GIIAS 2017 'Rise of the Future Mobility'

Oleh: Syulianita (Editor) - 29 September 2017 | telah dibaca 1821 kali

Naskah : Suci Yulianita/Iqbal Ramdhani, Foto : Sutanto/Rizki

 

 

 

Gaikindo Indonesia International Motor Show (GIIAS) 2017 merupakan pameran GAIKINDO ke-25 yang diselenggarakan secara rutin dan berkelanjutan sejak tahun 1986. Tahun ini pameran GIIAS 2017 berlangsung mulai tanggal 10 hingga 20 Agustus 2017 bertempat di Indonesia Convention Exhibition (ICE) BSD, Serpong. Mengusung tema “Rise of the Future Mobility”, GIIAS 2017 menghadirkan beragam produk kendaraan terbaru serta teknologi terkini dari industri otomotif dunia. Selain itu, ajang pameran world class auto show series ini juga diramaikan oleh beragam acara menarik lainnya yang bisa dinikmati pengunjung, mulai dari konser musik para artis papan atas, acara sosial, hingga berbagai macam acara lomba dan kontes modifikasi. Belum lagi beragam promo menarik yang ditawarkan selama pameran berlangsung.

 

Dalam kata sambutannya saat upacara peresmian GIIAS 2017 yang digelar pada 10 Agustus 2017 lalu, Menteri Perindustrian RI, Airlangga Hartarto menyampaikan harapannya untuk kemajuan industri otomotif Indonesia sehingga dapat disandingkan secara setara dengan industri otomotif global. Ia juga mengungkapkan bahwa industri otomotif meningkat di paruh kedua ini, “hal ini membuktikan bahwa daya beli masyarakat masih bertenaga. Kemudian dana pihak ketiga di perbankan masih besar dan industri masih bertumbuh dan ekonomi kita juga masih terjaga di level 5%. Maka artinya ekonomi Indonesia masih kuat dan ini akan membawa optimisme kepada kita semua,” ujarnya.

 

Sementara itu, Ketua Umum GAIKINDO, Yohanes Nangoi, menyampaikan tujuan GAIKINDO, agar GIIAS 2017 dapat menjadi sebuah ajang yang membangun dan membesarkan industri otomotif Indonesia menuju masa depan. “Kami berharap kontribusi GAIKINDO melalui gelaran GIIAS 2017 dapat turut mengembangkan industri otomotif Indonesia sebagai salah satu industri yang memiliki peran signifikan terhadap roda ekonomi Indonesia. Sekaligus melanjutkan semangat dan gerak langkah GAIKINDO dalam membangun dan mengembangkan industri otomotif Indonesia,” ungkap Nangoi.

 

Pada saat bersamaan, digelar juga the 12th GAIKINDO International Automotive Conference (GIAC) yang dibuka oleh Wakil Presiden Jusuf Kalla pada tanggal 11 Agustus 2017. GIAC mengangkat tema yang selaras dengan tema pameran GIIAS 2017 yakni “Rise of The Future Mobility”. Melalui tema ini, GIAC berusaha untuk mengeksplorasi faktor-faktor kunci keberhasilan lebih lanjut untuk Industri mobil Indonesia untuk mengejar perkembangan industri otomotif Global.

 

 

Wakil Presiden Republik Indonesia, Jusuf Kalla memaparkan pentingnya perkembangan industri otomotif Indonesia karena sektor tersebut mempunyai multiply effect terhadap industri dan sektor lainnya, “Industri kendaraan sangat menentukan karena akan memberikan dampak langsung dan berkelanjutan terhadap industri lainnya, sehingga apabila industri mobil di Indonesia terus berkembang maka akan ada sekian ratus ribu industri lainnya yang ikut berkembang. Selain itu akan ada lebih banyak kesempatan lapangan kerja bagi jutaan orang,” terangnya.

 

Menempati total lahan seluas 96.577 meter, GIIAS 2017 memanjakan pengunjung dengan berbagai fasilitas yang tersedia selama pameran, seperti kemudahan akses transportasi dari dan menuju lokasi pameran, area parkir, fasilitas valet dan parkir VIP di Hall 10 serta lounge area untuk bersantai dan beristirahat. Pameran ini juga menyediakan fasilitas peminjaman baby stroller dan kursi roda gratis, area bermain anak-anak serta fasilitas restoran seperti Food Spot dan Food Truck.

 

Selain lahan parkir yang sudah disiapkan di area ICE, Seven Event selaku panitia penyelenggara juga menyediakan kantung-kantung parkir di pusat perbelanjaan seputaran tempat pameran. Shuttle bus disiapkan di area kantung parkir seperti di AEON Mall, QBig, The Breeze serta Bintaro Xchange untuk mengangkut pengunjung ke lokasi pameran.

