Lawan Covid-19, BCA Salurkan Bantuan di Sejumlah Daerah

Oleh: Syulianita (Editor) - 18 June 2020 | telah dibaca 463 kali

Virus Corona yang mewabah (COVID-19) di seluruh dunia berdampak pada berbagai bidang kehidupan manusia. Tak hanya kesehatan, dampak COVID-19 juga menyasar bidang ekonomi masyarakat. Faktanya, banyaknya jumlah pasien terpapar virus berbahaya ini juga diimbangi dengan luluh-lantaknya perekonomian dunia.

Fenomena ini direspon cepat PT Bank Central Asia Tbk (BCA). Sebagai bank swasta nasional terbesar di Tanah Air,
BCA berkomitmen untuk turut membantu berbagai tindakan penanganan COVID-19 di berbagai wilayah di Indonesia dengan menyalurkan Donasi Bakti BCA kepada berbagai pihak.

Berdasarkan tingginya permintaan terhadap alat bantu pernapasan (ventilator) dan informasi yang diterima dari rumah sakit, pada Senin 30 Maret 2020, BCA memberikan donasi kepada RSPAD Gatot Soebroto berupa 4 unit ventilator senilai lebih dari Rp2,7 miliar.

Di ibu kota dan sekitarnya, BCA juga menyalurkan bantuan alat kesehatan kepada RSUPN Dr Cipto Mangunkusumo, RS Eka Hospital BSD, dan RS St. Carolus Jakarta. Bantuan bagi paramedis juga diwujudkan dalam bentuk donasi berupa alat- alat pelindung diri berupa surgical mask, masker N95, sarung tangan, surgical gown, dan coverall kepada RS Universitas Andalas, Selasa (12/5). Sehari sebelumnya, Senin (11/5), bantuan serupa juga disalurkan pada dua rumah sakit di Makassar dan Tarakan. Di Makassar, donasi berupa alat-alat pelindung diri berupa surgical mask, masker N95, sarung tangan, surgical gown dan coverall diberikan kepada RS Akademis Jaury Jusuf Putera yang menjadi salah satu rumah sakit rujukan bagi 

pasien COVID-19 di ibu kota Sulawesi Selatan tersebut. Adapun di Tarakan, bantuan yang sama disalurkan pada RSUD Tarakan Herry Afandi. Sebelumnya, BCA juga telah menyalurkan donasi melalui crowdfunding BenihBaik.com.

Setelah memberikan donasi ke sejumlah rumah sakit rujukan/fasilitas kesehatan, pemerintah dan berbagai lembaga/ organisasi independen lainnya dengan total nilai donasi lebih dari Rp13 miliar, Insan BCA (karyawan) & Bakti BCA menginisiasi penggalangan dana secara internal yang dikumpulkan dari bulan April-Mei. Aksi ini berhasil mengumpulkan dana donasi sebesar Rp1 miliar yang dikonversikan menjadi 10.000 paket sembako berisi bahan-bahan makanan pokok, seperti beras, mie instan, kecap, minyak goreng, kornet, sarden, serta alat kebersihan diri, seperti sabun dan masker kain. Paket ini didistribusikan secara bertahap di Kantor Pusat dan 12 Kantor Wilayah Indonesia bekerja sama dengan TNI.

“Melihat Insan BCA memiliki empati dan kepedulian yang tinggi kepada sesama, membuat saya bangga sekaligus haru. Semangat #SenantiasaDiSisiAnda dan #OneBCA mendorong ribuan Insan BCA membantu sesama yang membutuhkan. Ini merupakan bentuk solidaritas yang kami pikir perlu disebarkan ke berbagai elemen masyarakat bahwa kita tidak sendiri menghadapi pandemi ini, kita berjuang bersama-sama,” ujar Presiden Direktur BCA Jahja Setiaatmadja saat hadir bersama EVP CSR BCA Inge Setiawati dalam acara penyerahan donasi secara simbolis kepada Lurah Kebon Melati Tanah Abang Winetrin di Menara BCA, Selasa (12/5).

 

BCA Donasikan Ventilator ke RSPAD Gatot Soebroto – Presiden Direktur BCA Jahja Setiaatmadja (kanan) secara simbolis menyerahkan donasi kepada Wakil Kepala RSPAD Gatot Soebroto Brigadir Jenderal TNI dr. A. Budi Sulistya. Sp.THT-KL., M.A.R.S (kedua kiri) melalui video call conference yang diadakan pada Senin (30/3). BCA melalui Bakti BCA memberikan donasi kepada RSPAD Gatot Soebroto berupa 4 unit ventilator senilai lebih dari Rp 2,7 milyar. Donasi ini merupakan upaya BCA dalam membantu penanganan pandemi Covid-19.

 

Insan BCA & Bakti BCA Serahkan Donasi Lawan COVID-19 – Presiden Direktur BCA Jahja Setiaatmadja (kiri) dan EVP CSR BCA Inge Setiawati (kanan) secara simbolis menyerahkan donasi dari Insan BCA (karyawan) & Bakti BCA kepada Lurah Kebon Melati Tanah Abang Winetrin (kedua kanan layar vcon) di Menara BCA, Selasa (12/05). Dana donasi yang terkumpul sebesar Rp1 Milyar ini akan dikonversikan menjadi 10.000 paket sembako berisikan bahan-bahan makanan pokok. Paket akan dibagikan secara bertahap ke masyarakat yang berada di area 12 Kantor Wilayah BCA yang tersebar di seluruh Indonesia, dengan memperhatikan berbagai aspek protokol kesehatan yang telah ditetapkan oleh pemerintah dan WHO.