Search:
Email:     Password:        
 
 





Destinasi Terbaik 2018

By Syulianita (Editor) - 23 January 2018 | telah dibaca 655 kali

Naskah: Suci Yulianita/berbagai sumber, Foto: Istimewa

 

Belum lama ini sebuah situs perjalanan terkemuka di dunia, Lonely Planet merilis 10 negara yang menjadi destinasi wisata terbaik 2018. Tersebar di beberapa benua, masing-masing negara memiliki keunikan dan keistimewaan daerah dan potensi wisatanya. Beberapa di antaranya berada di kawasan benua Asia, tak jauh dari negara tercinta Indonesia. Nah, sudahkah Anda menyusun rencana liburan sepanjang 2018 ini? Destinasi wisata terbaik 2018 pilihan Lonely Planet berikut ini, mungkin bisa masuk dalam daftar rencana destinasi liburan Anda bersama keluarga tercinta.

 

Selandia Baru

 

 

Selandia Baru bisa menjadi salah satu pilihan destinasi tujuan berlibur Anda dan sekeluarga pada 2018 ini. Negara kecil dengan populasi hanya empat juta orang ini, menawarkan beragam tujuan wisata menarik, mulai dari wisata alam dengan keindahan alamnya yang spektakuler, wisata sejarah dengan museum yang dibalut kemewahan, hingga pengalaman-pengalaman mengesankan lainnya selama berlibur di sini, seperti wisata udara, menyusuri perkebunan anggur, hingga mengunjungi lokasi syuting film The Hobbit.

 

Berplesir ke Selandia Baru, Anda bisa mengunjungi beberapa kawasan wisata yang tersohor di sini, seperti Pulau Waiheke, atau Gunung Maunganui yang terletak di sebuah kota pantai. Pantai Piha juga bisa menjadi pilihan destinasi yang sayang dilewatkan bagi para pecinta olahraga selancar. Masih berada di sekitar pantai, Anda pun dapat mendaki Lion Rock dengan ketinggian 101 meter untuk melihat pemandangan spektakuler dari atas ketinggian.

 

Untuk wisata alam lainnya, pelancong bisa mengunjungi Danau Tekapo yang menawarkan pemandangan cantik dengan panorama biru kehijauan yang dikelilingi pegunungan Southern Alps berselimut salju. Di sini wisatawan juga dapat melihat keindahan langit malam yang sangat menakjubkan. Kemudian Danau Wanaka dengan pegunungan Alpen Selatan yang mempesona.

 

Selain menjelajahi keindahan wisata alam yang menawan, kunjungi Auckland Sky Tower untuk melihat langsung pemandangan keindahan kota Auckland dari bangunan dengan ketinggian 328 meter ini, atau menikmati pemandangan spektakuler lainnya dari puncak gondola, Skyline Queenstown yang melintasi Queenstown dan Danau Wakatipu. Kemudian singgahlan ke Museum of New Zealand Te Papa Tongarewa yang terletak di Wellington.

 

Chili

 

Terletak di belahan Amerika Latin, Chili merupakan salah satu negara yang kaya akan keindahan alam. Bisa dikatakan, kekayaan alam apa saja dapat ditemui di negara patagonia ini, mulai dari pegunungan hingga lautan dengan pemandangan yang indah nan mempesona. Tak hanya itu, berkunjung ke Chili, Anda juga akan menemukan sebuah pemandangan yang menarik, dua hal yang bertolak belakang namun nyata dapat ditemui di sini, yakni sebuah padang gurun yang kering dan ujung selatan yang mendekati kutub.

 

Berkunjung ke Chili, jangan lewatkan deretan fjord dan gletser yang menarik! Untuk melihatnya secara langsung, Anda dapat berwisata dengan kapal pesiar yang dimulai dari Puerto Mont dan berlanjut ke Carretera Austral, Laguna San Rafael, dan Puerto Natale. Tak puas dengan wisata kapal pesiar, Anda pun dapat melanjutkan perjalanan dengan mengunjungi San Pedro de Atacama. Di sini, Anda akan melihat Austere, padang garam dengan pegunungan tembaga.  

