Search:
Email:     Password:        
 





Manfaat Saripati Ayam

By Iqbal Ramdani () - 05 July 2018 | telah dibaca 61 kali

Naskah: Iqbal R./berbagai sumber Foto: Istimewa

Apakah Anda sering menguap di siang hari? Atau merasa tubuh tidak fit setelah bangun tidur? Nah, bisa jadi Anda mengalami kelelahan yang cukup akut. Ada perbedaan dari sekadar merasa capek sehabis bekerja atau olahraga dibanding rasa lelah yang kita alami sepanjang hari.

 

Memang sih, tuntutan pekerjaan kerap membuat rasa lelah jadi hal yang terkadang tidak bisa kita hindari. Misalnya, kita harus bangun lebih pagi karena harus menghadapi macet, meeting di luar kantor, hingga harus lembur. Kelelahan tidak cukup hanya diatasi dengan tidur dan beristirahat saja. Anda dan keluarga membutuhkan suplemen makanan tambahan untuk mengembalikan stamina tubuh, seperti minum ayam yang kaya akan protein, anserine, dan carnosine. Kandungan yang ada di dalam saripati ayam ini dapat membantu meningkatkan daya tahan tubuh dan mempercepat metabolisme sehingga tubuh tidak mudah lelah. Pada sebuah penelitian yang dilansir oleh National Center for Biotechnology Information, mengonsumsi saripati ayam secara rutin setiap hari bisa membantu memulihkan kelelahan dengan cepat sehingga badan terasa fit dan fresh. Penelitian ini dilakukan pada 20 orang pegawai laki-laki yang setiap harinya menghabiskan banyak waktu di depan komputer. Setelah 4 minggu mengonsumsi saripati ayam, mereka yang awalnya mudah lelah kini bisa jauh lebih bertenaga lagi.

 

Penggunaan saripati ayam sudah digunakan sejak dulu. Dengan mengkonsumsi saripati ayam, otak Anda dapat lebih encer, daya pikir lebih cepat serta meningkatkan daya ingat. Azhar Md. Zain & Syed Mohsin Syed Sahil Jamalulail dari Universiti Putra Malaysia pernah meneliti saripati ayam, dan dari hasil penelitiannya terbukti bahwa saripati ayam dapat berpengaruh positif terhadap stres. Semua manfaat itu dipicu karena kandungan asam amino alami dan carnosine dari saripati ayam. Dan asam amino terbaik terletak pada ayam dibandingkan dari sumber lain. Sementara carnosine mempunyai sifat meningkatkan kekebalan tubuh, mengurangi, dan mencegah kerusakan sel yang disebabkan oleh amiloid beta, senyawa ini ditemukan pada otak pasien penyakit Alzheimer. Selain itu saripati ayam juga memiliki sumber protein yang baik sehingga mudah dicerna dan diserap tubuh. Bahkan dalam mengonsumsi saripati ayam tidak ada patokan umur. Jadi, saripati ayam dapat dikonsumsi oleh siapa saja, baik anak-anak maupun orang dewasa. Saripati ayam juga tidak menimbulkan ketergantungan atau efek samping. Mengonsumsi saripati ayam sebaiknya dilakukan pada pagi hari karena jika dikonsumsi pada malam hari justru akan membuat Anda sulit tidur akibat peningkatan rangsangan pada saraf-saraf di otak.

 

Dibalik salah satu manfaatnya yang bisa memulihkan stamina, saripati ayam juga memiliki khasiat lain yang akan sangat membantu, khususnya untuk mengurangi tingkat gula darah yang tinggi hal ini sudah dibuktikan dengan penelitaian terhadap tikus dan bahwa formulasi dari suplemen ini yang mengandung L-Karmosin sebagai kandungan penting yang bisa mengatur manfaat tingkat gula darah dengan meningkatkan insulin plasma dan mengurangi glukagona. Selain manfaat-manfaat di atas saripati ayam juga terbukti dapat meningkatkan mood Anda jadi lebih positif. Dalam sebuah jurnal yang dipublikasikan tahun 2015 oleh National Center for Biotechnology Information, konsumsi saripati ayam secara rutin akan membuatmu tidak gampang cemas, tidak gampang stres, dan memiliki pikiran yang lebih jernih. Kadar stres dalam tubuh kita sangat dipengaruhi oleh salah satu hormon bernama hormon kortisol. Tubuh akan memproduksi hormon ini lebih banyak jika Anda dilanda stres, baik secara fisik maupun secara psikologis. Dengan mengonsumsi saripati ayam secara rutin, kandungan bio amino peptida protein di dalamnya dapat menormalisasi hormon yang sedang melonjak tersebut,sehingga kadar hormon kortisol dalam tubuh tetap terkontrol dan mood tetap terjaga. 

 

Ramuan ini konon berasal dari dapur King George IV dari Inggris, para juru masak akan memasak saripati ayam untuk meningkatkan kesehatan raja. Konsumsi ramuan ini bisa meningkatkan metabolisme, meredakan kelelahan, dan membantu penyembuhan. Walau berasal dari daging ayam, cairan ini dideskripsikan berbeda dengan sup ayam ataupun kaldu ayam. Pembuatan secara manual bisa dilakukan dengan menggunakan panci, mangkuk kecil, mangkuk besar, dan ayam utuh yang sudah dipotong- potong. Mangkuk kecil ditaruh di dalam mangkuk besar dengan keadaan terbalik. Potongan ayam ditaruh di sekeliling mangkuk kecil, mangkuk besar ditutup dengan piring. Kemudian dimasukan ke dalam panci untuk merebus. Air dituangkan hingga setengah tinggi mangkuk. Selanjutnya direbus selama tiga jam. Ayam ditiriskan dan disaring sehingga lemak keruh di atas saripati ayam yang menetes ke dasar mangkuk besar. Saripati ayam tidak mempunyai citarasa ayam yang kuat, rasanya cenderung hambar dan sedikit pahit. Tapi, penampilannya yang bening kekuningan banyak produsen saripati ayam menyatakan nutrisinya tiga kali lebih besar dibanding kaldu ayam. Itulah alasan mengapa saripati ayam kini menjadi suplemen kekinian yang banyak diminati oleh banyak keluarga modern.


Add to Flipboard Magazine.

Tulis Komentar:


Anda harus login sebagai member untuk bisa memberikan komentar.

   

 

Popular

 

Photo Gallery

Visitor


Jumlah Member Saat ini: 2250