Search:
Email:     Password:        
 





Inilah Yang Ditunggu Di 2018

By Iqbal Ramdani () - 03 January 2018 | telah dibaca 746 kali

Naskah: Iqbal Ramdhani/berbagai sumber, Foto: Istimewa

 

Seperti yang kita ketahui perkembangan di dunia otomotif sangatlah maju. Hal ini dibuktikan dengan diciptakannya teknologiteknologi terbaru yang ikut berperan aktif dalam industri otomotif. Berbagai macam teknologi ikut serta dalam memajukan dunia otomotif, hingga banyak terlahir mobil-mobil mewah dengan perfoma mesin yang tangguh dan handal, serta ada juga mobil-mobil yang mampu melaju dengan kecepatan super power.

 

Tahun 2018 pastinya akan menjadi momen penting bagi otomotif Indonesia karena beberapa pabrikan otomotif telah siap bertempur membawa amunisi berupa kendaraan unggulan terbaru untuk memikat para konsumen dalam negeri. Nah seperti apakah deretan mobil-mobil tersebut, berikut beberapa di antaranya.

 

Toyota C-HR

Kehadiran Toyota C-HR menjadi salah satu produk yang paling dinanti-nanti pada tahun depan di Indonesia. Diketahui mobil ini dibekali dengan 3 varian mesin yaitu 1.200 cc,1.800 cc, dan 2.000 cc, dengan hasil letupan tenaga hingga 141 hp pada 6.000 rpm. Maka dari itu mobil ini dapat bersaing melawan SUV sekelasnya seperti Honda HRV, Nissan Juke, dan Mitsubishi Outlander Sport. Dengan tampilan luar yang lebih sporty, tak menutup kemungkinan mobil ini akan mampu mengalahkan rival-rivalnya. Terlebih Toyota menyediakan beberapa varian mesin yang dioptimalkan dengan berbagai teknologi canggih agar mesinnya semakin bertenaga dan bisa melaju lebih cepat. Selain itu Toyota C-HR produksi Thailand ini menawarkan desain modern yang terlihat futuristik. Bahkan desainnya jauh lebih keren dibandingkan Honda HR-V dan Nissan Juke.

 

Karena Toyota C-HR memiliki lekukan bodi sporty yang didepannya sudah ada headlamp berdesain sipit, tidak lupa juga terdapat lampu fog berbentuk bundar pada bagian depannya dan di belakangnya sudah ada tail light yang didesain dengan bentuk boomerang. Selain itu lekukan bodi sampingnya terlihat sangat menawan dan di kedua sisinya sudah ada velg sporty berdiameter sangat besar. Pada bagian interior pihak Toyota sendiri memberikan perlengkapan bukan hanya sebatas kenyamanan tempat duduk yang dibalut material kualitas tinggi, akan tetapi untuk memberikan nuansa baru, toyota menambahkan aksen warna biru pada beberapa bagian, yang semakin membuatnya berkelas.

 

Sementara di lini dashboard, Toyota tandemkan panel layar touchscreen berukuran 8 inci yang sekaligus dapat dijadikan sebagai media hiburan ataupun menghubungkan antara perangkat smartphone si pengguna dalam konteks memutar daftar lagu favorit. Kemudahan juga diberikan oleh Toyota C-HR pada stir kemudi, dimana untuk memudahkan pengendara dalam melakukan pergantian lagu ataupun menjangkau panel yang ada di bagian layar, toyota memberikan paketan tombol lengkap di bagian kemudi.

 

Mercy G-Class

Awal tahun akan menjadi kejutan bagi para pecinta Mercedes-Benz. Pasalnya produsen asal Jerman ini akan kembali mengeluarkan seri G-Class. Hal tersebut dilakukannya karena ingin mempertahankan desain kotak ikoniknya. Selain itu diketahui Mercedes jenis SUV ini akan semakin tangguh sekaligus memiliki kemewahan seperti sedan S-Class dan memiliki bobot lebih ringan 160 kilogram lantaran mobil ini mengadopsi bahan alumunium sehingga menghasilkan bobot yang lebih ringan. Pengurangan bobot ini termasuk signifikan, mengingat sebagian besar bodi kokoh G-Class saat ini berbahan baja.