 

Kunjungi juga taman nasional Torres del Paine yang berselimutkan es, lengkap dengan sebuah danau es yang memikat hati. Selain itu, jangan lewatkan juga kunjungan ke Pulau Paskah. Pulau yang terletak 3.500 kilometer dari kota Chili ini menawarkan sebuah pemandangan yang eksotis dan kaya sejarah. Terdapat ratusan patung batu raksasa yang konon diukir oleh bangsa Polinesia. Setelah itu, Anda bisa melanjutkan perjalanan di pulau ini dengan menikmati keindahan birunya laut dan pantai berpasir putih. Tak ketinggalan, diving di laut lepas, juga akan menjadikan liburan Anda penuh kesan.

 

Portugal

 

Bagi para pelancong yang senang mengunjungi situs-situs bersejarah, Portugal menjadi destinasi terbaik untuk dikunjungi. Terlebih bagi Anda yang menyukai seni serta pengagum keindahan arsitektur berkelas, di sinilah tempatnya. Anda bisa dengan puas berwisata menjelajahi serta mengagumi deretan museum bergaya art deco dengan sentuhan arsitektur berkelas dunia.

 

Untuk wisata sejarah, Anda bisa memulainya dari Lisbon, Ibukota Portugal yang menawarkan berbagai macam bangunan abad pertengahan, mulai dari Alfama ke kawasan Castelo Sao Jorge hingga puncak Kota Moor, kemudian lanjutkan perjalanan wisata Anda ke kota Madeira yang juga penuh sejarah. Sementara bagi pecinta seni bisa mengunjungi Porto, sebuah kota dengan bangunan seni berdesain modern, seperti, Serralves Museum of Contemporary Art dan rumah akustik yang terkenal House of Music.

 

Namun Portugal sejatinya tak hanya menyimpan kekayaan wisata museum saja, lantaran Portugal juga menawarkan wisata alam yang indah nan mempesona, termasuk ratusan pantai menawan yang mengelilingi negara ini. Dengan demikian, tak heran jika Portugal menjadi destinasi wisata pilihan pada 2018 ini.

 

Untuk menikmati kehangatan sinar matahari, pelancong dapat mengunjungi pantai di selatan Lagos. Pantai Vicentine yang terletak di Alentejo juga bisa menjadi pilihan terbaik bagi Anda yang menginginkan suasana pantai yang lebih sepi dan jauh dari keramaian. Atau bagi Anda penghobi surfing, cobalah memacu adrenalin dengan menaklukan ombak besar di Nazare. Ingin liburan Anda berkesan, ikutilah wisata paus di Kepulauan Azores.    

 

Malta

 

 

Tak salah menjadikan Malta sebagai salah satu destinasi menarik untuk dikunjungi pada 2018 ini. Keberadaannya sebagai wisata budaya yang kaya akan bangunan sejarah di Eropa, bahkan menjadikannya digadang-gadang akan menjadi ibukota kebudayaan Eropa. Malta yang terletak di wilayah Schengen merupakan salah satu negara kecil di Uni Eropa.

 

Selain dikenal dengan pulau Malta, negara yang terbagi menjadi tiga pulau ini juga memiliki dua pulau lainnya yang sama sama menarik untuk dikunjungi, yakni Gozo dan Comino. Pulau Comino menjadi pulau terkecil dan tak berpenghuni, justru di situlah letak daya tariknya bagi para pelancong, menghabiskan waktu berlibur di pulau yang masih perawan ini. Apalagi akses menuju Comino tidaklah sulit, tersedia feri khusus untuk menuju ke pulau ini. Tentu perjalanan Anda akan terbayar dengan keindahan karang-karang di tepi lautan dan keindahan terumbu karang di dalamnya. Malta bahkan menjadi salah satu lokasi menyelam favorit di Eropa.  

