Search:
Email:     Password:        
 





Gadget dan Aplikasi Buatan Indonesia

By Benny Kumbang (Editor) - 22 August 2013 | telah dibaca 2222 kali

Gadget dan Aplikasi Buatan Indonesia

Naskah: Andi Nursaiful/berbagai sumber, Foto: Istimewa

Sebagai negara berpenduduk terbesar keempat di dunia, negeri ini adalah pasar yang sangat besar untuk produk teknologi. Terlebih dengan masih tingginya tingkat konsumerisme dan kian kuatnya budaya pop di tengah masyarakat.

Meski begitu, Indonesia tak melulu hanya jadi pasar bangsa asing namun juga mampu menjadi inovator, kreator, dan produsen sekaligus. Di bawah ini, kami paparkan sejumlah produk gadget dan teknologi informasi yang dibuat oleh orang Indonesia, di mana sebagian sudah mendunia.


Aplikasi Populer dan Mendunia
Mindtalk merupakan social channel yang digunakan untuk berbagi dan berdiskusi dengan menggabungkan konsep forum dan juga mailing list. Salah satu kelebihannya, user dapat membuat kategori sesuai kebutuhan yang mereka inginkan. Stream yang terdapat pada setiap kategori dapat bertautan dan berhubungan dengan kategori lain yang ditandakan dengan hashtag (#). Aplikasi buatan Indonesia ini sudah mempunyai user di lebih dari 208 negara.

Adapula aplikasi Yooi yang berbasis Android untuk menulis SMS suara. Aplikasi ini memungkinkan pengguna menulis dan mengirim SMS menggunakan suara, tanpa perlu mengetik dengan keyboard. Yooi didesain khusus untuk pengguna yang berbahasa Indonesia. Yooi mampu mengenali suara penggunanya kemudian ditampilkan ke dalam bentuk teks tanpa harus terhubung koneksi Internet.

Berikutnya adalah aplikasi Catfiz yang merupakan messenger. Setiap pengguna catfiz berhak mendapatkan sebuah PIN yang disebut Nomer Identitas Catfiz atau NIC. Aplikasi ini merupakan “BBM-nya Android.” Ini adalah jejaring sosial yang sudah diunduh di lebih dari 151 negara memiliki pengguna aktif di 73 negara.

Aplikasi yang sudah mendunia lainnya adalah PicStory, yang akan membuat sebuah cerita di foto anda dan dishare ke profil Social Platform BBM. Aplikasi edit foto serta juga berperan buat menggabungkan lebih dari satu foto dalam foto tunggal atau kolase. Aplikasi ini sudah diunduh lebih dari 25 juta kali di BlackBerry World.

Begitu juga dengan aplikasi gratis PicMix yang fitur utamanya adalah menggabungkan beberapa gambar atau foto sekaligus dalam satu frame yang sama. Selain itu, kita dapat menambahkan berbagai tulisan sehingga kumpulan gambar tersebut menjadi terkesan seolah “bercerita” dan langsung dapat dibagi melalui sosial media. PicMix ini dapat beroperasi di Blackberry, Android, dan Windows Phone.

Lain pula aplikasi Amazing Concert yang merupakan rekayasa pemrograman komputer yang memungkinkan satu layar komputer dapat diakses sampai lebih dari 30 mouse sekaligus. Satu komputer dapat digunakan oleh 30 anak dalam satu kelas dengan masing-masing anak menggunakan mouse untuk menjalankan aplikasi secara bersama-sama.  Atau ada aplikasi permainan Icon Pop Quiz yang berhasil menduduki peringkat atas klasmen “Top Free” di App Store banyak negara di dunia.

Read More    

Add to Flipboard Magazine.

Tulis Komentar:


Anda harus login sebagai member untuk bisa memberikan komentar.


               

Popular

   

Photo Gallery

Visitor


Jumlah Member Saat ini: 2250