Search:
Email:     Password:        
 





Shirazi, Bogor pun Punya Kopi!

By Syulianita (Editor) - 06 November 2019 | telah dibaca 27 kali

Naskah: Suci Yulianita, Foto: Sutanto

 

Berkunjung ke Bogor, begitu banyak pilihan resto dan kafe untuk Anda menikmati hari di kota hujan ini. Satu di antaranya adalah Shirazi Coffee, bisa menjadi pilihan tempat bersantai sembari menyeruput kopi khas Shirazi dan menikmati Shisha dengan rasa khas yang menggoda. Belum lagi aneka kudapan lezat, mulai dari penganan ringan sebagai teman ngopi hingga makanan berat dengan rasa yang menggugah selera.

 

Terletak di Jalan Achmad Sobana No.1 Bantarjati Bogor, Shirazi hadir menemani warga Bogor dan sekitarnya sejak dua tahun lalu. Berawal dari sebuah kafe kontainer kecil, kemudian berkembang menjadi sebuah kafe besar berkapasitas hingga 160 dengan desain interior simpel dan hangat plus sangat nyaman tentunya. Adalah sang owner, Razi Bawazier dan partner-nya, Heera SKV yang berkolaborasi menyatukan konsep tersebut.  Ambience yang sangat nyaman begitu terasa kala kaki pertama melangkah memasuki kafe ini.

 

Ruangan yang besar, terpisahkan oleh kaca di antara smoking room dan non smoking room. Terlihat beberapa rombongan yang sangat nyaman sedang berbincang-bincang sembari menikmati hidangan, ada yang memang datang bersama kerabat, bahkan ada yang baru berjumpa relasi di tempat ini. Belum lagi keramahan para kru hingga sang owner yang menyapa setiap tamu yang datang dengan ramah.

 

“Setiap customer di sini kita perlakukan seperti teman sendiri. Selain itu, di sini juga kita mencoba membentuk relasi, saling mengenalkan satu sama lain. Siapa tahu ada yang saling membutuhkan untuk kepentingan bisnis dan relasi. Jadi, di sini itu tidak sekadar nongkrong, tapi ada manfaatnya, membentuk relasi baru,” ujar Razie Bawazier. Shirazi menawarkan konsep berbeda dengan coffee shop lainnya.

 

Selain menawarkan aneka kopi yang nikmat, Shirazi juga menawarkan aneka hidangan yang lengkap, mulai dari penganan ringan, seperti Quesadilla dan Fish and Chips, tersedia pula aneka hidangan main menu yang bisa Anda nikmati kala perut terasa lapar. Tenderloin atau Sirloin Steak, Spicy Chicken Butter, dan Nasi Goreng khas Shirazi bisa menjadi rekomendasi. 

 

Sementara bagi para pecinta kopi, di sinilah tempat terbaik di kota Bogor untuk menyesap kopi kesayangan. Tersedia aneka jenis kopi dengan rasa yang menggoda. Kopi yang disajikan merupakan kopi terbaik dari Kota Bogor dan Papua Wamena.

 

“Kita ingin mengedukasi masyarakat bahwa Bogor kini memproduksi biji kopi berkualitas, dan kita mixed dari Papua karena Papua merupakan kopi legend dari Indonesia. Kita memiliki kurang lebih 20 macam kopi. Dan, yang menjadi kopi khas dari Shirazi adalah ‘Kopi si Dia’ yang juga disajikan dalam kemasan botol. Kopi ini kita bentuk sendiri ingredients-nya, dan tidak bisa didapatkan di Coffee Shop lain. Kopi ini terinspirasi dari seorang wanita karena memperlakukan kopi itu sebetulnya hampir sama dengan memperlakukan wanita, kita harus hati-hati, harus lebih perhatian. Itu kenapa kita pakai nama Kopi si dia,” terang anak muda yang akrab disapa Aji ini.

 

Untuk Shisha, Aji menjamin rasa Shisha yang ada di Shirazi otentik seperti rasa Shisha di Timur Tengah. Tak tanggung-tanggung, ia bahkan membawa langsung relasi dari Saudi untuk meracik Shisha di Shirazi.

 

Razi Bawazier, Pecinta Kopi Sejak Kecil

 

Memulai dan mengembangkan bisnis Coffee Shop di usianya yang masih muda bukanlah tanpa alasan. Aji telah banyak makan asam garam di dunia kopi. Kariernya dimulai kala ia merantau di negeri Kanguru beberapa tahun silam, Aji pernah bekerja di bagian roasting coffee di salah satu Coffee Shop di Melbourne. Kemudian, menjadi barista pun dilakoninya. Selain itu, Aji mengaku ia sejatinya menyukai kopi sejak kecil. Ia terbiasa mencium aroma wangi kopi dari secangkir kopi hangat sang bunda di pagi hari, “Dari saya SD mama suka ngopi di rumah, saya suka seruput sedikit kopi mama sebelum berangkat sekolah,” Aji tersenyum mengenang masa-masa itu.

 

Kemudian, saat beranjak dewasa tepatnya saat duduk di bangku SMA, Aji dan kawankawannya senang sekali menghabiskan waktu bersama di Coffee Shop. “Dari situ saya sudah mulai mendalami apa sih perbedaan dari masing-masing jenis biji kopi, perbedaan rasanya seperti apa. Jadi, sudah belajar ke arah speciality kopi dan tertarik dengan espresso, nyobain espresso yang robusta, arabica, yang khas Sumatera, Papua, Jawa. Itu kan masing-masing karakter rasanya berbeda,” ungkap Aji. 


Read More    

Add to Flipboard Magazine.

Tulis Komentar:


Anda harus login sebagai member untuk bisa memberikan komentar.

     
                       

Popular

   

Photo Gallery

   
 

Visitor


Jumlah Member Saat ini: 2250