 

Selain itu, sesungguhnya masih banyak potensi wisata menarik lainnya yang bisa dikunjungi di Malta. Sebagai wisata budaya dan sejarah, Malta menawarkan keindahan candi berusia ribuan tahun yang tersebar di Malta dan Gozo. Sementara untuk wisata lainnya, pelancong bisa mengunjungi sebuah desa pertanian kecil di Malta, Naxxar, atau Popeye Village yang juga menjadi destinasi wajib jika plesiran ke Malta. Ibukota negara Malta, Valetta juga menjadi tujuan utama bagi para pelancong. Kemudian Anda pun bisa melanjutkan perjalanan ke Sliema untuk berburu buah tangan khas Malta. 

 

Georgia

 

 

Tradisi dan budaya minum anggur di Georgia menjadi salah satu daya tarik pengunjung, apalagi Georgia menawarkan kenikmatan anggur berkualitas terbaik di dunia. Maka tak salah jika Lonely Planet memberikannya predikat sebagai salah satu destinasi terbaik dunia 2018. Selain itu, Georgia juga menawarkan keindahan pemandangan alam yang spektakuler, antara lain deretan pegunungan dan pantai.  

 

Berkunjung ke Georgia, Anda bisa memulainya dengan mengunjungi Gudauri Ski Resort. Kemudian lanjutkan perjalanan Anda ke ibukota Georgia, Tbilisi. Sementara bagi penggemar wisata alam, pastikan Anda tidak melewatkan kunjungan ke Tusheti National Park. Di sini, pelancong bisa melakukan kegiatan berkemah di padang rumput, hiking menelusuri hutan yang masih asri, kemudian menelusuri desa-desa kecil dengan pemandangan pegunungan dan lembah yang indah nan mempesona.

 

Selain Tusheti National Park, pelancong juga bisa memuaskan wisata alamnya ke kawasan lain, karena sesungguhnya masih banyak destinasi lain yang menawarkan keindahan alam yang mempesona. Antara lain, Borjomi, Danau Ritsa, Stepantsminda, serta Ushguli. Nah, bagi Anda penggemar wisata sejarah, terdapat beberapa destinasi menarik yang wajib dikunjungi, antara lain, Vardzia, Mestia, Mtskheta, Telavi dan Aleverdi di Monastery, Zugdidi, serta Batumi City.         

 

Afrika Selatan

 

 

Adanya perayaan Nelson Mandela Centenary 2018: Be the Legacy yang dihelat tahun ini, menjadikan Afrika Selatan masuk dalam salah satu destinasi terbaik 2018. Tak hanya itu, karena sesungguhnya negara yang terkenal dengan Padang Savana ini, juga memiliki beragam destinasi wisata yang bisa dikunjungi, terutama bagi pelancong yang suka wisata pantai dan pegunungan.

 

Kunjungilah Pantai Durban yang terletak di kawasan Kwazulu. Di sinilah surganya para peselancar untuk menaklukan ombak. Setelah itu, Anda bisa melanjutkan perjalanan wisata alam lainnya yang dimulai dari Table Mountain di Cape Town. Jangan lewatkan Garden Route yang membentang dari Heidelberg hingga Sungai Storms dengan panjang mencapai 220 kilometer. Menyaksikan langsung kehidupan alam Afrika Selatan di Taman Nasional Kruger juga menjadi salah satu destinasi utama jika berkunjung ke Afrika Selatan.

 

Tempat lainnya yang juga tak kalah menarik untuk dikunjungi, antara lain, pulau kecil Robben Island yang terletak di seberang Table Mountain, kota Soweto dan desa budaya Lesedi di Johannesburg sebagai gambaran dari kehidupan dan budaya asli masyarakat Afrika Selatan, serta Sun City Resort yang berada di daerah Rustenburg menawarkan aktivitas alam menarik seperti parasailing dan golf.

 

Mauritius

 

 

Kepulauan Mauritius juga bisa menjadi salah satu daftar destinasi yang bisa dikunjungi selama tahun 2018, meski bagi sebagian orang, nama Kepulauan ini mungkin masih terdengar asing. Namun jangan salah, sebagai negara kepulauan yang terletak di barat daya Samudera Hindia, Mauritius menyimpan beragam potensi wisata yang sungguh memikat hati. Apalagi, negara kepulauan yang berjarak sekitar 900 kilometer dari Pulau Madagaskar ini, memiliki dua situs warisan dunia yang telah diakui PBB sejak 24 April 1968, yakni Aapravasi Ghat dan Le Morne Cultural Landscape.

