Ronny Lukito (Founder & CEO PT EIGERINDO MPI) Legacy EIGER untuk Indonesia

Oleh: Syulianita (Editor) - 16 February 2021 | telah dibaca 398 kali

Naskah: Gia Putri Foto: Fikar Azmy, Sutanto & Dok. EIGER

Ronny Lukito tak henti melakukan continuous improvement agar beragam produk lansiran PT Eigerindo MPI (EIGER) terus mengikuti perkembangan zaman, berkualitas tinggi, dan dicintai masyarakat. Maka tak ayal, EIGER tetap kokoh merajai pasar dalam industri tas dan petualangan.

"Jadilah trendsetter, bukan follower,” ungkap Ronny. Frasa tersebutlah yang melatarbelakangi dan mendorong Ronny menjadikan EIGER sebagai pioneer brand ‘Tropical Adventure’.

Pria kelahiran 15 Januari 1962 itu menuturkan, Indonesia berada di garis khatulistiwa dengan iklim tropis tentunya memiliki hamparan kekayaan alam yang menantang untuk dijelajah. Untuk mengakomodasi semua keperluan perlengkapan outdoor di alam tropis, EIGER pun mantap menyediakan produk-produk khusus iklim tropis, setelah melalui riset dan uji coba yang panjang.

“Memang merancang bangun produk yang bisa diandalkan dalam petualangan di iklim tropis itu butuh proses dan waktu, tidak mudah. Saya bersyukur EIGER memiliki tim EAST (EIGER Adventure Service Team) yang merupakan tim ahli petualangan tropis dan juga fokus kepada product development, continuous improvement, dan selalu menguji produk-produk kami sebelum dirilis,” terang ayah dari Jeanne Lukito, Agnes Lukito, Michelle Natalie Lukito, dan Angel Natalie Lukito ini.

Ronny mengungkapkan, jika pemilihan spesialisasi alam tropis tersebut karena fakta menunjukkan sebanyak 40 persen populasi manusia hidup di iklim tropis. Selain itu, ada kebutuhan produk pendukung yang sangat berbeda dengan petualangan musim dingin atau gunung es. Sengatan serangga dan matahari, kelembaban udara serta kerapatan gunung dan hutan tropis menjadi beberapa tantangan khusus yang harus dihadapi dalam petualangan di iklim tropis.

Selain data dan fakta tersebut, belum ada satu pun brand di dunia yang secara khusus fokus untuk perlengkapan outdoor tropis. “Rata-rata produk outdoor itu empat musim, mayoritas berasal dari negara-negara Eropa dan Amerika. Saya menangkap peluang tersebut!” ujar Ronny seraya tersenyum.

Sejak enam tahun terakhir, EIGER menawarkan tiga kategori produk. Pertama, Mountaineering yang menjadi koor bisnis EIGER. Kedua, Lifestyle yang disebut 1989 karena EIGER lahir pada tahun tersebut. Ketiga, Riding karena basis pengguna motor dan peminat adventure riding di Indonesia yang sangat besar.

EIGER juga telah merambah ke segmen pasar perempuan berhijab. “Dari hasil pendataan kami, pengguna EIGER 75 persen adalah laki-laki dan 25 persen itu perempuan. Mayoritas pelanggan kami pun banyak yang berhijab. Sehingga, kami banyak menerima masukan dari customer ataupun komunitas untuk membuat Hijab Series. Akhirnya, kami memutuskan untuk membuat konsep Hijab Series yang cocok untuk daerah tropis,” urainya.

Tak henti sampai di situ, Ronny juga mengatakan, EIGER akan lebih fokus dalam mengembangkan program sustainability dengan harapan apapun yang pihaknya lakukan dapat menjadi bagian dari solusi untuk menjaga dan memperbaiki kondisi alam Indonesia.

Ia pun bertekad untuk terus menjadikan EIGER sebagai brand lokal kebanggaan bangsa. “EIGER harus menjadi bintang di segmen tropical adventure, tidak hanya di Indonesia, tetapi juga di dunia. Semoga apa yang saya cita-citakan bisa terwujud dan menjadi legacy untuk bangsa Indonesia, keluarga saya, serta menginspirasi generasi- generasi yang akan datang,” tandas Ronny.