosok yang terbuat dari serat carbon, harga mobil ini diperkirakan akan cukup mahal.

 

Tak hanya itu, keistimewaan dari Equvallas terletak pada platformnya yang menggunakan gaya pesawat siluman Lockhead F-117 Nighthawk. Tersedia untuk komersil yang mulai dipasarkan indent sejak Maret 2016 lalu dan mulai didistribusikan pada Desember 2016 mendatang.

 

 

Fenyr Supersport

Fenyr Supersport merupakan supercar terbaru yang menjadi penerus Lykan Hypersport. Memiliki konsep yang hampir sama dengan generasi sebelumnya, Lykan Hypersport dengan tetap menampilkan desain sporty. Body yang dirancang masih sama seperti Lykan Hypersport, menampilkan kesan yang gagah dan glamor. Model lampu utamanya mengambil model mata batman. Sasis mobil Fenyr Supersport terbuat dari bahan aluminium yang anti peluru. Bodynya yang terbuat dari bahan serat karbon semakin tampak sangat kekar dan garang dengan adanya tambahan lekukan tajam di sekitar body.

 

Jika pada generasi sebelumnya, Lykan Hypersport diberi sentuhan berlian pada beberapa bagian, hal tersebut tidak lagi berlaku bagi supercar ini, lantaran untuk menurunkan harga jual agar lebih terjangkau. Ya, mobil yang hanya diproduksi dalam jumlah terbatas, yaitu 25 unit per tahun ini, dibanderol harga USD1juta atau setara dengan Rp.13,6miliar, jauh lebih murah dari harga Lykan Hypersport.

 

Fenyr Supersport memiliki bobot yang cukup ringan, dengan perkiraan bobot sekitar 1.200 kg. Hal tersebut berkat rangka tubular aluminium serta penggunaan serat karbon pada sisi panel bodi.

 

Didukung mesin tengah sejenis dari Porsche RUF-turbo ganda 3.8 liter yang telah mengalami perbaikan sedemikian rupa, supercar yang disebut-sebut sebagai pembunuh Bugatti ini, memiliki kapasitas mesin 4.0-liter dengan jumlah enam silinder kombinasi Twin Turbo mesin boxer dan memiliki tujuh kecepatan dual clutch otomatis. Mesin dapat menghasilkan 900 hp dan 1200 Nm yang mampu melesat dari 1-100 km/jam hanya butuh 2,7 detik dengan kecepatan maksimal lebih dari 400 km / jam. Bisa dikatakan inilah salah satu mobil tercepat yang ada di dunia saat ini.

 

Dihadirkan dan diperkenalkan pada masyarakat pertama kali pada ajang Dubai International Motor Show yang digelar pada 10 November 2015 lalu. Sehingga bisa dipastikan bahwa mobil ini benar masih baru bahkan mungkin belum ada orang yang memilikinya.

 


 

Devel Sixteen

Inilah supercar pertama Abu Dhabi yang kehadirannya mampu menarik perhatian masyarakat, khususnya para pecinta otomotif dan supercar. Diperkenalkan pertama kali pada publik pada 2013 lalu di negara asalnya, Abu Dhabi. Konon, supercar ini dibuat untuk menyaingi kehadiran Veyron. Untuk itu, rencana semula yang hanya ingin menciptakan supercar bertenaga 1000 hp saja, seolah ingin menyaingi kehebatan Veyron, perusahaan Defining Extreme Vehicles Industry L.L.C yang membangun supercar tersebut membuktikan monster mobil besutannya dengan menciptakan Devel Sixteen. Mobil ini bahkan diklaim akan menjadi salah satu mobil tercepat di dunia.

 

Mengusung mesin V16 berkapasitas 12.300 cc dengan 4 buah turbo 81 mm yang mampu membawa mobil ini berlari dari 0-100 km/jam hanya dalam waktu 1,8 detik saja dengan top speed di angka 560 km/jam.Mesin ini pun diklaim menjadi mesin mobil terkuat yang pernah dibuat.

 

Hasil pengujian dengan mesin dyno, supercar ini mampu mengeluarkan tenaga maksimal sebesar  4.515 hp pada 6.900 rpm dengan torsi menakjubkan 3.260 Nm di 6.400 rpm. Meski lebih kecil dari angka klaim sebelumnya yakni 5000 hp, namun tetap saja kekuatan mobil ini sangat beringas. Konon, mesin dyno yang digunakan tersebut hanya mampu mengukur tenaga maksimal hingga 4.515 hp, jadi pada kenyataannya sang perancang tetap yakin tenaga mesin sesungguhnya berada di 5.000 hp.

 

 


Add to Flipboard Magazine.

Tulis Komentar:


Anda harus login sebagai member untuk bisa memberikan komentar.

 

 

 

Popular

   

Photo Gallery

 

Visitor


Jumlah Member Saat ini: 2250