 

Untuk meramaikan pameran ini, pengunjung juga bisa menyaksikan berbagai acara menarik lainnya, seperti adanya pertunjukan musik dari penyanyi dan grup band papan atas, seperti, grup musik legendaris GOD BLESS, grup musik masa kini NIDJI serta youtuber kondang saat ini NianaRanz.Tidak hanya sajian yang ditampilkan oleh booth mobil penumpang, Hall mobil komersial pun menampilkan artis dan grup band terkenal seperti Naif dan Iwan Fals untuk tampil di booth mereka.

 

Selain konser musik yang mampu menarik perhatian pengunjung, kegiatan lainnya yang meramaikan gelaran ini, adalah Test Drive & Test Ride, acara sosial donor darah hingga Students Day yang kembali diselenggarakan pada gelaran GIIAS 2017 ini. Kemudian ada juga beberapa kegiatan baru yang turut serta dalam pameran ini, salah satunya adalah Mini 4WD Indonesia Competition yang telah berlangsung sejak awal pameran.

 

Bersamaan dengan ulang tahun Republik Indonesia ke-72 tahun yang jatuh pada tanggal 17 Agustus 2017, GIIAS 2017 juga turut meramaikan perayaan hari kemerdekaan tersebut dengan menggelar serangkaian lomba bertajuk “Seru-seruan 17-an” yang dapat diikuti oleh pengunjung dan peserta pameran. Kegiatan tersebut antara lain SETRUK (Semangat Tarik Truk), SENSIBIL yaitu peserta berlomba menyentuh mobil dengan durasi waktu yang paling lama, Motobola dimana peserta harus mencapai garis finish dengan mengendarai balap motor yang dipasangi sendok  dan diatasnya diberikan bola, dan PITSTOP CHALLENGE yaitu lomba mencopot dan memasang kembali Roda mobil dengan durasi waktu yang paling cepat.

 

 

Sama seperti tahun lalu, tahun ini GIIAS juga menggelar kontes modifikasi mobil yang diramaikan oleh tiga kontes, yakni kontes modifikasi, Garuda Mod Fest dan JF Luxury Car Meet Up serta kontes audio dari EMAA. Kontes modifikasi ini disambut antusias dan diikuti oleh 150 peserta untuk kategori modifikasi mobil dan 60 peserta dari kategori audio mobil. Sejumlah komunitas mobil turut serta meramaikan ajang ini, salah satunya adalah Komunitas Autofahren. Selain itu, ajang pemilihan yang tak pernah absen dan selalu ditunggu-tunggu peserta GIIAS adalah pemilihan Miss Auto Show 2017. Kontes kecantikan ini bertujuan untuk menemukan SPG terbaik dari peserta pameran yang dinilai berdasarkan tiga karakter utama yaitu brain, beauty dan behavior.

 

GIIAS 2017 tak hanya menampilkan kendaraan-kendaraan saja, baik kendaraan penumpang, kendaraan komersial, maupun kendaraan roda dua. Namun untuk melengkapi industri otomotif, pameran ini juga menghadirkan brand aksesoris yang turut memperkenalkan merek beserta produk-produknya, antara lain, sejumlah merek ban, audio, hingga kaca film.

 

V-Kool, sebagai salah satu brand kaca film menyatakan rasa bangganya dapat secara konsisten berpartisipasi dan memamerkan ragam produk mereka pada gelaran GIIAS setiap tahunnya, “V-Kool mengikuti pameran ini agar bisa memberikan pelayanan terbaik bagi para konsumen dan partner V-Kool. Melalui pameran GIIAS kami berkomitmen untuk berbagi informasi sekaligus mengedukasi untuk menambah nilai dan meningkatkan pengetahuan masyarakat tentang manfaat dan penggunaan kaca film,” jelas Linda Widjaja, Vice President Director PT V-Kool Indo Lestari.

 

GIIAS 2017 berakhir pada 20 Agustus 2017. Pameran tersebut berhasil meraih total jumlah pengunjung sebanyak 400 ribu pengunjung (data per 19 Agustus 2017), dengan jumlah transaksi yang mencapai lebih dari 21 ribu unit kendaraan (data per 20 Agustus 2017). Pada hari penutupan, juga diundi Grand Prize tiket masuk berhadiah 1 unit Nissan Grand Livina yang dimenangkan oleh Aulia Hardianti, serta 1 unit Datsun GO+ yang dimenangkan oleh Masrul Septiawan.

 

“Kami bersyukur bahwa pencapaian GIIAS tahun ini mencatatkan peningkatan pengunjung yang signifikan hingga akhir penyelenggaraannya dan yang lebih membanggakan adalah fokus utama kami, pemerataan pengunjung di sepanjang penyelenggaraan GIIAS, baik weekdays maupun weekend, sehingga salah satu motto kami, Enjoy the show dapat tercapai,” pungkas Nangoi.