Perkuat Bisnis UMKM Kopi Kekinian di Tanah Air

Oleh: Angie () - 13 April 2022

Berbagai racikan kopi kekinian dengan tambahan susu semakin digemari oleh masyarakat Indonesia. Mulai dari latte, cappuccino, atau flat white kian mendapat tempat di hati konsumen dari berbagai kalangan. Tidak heran jika fenomena ini menjadi daya tarik bisnis bagi banyak orang, termasuk para pengusaha dan barista dari kalangan Usaha Mikro, Kecil dan Menengah (UMKM). Namun selayaknya bisnis, pengusaha dan barista kopi kekinian juga mengalami tantangan tersendiri berupa tuntutan pemenuhan bahan baku susu berkualitas, jangka waktu penyimpanan susu yang terbatas, hingga dari segi harga yang harus dikeluarkan untuk memberikan racikan kopi yang nikmat. Menjawab hal tersebut, Frisian Flag Indonesia hadirkan OMELA® Foaming Milk Professional sebagai inovasi terkini untuk memperkuat bisnis para pengusaha dan barista kopi kekinian, dengan keunggulan produk dalam kualitas foaming dan rasa, serta keunggulan produk dalam sisi logistik dan harga.

Andrew F. Saputro, Corporate Affairs Director PT Frisian Flag Indonesia, mengatakan, "Di tengah meningkatnya konsumsi kopi kekinian dengan tambahan susu, para pengusaha kopi dan barista dituntut memiliki mindset untuk selalu maju dan terus berinovasi agar mampu bersaing dalam menyajikan racikan kopi berkualitas dengan harga terbaik. Menjawab tantangan tersebut, Frisian Flag Indonesia terus berinovasi menghasilkan produk-produk susu berkualitas yang relevan dengan perkembangan industri food & beverage dari masa ke masa. Hadirnya OMELA® Foaming Milk Professional menjadi bukti terkini dari komitmen Frisian Flag Indonesia dalam memberikan nilai lebih kepada konsumen, termasuk mendukung pemberdayaan UMKM secara luas agar dapat terus berkembang dan maju, seiring dengan semangat perayaan 100 tahun FRISIAN FLAG® di Indonesia yaitu #MelajuKuatBersama.”

Felicia Julian, Marketing Director PT Frisian Flag Indonesia, menambahkan, "OMELA Foaming Milk Profesional diformulasikan khusus oleh Frisian Flag Indonesia untuk membantu memperkuat bisnis pengusaha dan barista kopi kekinian, khususnya dari kalangan UMKM, untuk menjadi solusi mengatasi tantangan-tantangan yang dihadapi dalam menjalankan bisnis secara berkelanjutan.”

Dari sisi kualitas busa/foaming, OMELA® Foaming Milk Professional menghasilkan foam yang shiny, lembut, tebal dan stabil hingga 30 menit. Sementara dari segi rasa, OMELA® Foaming Milk Professional tidak mengandung gula tambahan sehingga netral dan memberikan rasa akhir yang balance antara medium sweet dan medium creamy.

Adapun dari sisi efisiensi logistik, OMELA® Foaming Milk Professional dapat membantu memperkuat bisnis pengusaha karena memiliki jangka waktu penyimpanan lebih panjang sampai dengan 9 bulan di suhu ruangan dalam kondisi kemasan belum dibuka. OMELA® Foaming Milk Professional hanya perlu didinginkan sebelum penggunaan sehingga tidak memerlukan penyimpanan di chiller, yang membuat pengusaha kopi bisa lebih berhemat operasional listrik. Sebelum digunakan, OMELA® Foaming Milk for Professional disarankan untuk disimpan terlebih dahulu dalam kulkas dengan suhu 4 derajat celcius untuk bisa memberikan hasil foaming yang lebih maksimal. Efisiensi logistik ini dapat membantu aliran keuangan para pelaku UMKM lebih baik, terutama jika market demand berfluktuasi seperti saat pandemi.

Sementara itu, berbagai keunggulan yang dihadirkan oleh OMELA® Foaming Milk Professional mendapat respon positif dari kalangan barista, termasuk salah satunya Robby Firlian, juara nasional Latte Art Championship (ILAC) 2018 serta segudang prestasinya yang diakui secara nasional maupun mancanegara. Menurutnya, inovasi terbaru dari Frisian Flag Indonesia ini adalah pilihan tepat untuk pelaku bisnis kopi kekinian yang ingin beralih ke foaming milk dengan kualitas yang sangat baik sekaligus memberikan efisiensi dalam operasional bisnis.

“Bagi saya, OMELA® Foaming Milk Professional adalah solusi yang pas untuk memberikan kualitas racikan kopi kekinian dengan tambahan susu sekaligus solusi yang pas untuk operasional bisnis karena OMELA® Foaming Milk Professional memiliki masa simpan yang lebih panjang, hingga 9 bulan. Perpaduan rasa yang pas antara medium sweet dan medium creamy, serta tekstur foam yang stabil, silky, dan lembut sangat cocok untuk pasar light coffee drinker," jelas Robby.

Sebagai perusahaan yang konsisten dalam berinovasi menghasilkan produk susu berkuaalitas dan mendukung pertumbuhan UMKM, Frisian Flag Indonesia terus berupaya hadirkan bahan baku untuk membantu pengusaha dan barista kopi dalam menghasilkan racikan kopi berkualitas. OMELA® Foaming Milk Professional menjadi terobosan terkini dari Frisian Flag Indonesia untuk mewujudkan komitmen tersebut, sekaligus bentuk dukungan nyata terhadap pertumbuhan industri kopi kekinian yang semakin berkembang di tengah masyarakat.