Search:
Email:     Password:        
 





Menjajal Olahraga Ironman

By Iqbal Ramdani () - 31 October 2018 | telah dibaca 38 kali

Naskah: Purnomo Foto: Istimewa

Siapa yang tahu triathlon? Ya, cabang olahraga atletik ini menggabungkan tiga jenis olahraga sekaligus. Triathlon berasal dari bahasa Yunani, yakni kata athlon yang artinya kontes. Olahraga ini menguji ketahanan fisik lantaran terdiri atas 3 macam cabang olahraga, yaitu renang, lari, dan sepeda.

 

Nah, setiap cabang olahraga yang digunakan dalam triathlon mempunyai jarak tempuh yang berbedabeda. Jadi, setiap atlet yang sedang mengikuti olahraga ini, harus menyelesaikan satu cabang olahraga dulu, baru melanjutkan ke cabang olahraga lainnya. Oleh karena itu, cabang olahraga ini membutuhkan fisik yang kuat. Strategi dalam mengatur tenaga juga diperlukan. Tujuannya supaya tenaga kita tetap terjaga selama perlombaan. Atlet yang berhasil menyelesaikan olahraga ini disebut Ironman. Triathlon diciptakan oleh Scott Tinley dan pertama kali dilombakan di Perancis sekitar tahun 1920-1930. Olahraga ini masuk ke dalam Olimpiade pada tahun 2002 di Sydney. Nah, beberapa waktu lalu, Quaker Oats mendukung acara Kids Triathlon 2017.

 

Perlombaan tersebut berlangsung di Klub Kelapa Gading, Jakarta. Kompetisi ini dibagi menjadi 2 kategori – anak dengan usia 5-7 tahun dengan runutan olahraga berenang sejauh 50 m, dilanjutkan dengan bersepeda 1,8 km, dan berlari dengan jarak 1 km. Sementara, anak-anak dengan usia 8-10, berenang sejauh 100 m, bersepeda 3 km, dan berlari 1,8 km. Baru-baru ini, triathlon juga dilombakan di Tanjung Lesung dengan tema Rhino x Triathlon 2018. Cabang olahraga tersebut diikuti lebih dari 200 peserta dengan MTB XC sekitar 114 peserta dari Indonesia dan Rhino X-Tri 89 peserta dari 7 negara; Amerika, Spanyol, Belanda, Perancis, Selandia Baru, dan Jepang. Rhino X-Triathlon digelar dalam 3 kategori, yaitu Eagle yang mempertandingkan nomor renang 1500 meter, balap sepeda 30 kilometer, dan lari 15 kilometer.

 

Sementara, kategori Rhino melombakan nomor renang 1000 meter, balap sepeda 20 kilometer, dan lari 10 kilometer, serta kategori Bull yang melombakan renang 500 meter, balap sepeda 10 kilometer, dan lari 5 kilometer. Dalam lomba ini, atlet nasional Muhammad Taufik dan Akhmad Jukardi bersama supermodel Kelly Tandiono pun bergabung dengan puluhan peserta lainnya, memulai nomor balap renang kategori Bull, Rhino, dan Eagle di Rhino Cross Triathlon 2018, kejuaraan terbuka triathlon lintas alam pertama di Indonesia. Selain berlatih rutin dalam mengikuti olahraga ini, makanmakanan bergizi yang mengandung karbohidrat, protein, vitamin, dan mineral juga penting supaya tubuh Anda tetap prima saat kompetisi berlangsung.

 

Untuk itu, olahraga yang sedang naik daun ini jangan dianggap olahraga sembarang. Setiap orang yang ingin terjun ke olahraga ini harus memiliki persiapan matang. Kalau Anda kurang latihan maka berisiko cidera. Bahkan, kurangnya latihan bisa berujung kematian karena ada bagian olahraga ini yang tergolong ekstrem, seperti berenang di laut pada jarak ratusan meter, bersepeda, dan berlari hingga puluhan kilometer. 

 

Ingin Menjajal Triathlon? Ini Tips-nya!


1. Cari lomba mini-triathlon sebelum mencoba ikut triathlon, lebih baik bila Anda mengikuti lomba serupa yang mirip, tapi lebih ringan. Mini-triathlon dijamin aman bagi para pemula. Medan yang digunakan untuk berlari dan bersepeda dipastikan bebas dari lalu lintas. Sementara, untuk berenang menggunakan kolam renang bukan laut.

 

2. Cari teman Setelah mendaftar lomba, maka tahap selanjutnya adalah masuk ke persiapan. Tentu persiapan yang paling baik adalah latihan yang rutin. Namun harus ingat, triathlon ini gabungan dari tiga jenis olahraga, tak semua orang menguasai ketiganya sekaligus. Dengan berteman atau pun gabung dengan orang memiliki spesialisasi tertentu, Anda bisa menyerap ilmunya dan bisa diterapkan untuk triathlon. Selain itu, melihat karakter orang Indonesia lebih suka bersama-sama. Sehingga, lebih mudah untuk mencapai satu tujuan atau target.

 

3. Latihan rutin bagi pemula, membutuhkan setidaknya waktu tiga bulan untuk mempersiapkan diri ikut lomba triathlon. Selama itu, latihan harus dilakukan secara rutin dan tidak boleh memaksakan tubuh. Tentu sebelum latihan kudu mengetahui lebih dulu target setiap hari. Saat berlatih, usahakan semakin mendekati jarak serta batas waktu di setiap jenis olahraga dalam triathlon. Contohnya, untuk kategori Sprint Distance, jarak renangnya sejauh 750 meter dengan batas waktu maksimal 30 menit, jarak bersepeda sejauh 40 kilometer dengan batas waktu maksimal 1 jam 30 menit, dan jarak berlari 5 kilometer maksimal 1 jam. Untuk meraihnya, Anda bisa fokus satu olahraga tersebut per hari. Ketika sudah mencapai, Anda bisa menggabungkan dua olahraga sekaligus. Setelah itu, Anda dapat menggabungkan latihan dengan tiga olahraga bila persiapan sudah matang. Dalam seminggu latihan cukup empat kali saja, yang latihan dua atau tiga olahraga boleh bareng di waktu weekend. Kalau weekday cukup satu per satu.

 

 

 


Read More    

Add to Flipboard Magazine.

Tulis Komentar:


Anda harus login sebagai member untuk bisa memberikan komentar.

       

 

   

Popular

 

Photo Gallery

     

Visitor


Jumlah Member Saat ini: 2250