 

Beberapa pembaruan juga terlihat dari chassis sedikit dilebarkan, jarak sumbu roda ditambah dan suspensi baru dengan peredaman yang bisa disesuaikan melengkapi G-Class baru nanti. Tak lupa sistem elektrik yang memberikan fitur modern seperti bantuan pengemudian bagi SUV sejati Mercedes-Benz pelahap segala medan. Bantuan pengemudi juga diadopsi dari lini modern Mercedes-Benz seperti milik E-Class: termasuk Attention Assist, Active Land Keeping Assist dan Pre-Safe. Selain itu, sistem infotainment dikatakan juga dimodernisasi untuk meningkatkan kenyamanan kabin yang lebih lapang dari G-Class sekarang. Itu berarti layar sentuh besar, dengan dimensi 12,3 inci, bisa ditemui di kabin G-Class baru. Konsumen bisa menambahkan kamera 360 derajat yang memberikan informasi tampilan video sekeliling mobil pada layar infotainment.

 

Fitur itu berguna membantu saat beraktivitas off-road. Kemampuan on road dan off road akan sama-sama dioptimalkan dengan ground clearance meningkat 20 mm. Sementara aerodinamika bodi akan tetap pada angka coefficient of drag 0,54, seperti model saat ini. Desain ‘boxy’ off roader akan tetap dipertahankan sebagai ciri khas G-Class. Peningkatan signifikan lain, sistem kemudi baru yang menggunakan jenis rack and pinnion mengurangi radius putar G-Class untuk kemampuan manuver lebih baik. Selain itu dapur pacunya pun terbilang baru yaitu V8 4.0 liter dengan turbocharger. Mobil ini memiliki dua pilihan varian berbeda.

 

Mesin M176 pada G500 menghasilkan daya 421 PS dan torsi puncak 610 Nm. Sedangkan mesin M177 pada G63 menyemburkan daya 612 PS dan torsi monster 850 Nm dan jantung mekanis baru serta ditemani transmisi otomatis 9G-Tronic dengan sistem penggerak empat roda yang menawarkan tiga penguncian differential dan low-range gear. Mercedes-Benz G-Class generasi anyar ini akan ditampilkan pada ajang otomotif tahunan di Detroit, Amerika Serikat pada Januari 2018. 

 

BMW M3 CS

Tidak mau kalah dengan kompetitor lainnya, perusahaan asal Jerman ini kembali hadirkan sebuah varian baru dari BMW M3 yaitu M3 CS, diketahui seri ini adalah versi terakhir yang dikeluarkan oleh BMW M3 sebelum berganti generasi, peningkatan pada M3 CS ini terlihat dari perfoma, serta kepraktisan untuk digunakan sehari-hari. Memiliki mesin enam silinder segaris 3.0 liter Twin Power Turbo sehingga tenaga yang dihasilkan bertambah mencapai 453 hp berikut torsi 600 NM. Selain itu kreasi baru BMW merupakan paling ganas saat ini.

 

M3 CS memang mendapat paket ubahan seperti M4 CS, hanya saja sedikit lebih sederhana. Fokusnya tetap pada peningkatan performa dan beberapa porsi penampilan luar maupun dalam. Material serat karbon bercampur plastik juga dipasangkan untuk diet bobot M3 CS. Peningkatan teknis pun diperlihatkan oleh BMW M3 CS dengan melakukan penerapan Adaptive M Suspension, Active M, Differential, serta body kit berupa ducktail dan diffuser dari M4 GTS. Kombinasi velg 19 dan 20 inci didukung ban dari Michelin Pilot Super Sport.

 

Secara penampilan eksterior banyak kemiripan dengan CS. Bahan serat karbon untuk splitter depan, diffuser buritan serta spoiler menjadi ubahan signifikan penampilan luar. Ditambah lagi roda 19 inci di depan dan 20 inci belakang dengan bahan alloy ringan. Bersanding dengan roda, rem performa tinggi M dengan empat piston di depan dan dua di belakang tersedia sebagai standar. Opsional tersedia berupa rem keramik karbon dengan enam piston di depan dan empat di belakang. Meski mesinnya sama dengan standar, 6-silinder 3.0 liter twin-turbo, M3 CS punya lebihan tenaga 28 hp, menjadi 453 hp. Torsi juga bertambah sekitar 50 Nm, dengan total 600 Nm untuk M3 CS. Penyalur daya transmisi kopling ganda 7-speed. Klaim kecepatan puncaknya 280 km/jam dan akselerasi 0 - 100 km/jam dalam 3,7 detik.

