Michelin Pamer Teknologi Baru di Jakarta International Mining Expo 2024

Oleh: Riyandi (Editor) - 11 September 2024

Salah satu produsen ban kendaraan, Michelin, turut meramaikan acara Jakarta International Mining Expo yang berlangsung pada 11 hingga 14 September 2024 di JIEXPO Kemayoran. Pada kesempatan ini, Michelin memamerkan teknologi inovatif bernama MICHELIN® MEMS® 4 (Michelin Earthmover Management System) sebagai upaya memperkuat lini bisnis Service & Solution (SES) dan membantu menyempurnakan mobilitas, terutama di industri pertambangan.

Seperti diketahui, MEMS® 4 merupakan alat monitoring canggih yang dirancang untuk memantau kondisi ban dan penggunaannya. Teknologi ini membantu perusahaan tambang dalam meningkatkan keamanan, produktivitas, dan efisiensi operasional dengan meminimalisir downtime.

Beberapa fitur MEMS 4 mencakup pengecekan tekanan dan suhu ban secara jarak jauh, serta notifikasi secara real-time untuk pencegahan insiden dan perlindungan personel. Di area tambang dengan medan terjal dan tuntutan mobilitas yang berat, penggunaan MEMS 4 membawa berbagai keunggulan, seperti:

Meningkatkan keamanan
Melalui pemantauan tekanan dan suhu dari jarak jauh, potensi insiden dapat dicegah sehingga personel lebih terlindungi

Meningkatkan produktivitas
MEMS 4 membantu mengurangi downtime, memastikan kelancaran operasi, dan meminimalisir kebutuhan perawatan sewaktu-waktu.

Menghemat biaya
Dengan memantau kondisi ban secara real-time, perusahaan dapat memperpanjang umur ban dan menghemat anggaran operasional.

Meningkatkan ketersediaan truk
Sistem monitoring yang konsisten memudahkan tim untuk merespons permasalahan ban dengan lebih cepat dan efisien, sehingga dapat meningkatkan ketersediaan alat berat di lapangan.

MEMS 4 adalah solusi lanjutan dari versi sebelumnya, yakni MEMS LITE. Sebagai solusi entry-level yang hemat biaya, MEMS LITE dapat melakukan pemantauan tekanan dan suhu ban melalui pos yang dipasang secara permanen di area tambang tanpa perlu instalasi tambahan di truk operasional.

Sementara itu, MEMS 4 hadir memberikan fungsionalitas yang lebih lengkap dan konektivitas yang memungkinkan pemantauan dari jarak jauh, melalui perangkat apapun. Pengguna MEMS LITE bisa dengan mudah melakukan upgrade ke solusi MEMS 4 untuk semakin merasakan perbedaannya.

Michelin merancang MEMS 4 secara khusus bagi operator dan kontraktor tambang yang menjunjung keselamatan, produktivitas, serta pengendalian biaya sebagai prioritas utama dalam operasional mereka. Di expo kali ini, Michelin juga akan menghadirkan produk ban unggulan mereka, XD Grip, serta tim ahli dari KLINGE, pemimpin internasional dalam sistem manajemen ban.