Search:
Email:     Password:        
 





Waspadai Penyakit Duduk

By Andi Nursaiful (Administrator) - 10 March 2014 | telah dibaca 2491 kali

Naskah : Andi Nursaiful/berbagai sumber  Foto : Dok. MO

Tahukah Anda bahwa duduk terlalu lama berisiko mengidap penyakit jantung yang tingkat bahayanya sama dengan merokok?Bahkan, duduk terus selama dua jam berisiko terserang obesitas, diabetes, dan penyakit jantung.
 
Terminologi “penyakit duduk” atau “Sitting Disease” dewasa ini sudah diterima secara umum di kalangan komunitas kedokteran. Istilah ini merujuk pada sindrom metabolisme tubuh dan penyakit-penyakit yang disebabkan oleh kebiasaan duduk terlalu lama.

Lantas seberapa lamakah duduk terlalu lama itu? Menurut James A. Levine, MD, PhD, dalam jurnal yang dimuat dalam British Journal of Sports Medicine, duduk selama dua jam saja akan menurunkan aliran darah dan gula darah di tubuh. Ini berakibat pada meningkatnya risiko mengidap obesitas, diabetes, dan penyakit jantung.
 
Jika duduk terus menerus selama dua jam saja sudah dianggap berisiko pada kesehatan, bagaimana jika aktivitas keseharian Anda mengharuskan duduk selama berjam-jam?

Menurut  kardiolog dari Mayo Clinic, Martha Grogan, mereka yang menghabiskan waktu seharian dengan duduk, memiliki risiko penyakit jantung yang level bahayanya sama dengan tingkat bahaya merokok. Olah raga selama 30 menit per hari bahkan tak cukup mampu menurunkan risiko akibat duduk selama 8-10 jam sehari.

Para peneliti sudah menemukan bahwa ...

Read More    

Add to Flipboard Magazine.

Tulis Komentar:


Anda harus login sebagai member untuk bisa memberikan komentar.

               
       

Popular

   

Photo Gallery

Visitor


Jumlah Member Saat ini: 2250