 

Untuk lebih mendukung performa, BMW juga memasangkan exhaust spesifik yang dioprek untuk mengeluarkan suara lebih agresif. Bagian interior sedikit berbeda dari M4 CS. Material karbon absen pada kabin. Diganti kulit dengan jahitan kontras pada panel pintu dan kombinasi kulit warna silver dan hitam untuk jok dan dasbor. Bahan Alcantara disebutkan membungkus sejumlah bagian kabin, menjadikan kabin M3 CS lebih terasa mewah ketimbang M4 CS yang lebih berkarakter balap. Fitur interior lain ada sistem audio premium oleh Harman Kardon dan sistem navigasi terintegrasi. mobil yang hanya diproduksi sebanyak 1.200 unit ini mendapat balutan bahan kulit Merino dengan aksen Alcantara, lalu sistem audio dari Harman Kardon, plakat khusus di pintu dan GPS pada sistem infotainment. Soal harga, belum dirilis oleh BMW. Dipastikan pemesanan untuk BMW M3 CS mulai pada Mei 2018.

 

 

Aston Martin Vanquish S Ultimate

Sebagai produsen mobil sporty yang mewah, nama Aston Martin memiliki jajaran produk yang menawan, sebut saja dari DB11, Vantage, Vanquish, hingga yang terbaru, Valkyrie. Tapi seiring berkembangnya desain anyar dan platform baru, pabrikan mobil yang bertempat di Gaydon, Inggris tersebut mulai mematikan produknya seperti sebelumnya Aston Martin seri Rapide yang sudah dipastikan terpangkas, untuk itu sebelum pensiun, mobil bermesin V12 tersebut akan  dibuatkan edisi spesialnya bernama Aston Martin Vanquish S Ultimate.

 

Dan yang menarik pada seri Aston Martin Vanquish S Ultimate ini, seperti layaknya mobil-mobil dengan banderol mahal, mobil ini bisa dikustomisasi sedemikian rupa. Pembeli bisa memilih untuk membeli Aston Martin Vanquish S Ultimate dalam rupa coupe biasa ataupun dalam versi Volante alias roadster. Selain itu, ada tiga pilihan warna eksterior yang bisa dipilih dan dipadukan dengan beberapa paket trim interior. Aksen – aksen yang dilabur warna tersebut adalah front air intake, side sills, dan pada rear diffuser. Dan selain adanya aksen-aksen dengan warna copper bronze, hadir pula beberapa bagian yang menggunakan bahan karbon. Dan jika Anda kurang suka dengan perpaduan warna ini, maka ada pilihan lain yaitu versi berwarna Xenon Gray yang dipadukan dengan aksen cobalt blue.

 

Variasi warna ini terlihat lebih ‘menyala’ berkat penggunaan kaliper rem berwarna kuning dengan velg berwarna hitam 5-spokes dan interior yang dilabur dengan warna kuning sebagai aksen, serta jok berwarna phantom grey yang berbahan kulit dan diberi jahitan berwarna biru. Sedangkan dari mesin, Aston Martin Vanquish S Ultimate masih menggunakan bensin V12 dengan kapasitas 5,9 liter, sehingga kini tenaganya menjadi 594 hp pada putaran 7.000 rpm dengan torsi puncaknya 20Nm pada 5.500 rpm. Performa mesin ini akan disalurkan pada penggerak belakang dengan gearbox otomatis 8 percepatan touchtronic III yang telah direvisi, sehingg mobil ini mampu mencatat akselerasi 0-100 km/h hanya dalam 3,5 detik, dan kecepatan puncak hingga 323 km/h.

 

Pihak Aston Martin mengklaim unit ini akan menjadi rebutan para kolektor karena hanya akan ada 175 unit yang diproduksi dan akan mulai dikirim pada musim Semi 2018. Untuk harga Aston Martin Vanquish S Ultimate sendiri akan dijual mulai 211.995 Poundsterling atau 3,8 Miliar Rupiah untuk versi beratap keras, dan banderol 223.995 Poundsterling alias 4 Miliar lebih sedikit untuk versi Volante.


Add to Flipboard Magazine.

Tulis Komentar:


Anda harus login sebagai member untuk bisa memberikan komentar.

   

 

Popular

 

Photo Gallery

Visitor


Jumlah Member Saat ini: 2250