Search:
Email:     Password:        
 





Amalia Yunita: Srikandi Petualang Indonesia

By Andi Nursaiful (Administrator) - 06 April 2014 | telah dibaca 2944 kali

Tubuh yang mungil, kulit sehat terawat, dan wajah ayu tak membuat wanita satu ini takut bertualang di alam liar. Ia mengarungi jeram-jeram, menelusur gua-gua, dan mendaki gunung-gunug es. Dialah pendiri dan CEO PT Lintas Jeram Nusantara, sekjen Global Rescue Network, dan penggagas Female Trekker for Lupus.

Kecintaan Amalia Yunita Korua terhadap alam liar tak diragukan lagi. Sejak duduk di bangku SMP, ia sudah menggeluti kegiatan camping. Aktivitas ini berlanjut di SMA hingga perguruan tinggi. Di semester awal, ia tergabung dalam klub pecinta alam Aranyacala Trisakti, dan terbilang aktif pada masanya.

“Setiap tahun saya mengikuti ekspedisi, dari berlayar, caving, rafting, hiking, sampai aktivitas yang memacu adrenalin lainnya,” kenangnya.

Setelah lulus, beberapa kali ia menjajal ekspedisi arung jeram ke luar negeri. Salah satunya ke Zimbabwe (Afrika, 1994). Ia melihat pengelolaan wisata arus liar di daerah tersebut sudah sangat maju.

Kemudian tercetuslah ide untuk membuka operator arung jeram di Pulau Jawa. “Saya pernah berlatih di sungai-sungai sekitar pulau Jawa Barat untuk ekspedisi, dan ternyata potensinya tidak kalah bagus dibandingkan dengan di negara lain,” ujar wanita yang kerap diundang sebagai juri perlombaan arung jeram di berbagai negara ini.

Keinginannya terwujud setelah menjadi isteri Lody Korua yang kebetulan memiliki interest yang sama.

Keduanya membuka usaha Tropical Adventure, usaha yang menyediakan paket-paket olah raga arung jeram, yang kini menjadi Arus Liar.

“Ya, walaupun pada awalnya teman saya sempat menganggap remeh usaha yang saya buat, tapi saya tak peduli! Justru, saya semakin terpacu untuk membuktikannya,” ujar ibu tiga anak ini.

Usaha itu membuahkan hasil. Perusahaan berkembang menjadi one-stop adventure di bawah naungan PT. Lintas Jeram Nusantara yang mengelola kawasan wisata Arus Liar di Sungai Citarik, Sukabumi, dan Regulo di Sungai Pekalen, Probolinggo, Jawa Timur.

Selain menjadi CEO operator rafting ternama di Tanah Air, Amalia juga aktif berkampanye tentang penyakit Lupus dan menggalang dana untuk penderita lupus. Bersama rekan-rekannya di Yayasan Lupus Indonesia, ia mewujudkan misi tersebut dengan mengibarkan bendera for Lupus di Gunung Kilimanjaro dan Nepal.

Amalia-grafi
Nama Lengkap Ir. Amalia Yunita Pendidikan S1 FTSP Trisakti Pekerjaan CEO PT. Lintas Jeram Nusantara Keluarga Lody Korua (suami) Salsabila Koru, Ken Kiham Korua, Kalif Kresna Korua (putra/i)


Artikel ini dimuat pada majalah Men’s Obsession edisi Juni 2006


Read More    

Add to Flipboard Magazine.

Tulis Komentar:


Anda harus login sebagai member untuk bisa memberikan komentar.

               

Popular

 

Photo Gallery

Visitor


Jumlah Member Saat ini: 2250