Search:
Email:     Password:        
 





Tips Mencuci Tangan Agar Virus Tidak Datang

By Syulianita (Editor) - 10 March 2020 | telah dibaca 312 kali

Naskah: Purnomo, Foto: Sutanto

 

Menghadapi virus Corona yang sekarang sedang merebak  tentu bukan persoalan mudah. Harus dengan tindakan  yang super hati-hati, sebab virus ini penyebarannya sangat massif dan cepat. Untuk itu penting mengikuti saran dari World Health Organization (WHO) agar menjaga kesehatan dan mengantisipasi virus dengan sejumlah langkah yang harus dilakukan, antara lain rajin mencuci tangan.

 

Konsultan Penyakit Tropik Infeksi FKUI – RSCM Dr Aditya Susilo mengatakan, sebenarnya desinfektan sabun secara umum yang komersial itu sudah cukup untuk membersihkan tangan, asalkan dilakukan dengan teknik yang betul. “Biasanya mencuci tangan dengan air yang mengalir dan sabun untuk cuci tangan, hanya dibutuhkan dengan waktu 20-30 detik,” ujar Aditya. 

 

Namun, sering kali sulit mendapatkan air bersih dan mengalir serta sabun kalau sedang berada di jalan. Untuk itu, cuci tangan dengan penggunaan antiseptik (handrub) yang benar juga disarankan oleh WHO. “Ini juga bisa diganti dengan handrub. Di mana handrub ini saya kira banyak dan sudah berisi kandungankandungan, seperti alkohol dan yang lainnya yang sudah dinyatakan tepat untuk antiseptik saya kira kalau kita tidak punya air mengalir dan sabun, kita bisa gantikan dengan handrub,” ungkapnya.

 

Handrub tersedia sebagai cairan, gel, dan busa. Versi berbasis alkohol biasanya mengandung beberapa kombinasi isopropil alkohol, etanol (etil alkohol), atau n-propanol . Versi yang mengandung alkohol 60 hingga 95% paling efektif. Harus diperhatikan karena mudah terbakar.

 

Pembersih tangan berbasis alkohol ini bekerja melawan berbagai mikroorganisme tetapi tidak untuk spora. Beberapa versi mengandung senyawa seperti gliserol untuk mencegah pengeringan kulit. Versi non-alkohol dapat mengandung benzalkonium klorida atau triclosan.

 

Namun membersihkan tangan dengan handrub cairan berbasis alkohol, dilakukan bila tangan tidak tampak kotor. Kebersihan tangan penting dilakukan untuk mengurangi HAIs (Healthcare Assosiated Infections) karena transmisi kuman pathogen berasal dari tangan petugas, di antara pasien, pasien yang sama, dan dari pasien ke petugas, serta dari lingkungan.

 

Lalu, bagaimana membersihan tangan yang tepat dan benar bila menggunakan sabun pembersih ?

  • Lakukan pembersihan tangan dengan sabun dan air yang mengalir apabila tangan tampak kotor dengan waktu 20 – 30 detik
  • Basahi tangan dengan air, lalu tuangkan sabun cair 3- 5 cc. Dalam membersihkan tangan, lakukan dengan baik dan benar.
  • Gosok kedua telapak tangan hingga merata caranya, gosok punggung dan sela-sela jari tangan kiri dengan tangan kanan dan sebaliknya. Gosok kedua telapak tangan dan sela-sela jari dengan posisi kedua tangan saling mengunci tautkan dan saling digosokkan.
  • Gosok ibu jari kiri berputar kearah bawah dalam genggaman tangan kanan dan sebaliknya.
  • Gosokkan ujung ujung jari-jari tangan kanan di telapak tangan kiri dengan gerakan memutar dan sebaliknya.
  • Lalu bilas tangan dengan air bersih, dan kemudian dikeringkan tangan dengan menggunakan kertas/ tissue sekali pakai. Gunakan handuk kertas tersebut untuk memutar kran sewaktu mematikan air.

 

Lalu, bagaimana bila kita membersihkan tangan yang benar dengan menggunakan handrub antiseptik?

  • Tuangkan cairan handrub 3 – 5 cc berbasis alkohol ke dalam tangan lakukan 6 langkah gerakan mencuci tangan.
  • Gosok kedua telapak tangan hingga merata, lalu gosok punggung dan sela-sela jari tangan kiri dengan tangan kanan dan sebaliknya.
  • Gosok kedua telapak tangan dan sela-sela jari. Kemudian, jari-jari sisi dalam dari kedua tangan saling mengunci tautkan dan saling digosokkan.
  • Gosok ibu jari kiri berputar kearah bawah dalam genggaman tangan kanan dan sebaliknya.
  • Gosokkan ujung ujung jari-jari tangan kanan di telapak tangan kiri dengan gerakan memutar dan sebaliknya.
  • Setiap gerakan dilakukan sebanyak empat kali. Lamanya seluruh prosedur selama 20-30 detik. Setelah melakukan handrub 3 kali atau bila tangan sudah tidak nyaman, lakukan cuci tangan dengan air mengalir.

Read More    

Add to Flipboard Magazine.

Tulis Komentar:


Anda harus login sebagai member untuk bisa memberikan komentar.

     

Popular

   

Photo Gallery

Visitor


Jumlah Member Saat ini: 2250