Ruangguru Rilis Laporan Dampak 2021

Oleh: Angie () - 22 June 2022

Ruangguru merilis Laporan Dampak Ruangguru 2021. Melalui laporan tersebut perusahaan teknologi ini menyampaikan berbagai dampak sosial yang dihasilkan sepanjang tahun 2021 lewat berbagai produk dan inisiatif sosialnya.

Acara yang digelar secara virtual melalui Zoom pada Senin (20/06/2022) ini dihadiri oleh Adamas Belva Syah Devara selaku pendiri dan direktur utama  Ruangguru, Iman Usman selaku Co-Founder dan COO Ruangguru, serta Danny Januar Ismawan selaku Direktur Layanan Masyarakat dan Pemerintah, BAKTI Kominfo.

Salah satu solusi yang bisa dihadirkan untuk menjawab tantangan kebekerjaan yang juga menjadi pilar capaian ini adalah dengan pengembangan kewirausahaan dan peningkatan daya saing pelaku UMKM.

Adamas Belva Syah Devara, Pendiri dan Direktur Utama Ruangguru menjelaskan, Laporan Dampak ini merupakan bentuk pertanggungjawaban dan komitmen sosial dari berbagai produk, program, dan inisiatif sosial yang telah dihasilkan oleh Ruangguru sepanjang tahun 2021.

“Berbagai dampak yang dihasilkan ini tidak lepas dari kerja sama yang solid dari seluruh tim Ruangguru di berbagai daerah di Indonesia dan berbagai mitra pemerintah, swasta, dan masyarakat sipil,” ujar Belva.

Laporan Dampak Ruangguru 2021 merangkum dampak dan pencapaian yang dihasilkan oleh Ruangguru dalam 3 pilar aksinya, yakni penyediaan Akses Pendidikan, Konten Berkualitas dan Kebekerjaan.

Laporan ini disusun dengan menggunakan metode kualitatif dan kuantitatif secara berkesinambungan untuk memonitor implementasi program dan dapat diakses secara luas di ruangpeduli.org/impact-report.  

Berikut adalah beberapa capaian yang dirangkum dari Laporan Dampak Ruangguru 2021.

Pilar 1: Akses Pendidikan
Manfaat produk dan layanan Ruangguru sudah dirasakan oleh lebih dari 38 juta pengguna terdaftar di Indonesia dan Asia Tenggara, serta diakses hingga200 juta kali per bulan. Hal ini dicapai melalui beberapa program nyata yang diberikan oleh Ruangguru, antara lain:
– Menyediakan modul pelatihan guru gratis yang telah diakses oleh lebih dari 340 ribu guru.
– Memberikan beasiswa pendidikan afirmatif kepada21 ribu pelajar.
– Mengembangkan LMS (Learning Management System) ruangkelas yang digunakan oleh 38 ribu sekolah di seluruh Indonesia.

Pilar 2: Konten Berkualitas
Ruangguru menyediakan konten pendidikan berkualitas yang komprehensif dan terdiferensiasi antar jenjang dan bidang terlengkap di antara berbagai platform edu-tech di Indonesia.

Adapto, salah satu fitur belajar adaptif Ruangguru yang diluncurkan pada 2021, berhasil meningkatkan waktu belajar hingga 85% sejak diluncurkan.

Produk Ruangguru berhasil meningkatkan probabilitas penerimaan di Perguruan Tinggi Negeri (PTN) hingga 85%.

Pilar 3: Kebekerjaan
Ruangguru menyediakan lebih dari 300 program pelatihan kesiapan dan keterampilan kerja yang telah digunakan oleh jutaan pengguna.

Ruangguru juga menjawab tantangan kebekerjaan di Indonesia dengan menyelenggarakan bimbingan karir intensif yang diikuti oleh 32.257 peserta. Dalam jangka waktu 3 bulan setelah pelatihan selesai, 43% peserta berhasil membuka usaha kecil dan menengah dan 32%peserta mengalami kenaikan pendapatan.

Ruangguru juga memberikan pelatihan gratis kepada ribuan angkatan kerja muda dengan bermitra dengan puluhan Balai Latihan Kerja (BLK) dan Pusat Kegiatan Belajar Masyarakat (PKBM) di 26 provinsi di Indonesia.

Imam Usman selaku Pendiri dan Chief Operating officer Ruangguru mengatakan jika UMKM menjadi salah satu fokus utama pihaknya dalam pilar Kebekerjaan dan dilakukan dengan berbagai macam hal, antara lain melalui platform Ruangkerja, pelatihan bisnis di platfrom Skill Academy, dan juga bimbingan usaha yang bisa diakses oleh pelaku UMKM untuk meningkatkan kompetensinya.

“Bimbingan usaha ini sudah diberikan kepada ribuan pengusaha UMKM dan ini macam-macam materinya, seperti bagaimana mencari ide usaha, mengemas produk, menggunakan platform e-commerce sebagai salah satu tools berusaha, hingga sampai memberikan pendanaan kepada sejumlah UMKM yang dirasa potensial dalam bentuk grant, hibah, dan itu sudah membantu puluhan UMKM yang ada di Indonesia,” kata Iman kepada MNEWS.co.id dalam sesi konferensi pers yang sama.

Tidak hanya hadir memberikan konten pendidikan bagi para siswa, di tahun 2022 ini, lanjut Imam, Ruangguru berharap bisa membantu upskilling lebih banyak lagi UMKM di Indonesia.

Dalam sesi konferensi pers yang diselenggarakan secara daring ini juga turut hadir Dr. Ir. Mohammad Rudy Salahuddin, MEM, Deputi Bidang Koordinasi Ekonomi Digital, Ketenagakerjaan, dan Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah, Kementerian Koordinator Bidang PerekonomiansertaDanny Januar Ismawan, Direktur Layanan Masyarakat dan Pemerintah, Badan Aksesibilitas Telekomunikasi dan Informasi Kementerian Komunikasi dan Informatika (BAKTI Kominfo).

Lebih lanjut, Belva Devara menuturkan jika masih banyak pekerjaan rumah yang perlu dibenahi. Dengan tekad untuk terus memajukan kualitas pendidikan di Indonesia, semangat Ruangguru terus berkobar karena melihat deretan prestasi gemilang hasil kemitraan strategis dengan para pemangku kepentingan, penggiat dunia pendidikan, dan mitra lain yang berbagi visi serupa.

“Kami berterima kasih kepada para mitra atas kolaborasi yang terjalin selama ini. Di tahun 2022, kami berharap semangat kolaborasi ini dapat terus terjaga sehingga bersama-sama kita dapat menjangkau lebih banyak penerima manfaat dan menciptakan dampak positif yang berkelanjutan bagi pendidikan Indonesia,” pungkas Belva.