Search:
Email:     Password:        
 





Bonobo: Make Love, Not War

By Andi Nursaiful (Administrator) - 06 October 2013 | telah dibaca 2943 kali

Naskah: Andi Nursaiful/berbagai sumber  Foto: Istimewa/Dok.MO

Anda tentu pernah membaca kalimat  Make Love, Not War. Populer di era 1960-an untuk memprotes kebijakan pemerintah AS terjun ke medan di Perang Vietnam, kalimat itu sampai kini masih sering diteriakkan dalam menentang perang. Tahukah Anda, sikap itu bersumber dari sepupu terdekat manusia, yaitu kera Bonobo.

Inilah primata yang paling mirip perilakunya dengan manusia. Kera ini lebih suka berhubungan seks ketimbang berkelahi. Bahkan, posisi mereka dalam berhubungan seks mirip manusia, berhadapan sambil berciuman.

Sebelumnya, ilmuan mengetahui bahwa primata yang paling mirip dengan manusia adalah simpanse. Belakangan diketahui bahwa bukan hanya simpanse yang berbagi 98,6% DNA dengan manusia,  namun juga Bonobo, kera kecil mirip simpanse yang hanya hidup di wilayah terpencil di Republik Demokratik Kongo, Afrika. Tetapi yang membuat bonobo lebih istimewa adalah perilaku dan hubungan seksual mereka yang paling mendekati manusia.

Riset para ahli primata menemukan bahwa bonobo ternyata sangat doyan berhubungan seks, dan menggunakan seksualitas untuk memelihara hubungan sosial dalam kawanan mereka. Bagi para bonobo, seks bukan sekadar urusan berkembang biak. Lebih dari itu, seks adalah alat komunikasi dan mereka diketahui sangat kreatif dalam hal itu.

Read More    

Add to Flipboard Magazine.

Tulis Komentar:


Anda harus login sebagai member untuk bisa memberikan komentar.


               

Popular

   

Photo Gallery

Visitor


Jumlah Member Saat ini: 2250