Search:
Email:     Password:        
 





Permadi Kolektor Benda Sang Proklamator

By Benny Kumbang (Editor) - 23 August 2013 | telah dibaca 3092 kali

Permadi
Kolektor Benda Sang Proklamator


Naskah: Gyatri F., Foto: Febri Pramono

Pria bernama lengkap KRT Permadi Satrio Wiwoho yang kerap disapa Permadi, ini, dikenal sebagai Soekarnois. Selain mengamalkan ajaran-ajaran Soekarno, kecintaannya terhadap tokoh proklamasi nan kharismatik itu, juga ia tunjukkan dengan mengoleksi berbagai benda milik presiden pertama Republik Indonesia tersebut.

Koleksinya itu mayoritas didapat secara cuma-cuma dari mantan ajudan Soekarno yang bernama Soewarno atau yang dikenal dengan sebutan Mbah Kancil. “Awalnya dia mulai mencari saya ketika melihat perilaku dan kekaguman saya terhadap Bung Karno. Dia tidak memberikan sekaligus, melainkan satu per satu benda tersebut. Hingga saat ini dia masih menyimpan beberapa dan sudah berjanji mau diserahkan ke saya,” ujar pria yang menyatakan diri sebagai Penyambung Lidah Bung Karno itu.
Meskipun jumlah koleksi yang dimiliki Permadi tidak banyak, namun menurutnya sangat bernilai.  Pasalnya, benda milik Soekarno yang dimilikinya banyak dicari orang. “Entah kenapa, banyak pula orang yang  mengaku punya jimat, maupun tongkat Bung Karno. Menurut saya, itu banyak yang tidak benar dan saya sendiri kalau tidak yakin pasti ngomong, tapi yang dari ajudannya saya sangat yakin,” terang anak dari pasangan Poernomo dan Sriyati itu.

Pria yang senang dengan pakaian hitam ini mengaku tidaklah ngoyo dalam mengumpulkan koleksinya. Suami dari Dewi Noerjanti ini menuturkan, tiap koleksinya itu memiliki kisahnya masing-masing. “Selendang ustadz, tongkat komando, dan cincin ini adalah milik Bung Karno. Ada dua ustadz yang sangat keukeuh menginginkan Aceh untuk merdeka ketika Aceh bergejolak, yaitu Daud Beureuh dan yang satu saya lupa namanya. Nah, saat itulah Bung Karno menangis di depan keduanya agar Aceh tidak berpisah dari NKRI. Menurutnya, NKRI tanpa Aceh bukanlah NKRI. Bagaimana kita bisa menyanyikan lagu dari Sabang-Meurauke kalau Sabangnya hilang,” tandasnya.

Read More    

Add to Flipboard Magazine.

Tulis Komentar:


Anda harus login sebagai member untuk bisa memberikan komentar.

     
   
       

Popular

 

Photo Gallery

   

Visitor


Jumlah Member Saat ini: 2250