Search:
Email:     Password:        
 





Tujuh Air Terjun Spektakuler di Sekujur Danau Toba

By Syulianita (Editor) - 22 October 2019 | telah dibaca 192 kali

Lepaskan anggapan bahwa di Danau Toba wisatawan hanya bisa menikmati keindahan danau semata. Karena, ada eksotisme lain di sekujur danau yang letaknya tepat di tengah-tengah Pulau Sumatera bagian utara ini. Sebutlah misalnya air-air terjun yang menjuntai indah luar biasa. Dengan keelokannya, air-air yang mengalir deras menghujam ke danau terbesar di Asia Tenggara ini, tentu saja mampu memanjakan mata dan hati ketika kita melakukan petualangan di danau kaldera yang terbentuk akibat meletusnya Gunung Toba di masa lampau.

 

Apa sajakah air terjun spektakuler yang berada di sekujur danau hasil letusan gunung purba ribuan tahun silam itu?

 

  •  Situmurun di Jonggi Ni Huta

Mari kita mulai dari daerah bernama Jonggi Ni Huta, Lumban Julu, Hatinggian, Kabupaten Toba Samosir, Sumatera Utara. Di daerah itu ada air terjun Situmurun yang lebih dikenal dengan nama Binangalom. Tempatnya persis di tepi Danau Toba, jadi untuk menuju lokasi kita bisa menyeberang dengan menggunakan kapal dari Pelabuhan Kota Parapat.

 

Dengan air yang jernih dan pemandangan alami di sekitarnya menjadi pelengkap untuk menikmati air yang menjuntai dan menghujam ke permukaan danau. Kecipak air dan suara khas alam hanya membuat wisatawan semakin sulit untuk melupakan salah satu keindahan ciptaan Yang Maha Kuasa ini.

 

  •  Efrata, Air Terjun yang Bersembunyi

Dari Hatinggian kita beranjak ke Sosor Dolok, Harian, yang letaknya masih di Kabupaten Toba Samosir. Sebuah lokasi dengan panorama yang benar-benar masih belum banyak tersentuh oleh perubahan modern alias masih cukup alami. Di daerah yang sering dibilang sebagai surga tersembunyi inilah ada air terjun Efrata. Daya tarik air terjun ini adalah karena letaknya yang tersembunyi dan super alami. Dan itulah wisatawan bisa mengeksplorasi keindahan air terjun setinggi 25-26 meter tersebut.

 

 
Keindahan Air Terjun Efrata di Sosor Dolok, Harian, Toba Samosir

 

  •  Air Terjun Lumban Rang, Asyik untuk Trekking dan Camping

Di Kabupaten Toba Samosir ini juga wisatawan sepertinya tak boleh melewatkan air terjun di kawasan Taman Eden yang letaknya di daerah Sionggang Utara, Lumban Julu. Inilah objek wisata andalan terbaik di sekitar kota Parapat. Betapa tidak, disitu ada air terjun bernama Lumban Rang yang unik karena bertingkat-tingkat. Tak hanya instragramable, tapi juga tempat yang super ideal untuk trekking dan camping sambil memetik stroberi dari kebunnya.

 

 

  •  Air Terjun Janji, Bernilai Epos Tinggi

Dari Kabupaten Toba Samosir, kita ke Kabupaten Humbang Hasundutan. Tepatnya di daerah Marbun Toruan, Bakti Raja. Disitu, ada Air Terjun “Janji” yang punya nilai epos di dalamnya. Ya, disebut Air Terjun Janji, karena konon disitulah tempat para raja mengikat janji atau sumpah sebelum berperang. Sehingga, kawasan tersebut disebut Air Terjun Janji. Di tempat itu, wisatawan tak hanya berasyik masyuk dengan pemandangan alam nan luar biasa indah, namun juga dapat menikmati khasanah wisata lainnya semisal kolam renang alami.

 

  •  Air Terjun Turunan Bolon, Curam Tapi Mengasyikkan

Kalau wisatawan ada di daerah Tomuan Holbung, Bandar Pasir Mandoge, Kabupaten Asahan, bisa saja menikmati keindahan lain seperti Air Terjun Turunan Bolon. Untuk menuju kesini, wisatawan benar-benar harus menghadapi “uji nyali” karena jalannya yang curam. Tapi begitu bisa melewatinya, kita akan disuguhi pemandangan yang begitu eksotis berupa tebing-tebing besar, pepohonan hijau dan juga aliran sungai nan jernih.

 


Air Terjun Sipiso-piso yang tersembunyi di balik bukit

 

  • Air Terjun Sipiso-piso, Tersembunyi di Balik Bukit

Di samping itu, para traveler juga akan terpesona oleh keindahan Air Terjun Sipiso-piso yang menakjubkan. Air terjun yang terletak di Desa Tongging, Kec. Merek, Kab. Karo, Sumatera Utara ini, letaknya tak jauh dari Gardu Panjang yang terletak di puncak bukit. Menikmati keindahan Tanah Karo dan keindahan Pulau Samosir dari Gardu Pandang akan menjadi pengalaman tak terlupakan. Untuk menuju Air Terjun Sipiso-piso melalui bukit, dibutuhkan waktu kurang lebih satu jam berjalan kaki. Namun, jangan khawatir lantaran ditemani pemandangan indah yang membentang sepanjang perjalanan.

 

  • Air Terjun Binanga Bolon, Mengalir Berdampingan

Selain Air Terjun Turunan Bolon, ada juga Air Terjun Binanga Bolon di Purba Pasir, Haranggaol Horison, Kabupaten Simalungun. Menurut warga setempat, nama “Binanga” yang artinya sungai dan “Bolon” yang artinya adalah besar adalah untuk menegaskan bahwa ini adalah air terjun dari sungai besar. Keunikannya, ada dua air terjun yang mengalir berdampingan dengan ciri khas masing-masing yakni ada yang bertingkat dengan debit deras tapi ada juga yang debitnya biasa saja. Semuanya menarik. Untuk itu, nikmati keindahan wisata Danau Toba lainnya di pesona.travel. (Sahrudi/Foto: Dok.OMG)

 


Read More    

Add to Flipboard Magazine.

Tulis Komentar:


Anda harus login sebagai member untuk bisa memberikan komentar.

     
                       

Popular

   

Photo Gallery

   
 

Visitor


Jumlah Member Saat ini: 2250