ANGKOSO B. SOEKADARI - Membawa Transformasi Ra Hospitality

Oleh: Syulianita (Editor) - 12 March 2020 | telah dibaca 475 kali

Naskah: Suci Yulianita Foto: Sutanto

Dunia perhotelan tidak pernah bisa dilepaskan dari diri Angkoso B. Soekadari. Lebih dari 30 tahun ia telah berpengalaman di industri hospitality. Mengawali karier sebagai Management Trainee di sebuah hotel di Pakistan (Karachi), kariernya terus berkembang hingga ke empat benua. Beberapa negara yang pernah ia jelajahi, yaitu Pakistan, Saudi Arabia, Amerika, Filipina, hingga akhirnya ia memutuskan kembali ke Indonesia dengan tujuan ingin berkontribusi pada Tanah Air tercinta. Pada Agustus 2018 lalu, Angkoso diberi amanah memimpin Ra Hospitality yang kemudian semakin berkembang besar di bawah komandonya.

 

 

Sejak dinahkodai Angkoso yang menjabat sebagai Chief Operating Officer Ra Hospitality, salah satu unit hotelnya Ra Premiere Simatupang semakin dikenal masyarakat. “Dua tahun lalu hotel kita Ra Premiere Simatupang, belum banyak yang kenal. Tapi, kita bersyukur sekarang sudah dikenal dan bahkan bulan lalu kita mendapat awards dari beberapa OTA dengan nilai 8,7. Dan, saya rasa ini nilai tertinggi untuk kawasan Simatupang,” ungkap Angkoso kepada Men’s Obsession. Angkoso melanjutkan, sementara untuk ranking juga jauh meningkat pesat. Dari sebelumnya menduduki posisi ranking 7 untuk hotel di kawasan Jakarta Selatan, kini mampu bertahan di posisi ranking 3.

 

Ia menuturkan, kala pertama diberi tugas untuk mengembangkan hotel ini, ada beberapa strategi yang dirancangnya. Antara lain, how to take care the guest, seperti bagaimana memanjakan tamu long stay agar mereka semakin nyaman tinggal di hotel. Angkoso mencontohkan, seperti belum lama ini, tim Ra Premiere Simatupang mengajak tamu long stay berjalan-jalan keliling jakarta, mengunjungi beberapa museum, dan juga mengunjungi ancol.

 

“Tamu kita ajak jalan-jalan hingga mereka senang dan tidak merasa bosan. Mungkin itu juga yang akhirnya mempengaruhi review kita menjadi lebih baik sekarang. Semua tamu corporate dan long stay guest kita manjakan. Pokoknya apapun yang kita bisa lakukan untuk tamu, akan kita lakukan, dan apapun yang bisa kita lakukan untuk karyawan, akan kita lakukan. Tapi, harus diakui bahwa kita manusia nggak bisa sempurna 100 persen, masih ada yang kurang puas, nggak apa-apa, itu menjadi tuntutan kita harus lebih maju lagi,” terangnya dengan penuh semangat.

 

Bagi Angkoso, Guest is not the only King di Ra Premiere Simatupang, baik tamu maupun SDM menjadi hal yang sama penting. “Buat saya hotel itu sebenarnya apa sih, hotel ini cuma gedung saja, barang mati. Yang menghidupkan adalah tim yang ada didalam hotel itu. Ya, kembali lagi bukan building-nya, it’s the people. Kalau saya sih bilang karyawan juga raja, kalau nggak ada karyawan siapa yang melayani tamu. Karyawan itu penting tamu juga penting, sama sama penting,” ia menegaskan. 

 

Selain pelayanan maksimal yang dilakukan tim Ra Premiere Simatupang, ada beberapa keunikan dan kelebihan yang dimiliki hotel yang terletak di Jalan intan No. 25 Cilandak ini, sehingga membuat tamu terasa lebih nyaman dan berkesan bermalam di Ra Premiere Simatupang. Kamar yang besar misalnya, ukuran kamar terkecil yang dimiliki Ra Premiere Simatupang seluas 32 meter persegi, memang bisa dikatakan lebih besar dibanding hotel-hotel lain di area simatupang, kemudian fasilitas lengkap mulai dari gym, restoran, lapangan parkir yang luas, hingga kolam renang dengan air garam yang bermanfaat untuk kesehatan kulit.

 

Menariknya, penggunaan air garam pada kolam renang itu juga bertujuan menghindari bahan kimia karena Ra Premiere Simatupang berusaha semaksimal mungkin menjadi eco hotel. Beberapa kontribusi terhadap lingkungan pun dilakukan oleh Ra Premiere Simatupang, yaitu hotel sudah tidak menggunakan air mineral dalam kemasan botol plastik pada setiap kamar, penggunaan pupuk dari daur ulang kopi, kunci kamar dan koridor yang menggunakan sensor sehingga hemat energi, serta penggunaan air daur ulang untuk flush di tiap toilet.

 

Ekspansi Ra Hospitality

Rasanya tak perlu waktu lama bagi Angkoso untuk membesarkan Ra Hospitality, berbekal pengalamannya di industri hospitality selama puluhan tahun. “Nanti akan ada 10 hotel Ra lagi, ada Ra Inn di Mampang akan beroperasi bulan agustus 2020 mendatang, kemudian tahun depan akan ada hotel bintang lima kita Ra Suite di Simatupang, dan nanti juga akan ada lagi di Lombok dan Balikpapan.” demikian yang ia sampaikan.

Melihat Ra Hospitality yang kini semakin besar, Angkoso mengingat kembali saat ia pertama kali tertarik bergabung adalah dengan satu alasan dan tujuan, yaitu ingin menjadikan Ra Hospitality ini semakin besar dan bersinar. Dan, kini angkoso telah mampu menjawab tantangan tersebut.