 

Keindahan pantai berwarna biru safir yang telah dilengkapi resort mewah di sekelilingnya menjadikan Mauritius sebagai destinasi terbaik untuk berlibur. Di sini tentu Anda bisa melakukan banyak hal menyenangkan, antara lain kitesurfing yang menjadi aktivitas favorit para pengunjung. Terdapat sejumlah pantai yang bisa Anda kunjungi selama berada di Mauritius, antara lain, Pereybere, La Morne,Flic en Flac, Grand Bay, Tamarin, Belle Mare, danBlue Bay.

 

Selain wisata pantai, jangan lewatkan kunjungan Anda ke Taman Nasional Black Gorges. Di sini, Anda akan menemukan beragam spesies yang terancam punah, seperti burung parkit, monyet, dan rusa, serta menikmati rindangnya ribuan pohon konifer dan cemara yang menghiasi kawasan taman. Di samping itu, tak lengkap rasanya jika tidak mengunjungi Ibukota Mauritius, Port Louis. Tertarik mengunjungi Mauritius? Rencanakan perjalanan Anda berkisar pada bulan Juli sampai September 2018. Inilah waktu terbaik untuk mengunjungi Mauritius.  

 

Djibouti

 

 

Djibouti, negara kecil di Afrika Timur, ini, digadang-gadang sebagai Dubainya Afrika. Berada persis di lengkungan Teluk Aden, Djibouti menawarkan wisata bahari dengan pantai berpasir putih yang elok dan menawan. Selain itu, Djibouti juga memiliki keindahan alam berupa lempeng tektonik divergen, yakni gurun dan danau cekung yang berkilauan bak mutiara.  

 

Pulau Moucha menjadi salah satu destinasi wajib dikunjungi jika Anda berkunjung ke Djibouti. Pulau kecil dengan penghuni hanya sekitar 20 orang ini, memiliki keindahan pantai berpasir putih yang kaya akan terumbu karang. Jangan lewatkan agenda snorkeling dan menyelam di pulau ini. Pastinya akan menjadi pengalaman tersendiri yang sungguh berkesan.  Selain Pulau Moucha, kegiatan menyelam pun bisa Anda lakukan di Selat Bab El Mandeb. Di sini, tak hanya keindahan terumbu karang yang dapat membuat para diver berdecak kagum. Lebih dari itu, sekitar 6000-an bangkai kapal penuh misteri akan membuat Anda semakin bergairah. Anda pun akan terkesan dengan pemandangan matahari terbit di tepi danau berpenghuni Flamingo, serta keindahan sebuah gurun eksotik, Ali Sabeh.

 

Selain wisata alam yang mempesona, Djibouti juga dikenal dengan central market dan Istana Presiden yang menjadi destinasi menarik di kota. Apalagi bangunan-bangunannya dirancang dengan ciri khas tersendiri bergaya kolonial, semakin mempercantik foto liburan Anda. 

 

Korea Selatan

 

 

Tak berlebihan menjadikan Korea Selatan sebagai salah satu destinasi menarik pada 2018 ini. Selain karena virus K-Pop dan film drama Korea yang meramaikan dunia hiburan tanah air, sehingga menjadikannya sebagai tujuan wisata favorit para pelancong, terutama wisatawan dari Indonesia, negeri ginseng ini, juga akan menjadi tuan rumah olimpiade musim dingin pada 2018. Dengan begitu, tentu Korea Selatan hadir lebih menarik dengan berbagai infrastruktur baru yang telah dibangun sebagai penunjang wisata.  

 

Tak hanya itu, berkunjung ke Korea Selatan, pelancong dapat menyusuri beragam tempat wisata menarik, mulai dari wisata budaya, kuliner, wisata reliji, wisata sejarah hingga wisata belanja. Ingin memuaskan hasrat belanja, singgahlah ke pusat perbelanjaan di kota Seoul, Myeong – Dong. Deretan department store dan outlet-outlet barang branded terkemuka tersedia di sini.

