Treasures of Sigi, Merayakan Kekayaan Alam dan Budaya Sulawesi Tengah di Dharmawangsa Jakarta

Oleh: Angie (Editor) - 29 May 2024

Dharmawangsa Jakarta dengan bangga mempersembahkan Treasure of Series, sebuah perjalanan menikmati kekayaan cita rasa, seni, dan warisan Indonesia. Deretan karya ini membawa pengunjung melintasi beragam wilayah di Indonesia, mengungkap permata kuliner tersembunyi dan merayakan dinamika tradisi budaya.

Bulan ini, Dharmawangsa Jakarta menghadirkan Treasures of Sigi yang mengajak tamu menjelajahi warisan alam Sigi yang menawan di Sulawesi Tengah. Sigi adalah kabupaten penuh cerita dengan hutan purba, danau keramat, dan masyarakatnya.

“Pemerintah Sigi bersama berbagai pemangku kepentingan, termasuk masyarakat adat, pengusaha lokal, dan pemuda, berupaya melestarikan hutan dan keanekaragaman hayati kami. Melalui 'Treasures of Sigi', kami merangkai warisan seni, budaya, dan kuliner untuk memajukan ekonomi berbasis alam dan ekowisata berkelanjutan,” ujar Ristika Putri Istanti, Kepala Sekretariat LTKL.

Treasures of Sigi menjadi platform penting untuk meningkatkan kesadaran dan hubungan antara Sigi dan masyarakat luas, menyoroti keanekaragaman hayati, seni, budaya, serta potensi kuliner dan ekowisata berbasis alam di Indonesia. “Kami mengapresiasi komitmen The Dharmawangsa dan bersyukur atas kesempatan menampilkan Sigi kepada dunia,” ujar Mohamad Irwan, Bupati Sigi.

 

Generasi muda setempat, sebagai garda depan perubahan, berperan penting. Gampiri Interaksi Lestari, inkubator lokal di Sigi yang didirikan pada tahun 2023, menjadi harapan bagi calon wirausaha di sektor pangan, kesehatan, dan pariwisata.

“Gampiri Interaksi Lestari telah memberdayakan dan menginkubasi bisnis berkelanjutan, hingga kini telah membina 19 wirausaha dan menghasilkan 13 produk turunan berbasis alam yang inovatif,” tegas Nedya Sinintha Maulaning dari Gampiri Interaksi Lestari.

Acara ini merupakan kolaborasi Javara Indonesia, The Dharmawangsa Hotel, dan Lingkar Temu Kabupaten Lestari (LTKL). Serangkaian kegiatan termasuk talkshow, lokakarya, pengalaman makan malam, dan brunch akan menampilkan keindahan dan kedalaman Sigi serta budayanya.

Hingga 31 Mei 2024, Dharmawangsa Jakarta menyelenggarakan berbagai acara "Treasures of Sigi," seperti makan malam spesial di Pool Garden dengan menu yang diciptakan Chef Julio berdasarkan tradisi kuliner Sigi. Acara ini menawarkan pengalaman kuliner yang otentik dan eksklusif, dengan harga mulai dari Rp688,000++ untuk dua orang. Selain itu, tersedia High Tea di Majapahit Lounge seharga Rp595,000++ per set, dan Sunday Brunch di Jakarta Restaurant dengan beragam hidangan khas seharga Rp 995,000++ per orang. Juga terdapat pameran tekstil dan kerajinan tangan di Majapahit Lounge, serta paket liburan Sigi Treasures Getaway yang mencakup makan malam dan sarapan, mulai dari Rp3.100.000++ per malam.