Kolaborasi Dengan UC Silver, Alleira Batik Luncurkan Koleksi ‘Smitten’

Oleh: Syulianita (Editor) - 26 September 2024

Alleira Batik, salah satu merk batik ternama di Indonesia yang mengusung tema batik modern dengan kualitas tinggi, memiliki visi menjadi batik Indonesia untuk diminati kelas dunia terus membuat Alleira menghasilkan karya yang semakin cemerlang. Untuk koleksi Spring Summer 24 – 25, Alleira menghadirkan koleksi terbarunya dengan tema ‘Smitten’ yang diperagakan pada acara New York Fashion Week Spring Summer 24-25 diDaylight Studio Hudson Yards, 450W 31ST ST 10th Floor, New York, NY 10001 pada 7 September 2024 lalu.

Smitten, sebuah nama yang berasal dari Bahasa Indonesia yang berarti “terpikat” atau “kepincut” diangkat sebagai doa dalam koleksi terbaru tahun 2025 ini. Nama tersebut mencerminkan harapan agar setiap orang yang melihat atau memiliki koleksi ini akan merasa terikat secara emosional, penuh kasih sayang, serta terdorong untuk selalu menjaga dan merawatnya.

Koleksi ini terinspirasi oleh kekayaan budaya tenun negeri di atas awan, yang berasal dari masyarakat yang tinggal di dataran tinggi Sulawesi Selatan. Penduduk Bugis menamakan mereka "to-riaja," atau orang-orang yang mendiami negeri di atas awan. Salah satu motif tenun yang diambil adalah motif Rongkong, dengan desain kait dan belah ketupat yang melambangkan kejayaan dan kemakmuran, serta abstraksi figur nenek moyang yang terhubung dengan generasi berikutnya.

Koleksi ini menonjolkan warna-warna lembut seperti pink muda, celadon, nude, dan kuning pastel diaplikasikan pada berbagai bentuk dan ukuran busana. Dipadukan dengan tekstur kain seperti silk, organza silk, linen, denim, dan katun ringan, koleksi ini dirancang untuk musim panas dengan sentuhan feminin yang kuat. Setiap potongan memberikan karakter unik, menyatukan desain klasik dengan nuansa modern.

Tahun ini, Smitten berkolaborasi dengan legenda perhiasan silver Indonesia, UC Jewelry, UC SILVER by Adith Hendart dari Bali. Karya mereka, yang terinspirasi dari pesona Bali, menampilkan lambang ikonik Sweet Dragonfly. Dengan sejarah lebih dari tiga dekade, UC Jewelry merancang koleksi masterpiece yang indah, detail, namun tetap ready-to-wear. Koleksi ini juga memperlihatkan motif-motif wastra Bali yang khas.

Koleksi "Sweet Dragonfly" dari UC Jewelry melambangkan kemakmuran dan keseimbangan, dengan filosofi capung yang merepresentasikan transformasi, adaptasi, dan harmoni dengan alam. Dalam budaya Bali, capung adalah simbol keindahan dalam perubahan dan keseimbangan antara tradisi dan modernitas.

"Melalui koleksi ini, kami ingin memperkenalkan karakter Bali yang kuat dan unik," ujar Kevin Jodie, dari Tim Kreatif UC Jewelry. "Dengan memadukan keindahan alam Bali dengan Sweet Dragonfly, UC Jewelry berharap dapat menginspirasi banyak orang untuk menghargai keindahan dan keberagaman budaya."

Koleksi ini tidak hanya sekadar perhiasan, tetapi juga menjadi simbol kehidupan yang harmonis dan penuh berkah. Temukan keindahan dan makna mendalam dari setiap detail koleksi ini, yang menggabungkan warisan budaya dengan sentuhan modern.