 

Atau kunjungi kawasan perbelanjaan Dongdaemun Shopping yang dikenal sebagai pusat desain internasional, Insa-dong yang terletak di jantung kota Seoul sebagai pusatnya barang-barang tradisional dan antik, pasar tradisional Gwangjang Market, hingga Incheon Chinatown.Lotte World yang terletak di jantung kota, juga menjadi tempat hiburan yang lengkap. Tersedia taman hiburan, arena ice skating, danau, museum rakyat, dan masih banyak lagi tujuan wisata yang bisa Anda kunjungi.

 

Di samping itu, masih banyak wisata-wisata menarik lainnya yang bisa dikunjungi selama melancong ke Korea Selatan. Seperti, Buhkansan National Park di Seoul. Di taman nasional seluas kurang lebih 80.699 km ini, terdapat berbagai tempat menarik yang bisa dikunjungi, antara lain, benteng Bukhansanseong Fortress. Konon, benteng ini dulunya berfungsi sebagai istana darurat di pegunungan. Jangan lewatkan wisata rumah tradisional di Bukchon Hanok Village, atau kunjungi istana Gyeongbokgung Palace, Changdeokgung PalacedanChanggyeonggung Palace.

 

Selain wisata-wisata tersebut, sesungguhnya masih banyak tempat wisata yang dapat dijelajahi selama berada di Korea Selatan. Berkunjunglah ke Hongdae, Anda akan menemukan suasana berbeda di kawasan anak muda mengekspresikan diri ini. Kemudian kunjungi Namsan Seoul Tower sebagai tempat wisata tower pertama di Korea, Songdo Central Park sebuah taman cantik di tepi pantai, Everland Resort yang akan menghibur Anda sepanjang tahun dengan beragam festival dan taman hiburan, serta The Garden of Morning Calm, yakni taman seluas 30.000 meter sebagai tempat bersantai bersama keluarga tercinta.

 

China

 

 

Tak dapat dipungkiri pesona China mampu menarik wisatawan. Posisinya yang tak jauh dari Indonesia, masih berada dalam kawasan benua Asia memudahkan Anda berkunjung ke negeri tirai bambu ini. Meski sudah banyak pesona wisata di China, namun China terus mengeksplorasi potensi wisata yang dimilikinya, salah satunya adalah jembatan kaca terpanjang dan tertinggi di dunia. Ya, China memang memiliki beragam destinasi wisata yang bisa dikunjungi, mulai dari kuil-kuil di hutan hujan tropis yang sejuk, hamparan sawah yang spektakuler, air terjun dan gunung suci serta pemandangan alam lainnya.   

 

Berwisata ke China, tentu pelancong tak ingin ketinggalan menyaksikan langsung tembok besar china yang menjadi ikonnya selama ini, serta berkunjung ke kota terlarang di Beijing. Selain itu, masih banyak wisata menarik lainnya yang bisa dikunjungi selama berada di China, antara lain, wisata sejarah di Istana musim dingin Dalai Lama, Potala Palace yang berada di Lhasa, atau menelisik sejarah Kaisar pertama di China, Qin Shi Huang di Terracota Army yang dinobatkan sebagai warisan budaya dunia. Pelancong juga bisa menikmati keindahan dari simbol arsitektur ternama, The Bund di Shanghai. 

 

Sementara untuk wisata alam, jangan lewatkan kunjungan Anda ke salah satu taman bersejarah di dunia, Suzhou Gardens, serta sebuah sawah yang masuk dalam daftar UNESCO World Heritage Site, Honghe Hani Rice Terraces. Di samping itu, pelancong juga bisa mengunjungi Gunung Huang untuk menyaksikan langsung pemandangan indah berupa matahari terbenam, puncak granit hingga pemandangan dari atas awan. Nah, ke negeri china belum lengkap rasanya jika tidak melihat panda. Untuk itu kunjungilah Giant Panda di Chengdu.    

 

 

 


Add to Flipboard Magazine.

Tulis Komentar:


Anda harus login sebagai member untuk bisa memberikan komentar.

       

 

   

Popular

   

Photo Gallery

   

Visitor


Jumlah Member Saat ini: 2250