Search:
Email:     Password:        
 





Danie Setiabudi: Kesederhanaan Putri Ningrat

By content (Administrator) - 14 March 2014 | telah dibaca 2621 kali

Naskah : Suci Yulianita Foto : Sutanto
*artikel ini dimuat pada edisi 111, April 2013

Setelah cukup lama menunggu, mobil jeep hitam akhirnya memasuki pelataran parkir area Rumah Jawa Gallery di kawasan Kemang, Jakarta Selatan, lokasi pemotretan She’s kali ini. Seorang wanita ayu nan anggun mengenakan setelan kebaya tampak keluar dari dalam mobil dan menghampiri kami. “Maaf lama menunggu, saya Danie,” sapanya ramah sembari memperkenalkan diri.

Ya, untuk rubrik She’s kali ini, kami menampilkan sesuatu yang berbeda. Pemilihan lokasi dan busana yang dikenakan, tak hanya karena berkaitan perayaan hari Kartini di bulan April. Namun, narasumber kali ini juga adalah seorang wanita berdarah ningrat asal Jogjakarta, yang sangat bangga akan budaya-budaya Jawa dan nilai-nilai ketimuran yang hingga kini masih dipegang teguh.

Meski sibuk sebagai seorang pengusaha wanita, bintang iklan, juga aktivitas lainnya, Danie tak pernah melalaikan keluarganya. Sebaliknya, keseharian Danie di rumah tetap berkutat pada urusan rumah tangga. Ia memasak untuk suami dan anak, melayani suami dengan penuh pengabdian, dan membesarkan putra semata wayangnya dengan penuh perhatian dan kasih sayang. “Saya masuk dapur loh, saya yang masak di rumah. Suami dan anak saya suka masakan saya,” ujarnya dengan logat Jawa yang masih sangat kental.

Wanita bernama lengkap Rr. Sri Wuryandani, ini, juga tak malu mengakui masih rajin minum jamu. Ia terbiasa minum daun sirih, dan memilih kencur untuk mengobati batuk. Katanya, kencur jauh lebih ampuh dari obat kemasan. Baginya, Jamu cara terbaik merawat dan menjaga kebugaran tubuh.  Meski bagi orang lain kerap dianggap cara kuno.

Danie pun masih menggemari menu-menu tradisional Jawa, seperti botok. Danie juga tak pernah bosan mengenalkan menu-menu itu kepada buah hatinya, “Saya selalu sampaikan ke anak saya bahwa kita tidak selamanya berada dalam kondisi dengan selalu tersedianya makanan-makanan modern,” ucapnya serius.  

Ibu dari Danendra Dimas, ini, memang tampak sederhana. Meski hidup berkecukupan, boleh dibilang Danie sangat jauh dari kesan glamor. Di kalangan keluarga besar dan kerabatnya, ia pun dikenal ringan tangan, siap membantu siapapun sesuai kapasitasnya. Ia menyadari bahwa hidup laksana roda berputar yang tak selamanya selalu berada di atas.

Nilai-nilai kesederhanaan itu senantiasa ia ajarkan pada putra semata wayangnya. Misalnya, Danie tidak selalu membawa buah hatinya ke luar negeri saat berlibur. Sebaliknya, ia malah lebih sering mengajaknya berwisata ke daerah-daerah di Indonesia, seperti Yogyakarta, Lembang, dan Bangka Belitung. Hal itu dalam rangka ingin mengedukasi serta mengenalkan kekayaan budaya dan wisata khazanah Nusantara.

“Saya nggak mau anak saya itu luar negeri minded, jadi harus dikenalkan juga dengan apa yang ada di Indonesia,” seloroh wanita yang gemar membaca ini.

Danie memiliki kebiasaan unik. Di saat weekend, ia kerap plesir bersama sang buah hati hanya untuk menikmati keindahan alam dan udara segar di luar kota Jakarta. Biasanya ke Bogor atau ke puncak hanya untuk makan siang atau mancing. Kebetulan, Dimas hobi memancing.

Danie mengaku sangat menikmati suasana jauh dari keramaian kota, menikmati udara segar sembari menyantap jagung bakar di pinggir jalan, bahkan berkeliling desa atau kota kecil naik becak.

Siapa menyangka bahwa Danie juga masih suka keluar masuk pasar tradisional. Bukan hanya untuk belanja kebutuhan sehari-hari, namun menjadi ajang rekreasi baginya. “Nggak hanya pasar tradisional di area Jakarta saja. Kalau ke daerah, misalnya ke Solo, saya juga masih suka ke pasar tradisional. Semua itu menarik buat saya dan menjadi rekreasi untuk saya,” ia bercerita penuh semangat.

Danie berharap semua yang dilakukannya bisa menjadi contoh tauladan bagi buah hatinya kelak. Menurutnya, dalam mendidik anak, harus menggunakan contoh nyata yang diaplikasikan dalam kehidupan sehari-hari. Apalagi di zaman modern, ketika budaya dan nilai-nilai ketimuran kian tergerus, Danie semakin gigih mengajarkan serta mencontohkan apa yang selama ini menjadi budaya leluhur.

Ihwal karier, selain menjabat Presiden Komisaris di salah satu perusahaan swasta yang bergerak di bidang pertambangan, Danie juga dikenal sebagai bintang iklan. Puluhan iklan dengan berbagai macam produk telah ia bintangi sejak lama. Di antaranya, iklan produk Coca-Cola, Bebelac, Entrasol, Bank Mandiri, Djarum Super, dan yang terbaru Procold.

Menjadi bintang iklan berawal dari kegiatannya sebagai model dan peragawati di kota Semarang, Jawa Tengah, saat masih remaja. Kegiatan itu hanya sekadar hobi, bukan pekerjaan utama. Kala itu Danie tetap fokus pada pendidikannya. Setamat kuliah, ia meniti karier di banyak perusahaan swasta. “Saya hanya ikut fashion show jika itu tidak mengganggu pekerjaan saya,” tegas Danie. 

Dalam membintangi suatu produk, Danie termasuk picky. Ia tidak melihat dari berapa honor yang ditawarkan, melainkan dari kenyamanan atau brand dari produk itu sendiri. Yang menarik, menjadi bintang iklan, selain karena hobi, juga demi menyenangkan putranya. Bocah usia 9 tahun itu sangat senang melihat ibunda tercinta di televisi atau media lainnya.

“Anak saya bangga sekali akan profesi saya sebagai bintang iklan. Dia berpikir sederhana saja, yaitu apa yang dia lihat di media, dan dia belum mengerti apa itu Presiden Komisaris. Jadi setiap melihat saya di TV atau di media lain, bahagianya bukan main. Dan saya senang kalau anak saya bahagia,” ceritanya sembari tersenyum.


Daniegrafi:
Nama Lengkap Rr. Sri Wuryandani Lahir Semarang, 8 Februari Profesi Pengusaha Wanita, Bintang Iklan Pendidikan Akademi Sekretaris Marsudirini Santa Maria, dan Public Relation Inke Maris Tinggi/Berat Badan 170 cm/58 kg Keluarga Danendra Dimas (putra) Hobi Membaca


Credit title :
Lokasi :
Rumah Jawa Gallery
Jl. Kemang Timur Raya No. 99
Jakarta Selatan
Phone : 021 7180 989 Fax : 021 7180 970


Add to Flipboard Magazine.

Tulis Komentar:


Anda harus login sebagai member untuk bisa memberikan komentar.

   

 

Popular

 

Photo Gallery

Visitor


Jumlah Member Saat ini: 2250