Obsession Media Group Kembali Gelar “UMKM SUMMIT 2022”

Oleh: Angie () - 24 November 2022

Jakarta, 24 November 2022—Obsession Media Group (OMG) kembali akan menggelar Webinar “UMKM SUMMIT 2022" dengan tema “UMKM OUTLOOK 2023 (PASCA COVID-19) DAN PELUANG 2023” pada Sabtu (26/11).

CEO OMG, Usamah Hisyam, mengatakan webinar UMKM SUMMIT ini diselenggarakan sejak tahun 2021. Dikatakannya, webinar yang bisa diikuti secara gratis dan disediakan door prize untuk peserta senilai puluhan juta rupiah ini merupakan komitmen Obsession Media Group (OMG) sebagai komunitas pers yang peduli terhadap kemajuan UMKM. Karena itu OMG akan terus menyuarakan pentingnya kolaborasi dan sinergi antara pemerintah, korporasi swasta dan pelaku UMKM itu sendiri.

“Hal itu perlu dilakukan untuk menggerakkan dan memajukan UMKM secara nasional. Dengan sinergi dan kolaborasi itu juga berbagai persoalan yang dihadapi pelaku UMKM dapat diatasi terutama dalam soal modal, memperkuat dan mengembangkan potensi pasar produk-produk UMKM,” ujar Usamah.

Selain itu, dinamika perekonomian nasional dan global yang terjadi saat ini akan efektif dihadapi pelaku UMKM jika mendapatkan dukungan yang sustainable dari pemerintah dan pihak swasta, sehingga UMKM dapat tumbuh tangguh.

Dengan kemajuan UMKM, tambah Usamah, maka fundamental ekonomi nasional akan lebih kokoh. Indonesia memiliki potensi UMKM yang besar, sehingga harapan agar Sustainable Development Goal's (SDG's) bisa dipersingkat dapat kita wujudkan.

“Selain itu kemajuan UMKM bisa menyerap tenaga kerja lebih banyak dan mampu berinovasi, sehingga kita tidak perlu melakukan impor secara berlebihan, tapi sebaliknya kita bisa melakukan ekspor,” tegasnya.

Karena itu, Usamah berharap webinar UMKM SUMMIT 2022 yang diinisiasi OMG bisa memberi manfaat yang besar, baik bagi pelaku UMKM, swasta, maupun pemerintah.

Acara yang dikemas dengan format talkshow online yang dapat ditayangkan secara live streaming via Zoom Meeting dan YouTube TV OMG, ini akan dibuka (opening speech) oleh Menteri Koperasi dan Usaha Kecil dan Menengah RI, Teten Masduki dengan menghadirkan para narasumber yang kompeten dan kapabel dalam tiga sesi yang dimulai pukul 09.00 WIB.

Sesi pertama, menampilkan keynote speaker Agus Gumiwang Kartasasmita (Menteri Perindustrian RI). Sesi ini menampilkan pembahasan “Korporasi Siap Dukung Kemitraan dengan UMKM untuk Hadapi Krisis” dengan narasumber sebagai berikut.

l Herman Khaeron, Anggota DPR RI Komisi VI

l M. Arsjad Rasjid PM, Ketua Umum KADIN Indonesia

l Brigjen Pol. Pipit Rismanto-Direktur Tindak Pidana Tertentu (Dirtipidter) Bareskrim Polri

l TJ Tham, Co-founder & Chief Executive Officer Tjufoo

l Sally Giovani, Owner Batik Trusmi

 

Kemudian di sesi 2, akan membahas “Lembaga Keuangan Ramah Terhadap UMKM di Tengah Krisis Ekonomi” dengan para narasumber, di antaranya

l Dr. Ary Zulfikar, SH., MH., Direktur Eksekutif Lembaga Penjamin Simpanan (LPS),

l Giwo Rubianto Wiyogo Ketua Umum Kongres Wanita Indonesia (Kowani), dan

l Yunita Resmi Sari Kepala Departemen Pengembangan UMKM dan Perlindungan Konsumen Bank Indonesia (BI).

 

Sementara pada sesi ke-3, dengan pembahasan “Mendorong UMKM Go Global melalui Inovasi, Digitalisasi hingga Green Business” menghadirkan keynote speaker

Zulkifli Hasan (Menteri Perdagangan RI). Sesi terakhir ini menghadirkan beberapa narasumber, yaitu  

 

l Ari Anindya Hartika, Asisten Deputi Pengembangan Kapasitas Usaha Mikro, Kementerian Koperasi & UKM RI.

l Djaka Suryadi, Ketua Dewan Pengawas Komindo Sejahtera.

l Kerri Na Basaria, Founder & CEO Toba Tenun.

l Nina Nugroho Desainer Modest Fashion/CEO Nina Nugroho Internasional.

 

Bagi peserta dan pelaku UMKM yang ingin mengikuti Webinar UMKM Summit 2022, Sabtu, 26 November 2022 bisa mendaftar di https://bit.ly/3OoQUL6 untuk mengikuti melalui zoom atau bisa mengikuti melalui kanal Youtube TVOMG.*