SCG Genjot Penetrasi Pasar Ritel Modern Bahan Bangunan Indonesia melalui Pembukaan Gerai

Oleh: Angie (Editor) - 13 June 2024

SCG atau Siam Cement Group bersama Mitra10 di bawah naungan PT Catur Sentosa Adiprana Tbk (CSAP), meresmikan pembukaan gerai ke-50 Mitra10, toko ritel modern terbesar khusus untuk bahan bangunan dan perbaikan rumah. Melalui SCG Retail Holding Company Limited (SCGRH), SCG memiliki kepemilikan sebesar 30,89% di CSAP. Pembukaan superstore Mitra10 yang ke-50 ini, terletak di Shila Sawangan, Depok, menandai langkah penting bagi SCG dan CSAP dalam mencapai target pembukaan 100 gerai Mitra10 pada tahun 2030, memimpin pasar ritel modern bahan bangunan di Indonesia.

Wiroat Rattanachaisit, Presiden Bisnis Distribusi dan Ritel SCG, menyatakan bahwa pertumbuhan sektor perdagangan modern di Indonesia sangat positif, didorong oleh perubahan perilaku konsumen yang menginginkan pengalaman berbelanja yang komprehensif, terjangkau, nyaman, dan aman. SCG berkomitmen untuk memperluas investasi mereka melalui ekspansi ritel modern bahan bangunan di Asia Tenggara, termasuk melalui Mitra10, sebagai destinasi utama masyarakat Indonesia untuk kebutuhan rumah mereka.

Sebagai pemimpin dalam industri ritel modern bahan bangunan sejak 1997, Mitra10 telah tumbuh menjadi 50 gerai yang tersebar luas di berbagai daerah di Indonesia, termasuk Jabodetabek, Banten, Jawa Barat, Jawa Tengah, Jawa Timur, Bali, NTB, Sumatra, Batam, Kalimantan, dan Sulawesi. Mitra10 menawarkan luas area penjualan sebesar 180,000 meter persegi dan menyediakan 65,000 SKU dari 12 kategori produk home and living, termasuk produk-produk unggulan SCG seperti Semen SCG, peralatan sanitasi dari COTTO, pipa PVC SCG, ubin keramik, dan beton ringan SCG. Toko ini menarik lebih dari 1 juta pengunjung setiap bulannya.

Pada tahun 2023, SCG mengumumkan investasi signifikan senilai Rp265 miliar melalui rights issue dari PT Catur Sentosa Adiprana Tbk (CSAP), untuk mempercepat pertumbuhan Mitra10 dan memperkuat posisinya sebagai merek terkemuka dalam renovasi rumah di Indonesia. Ini mencerminkan komitmen SCG untuk selalu menjadi solusi terdepan bagi kebutuhan pelanggan di Asia Tenggara.

Bisnis SCG di kuartal pertama 2024 mengalami kinerja gemilang dengan Pendapatan dari Penjualan mencapai Rp54,3 triliun, naik 3% secara kuartal ke kuartal, dan EBITDA mencapai Rp5,5 triliun, meningkat 16% secara kuartal ke kuartal, dengan Laba Bersih sebesar Rp1 triliun, meningkat Rp1,5 triliun dibanding kuartal sebelumnya.