Search:
Email:     Password:        
 





ANTAM, Menambang SDM Unggul

By Benny Kumbang (Editor) - 11 May 2016 | telah dibaca 2265 kali

Naskah: Suci Yulianita, Foto: Dok. Antam

PT ANTAM (Persero), Tbk. atau ANTAM tak hanya sukses menambang Sumber Daya Alam yang ada di bumi pertiwi ini, namun juga sukses menambang Sumber Daya Manusia unggul untuk menjadi generasi penerus bangsa melalui serangkaian kegiatan Corporate Social Responsibility (CSR) di bidang pendidikan yang konsisten dilakukannya.   

 

ANTAM sesungguhnya memiliki berbagai program yang tergabung dalam program CSR, yakni penyaluran kredit lunak Program Kemitraan (PK) kepada usaha kecil dan menengah, Bina Lingkungan (BL), dan Community Development (Comdev). Bidang pendidikan sendiri masuk ke dalam program Bina Lingkungan, yang mana meliputi tujuh sektor utama, yakni, pendidikan dan pelatihan, sarana ibadah, sarana/prasarana umum, pelestarian alam, kesehatan, bantuan korban bencana alam dan BUMN Peduli.   


Kegiatan yang dilakukan dalam bidang pendidikan dan pelatihan tersebut, antara lain, ANTAM memberikan pelatihan kewirausahaan yang memiliki tujuan mencetak SDM siap kerja dengan peserta siswa SMA atau sederajat putus sekolah yang berdomisili sekitar wilayah operasional perusahaan. Salah satu program pelatihan yang dilaksanakan ANTAM diantaranya bergerak di bidang usaha garmen yang bekerjasama dengan International Garment Training Centre (IGTC). Kegiatan ini bertujuan mendidik pemuda putus sekolah agar bisa mandiri dengan keterampilan di bidang garmen.


Selain itu, ANTAM juga menjalin kerjasama dengan Techno Motor Academy (TMA) di Jalan KS Tubun, Jakarta. Pemuda putus sekolah diberi bekal keterampilan bengkel sepeda motor dan disalurkan ke bengkel-bengkel. Selain pelatihan keterampilan seperti tersebut diatas, ANTAM juga memberikan program pendidikan pelatihan siap kerja lainnya, seperti perbaikan telepon  dan keterampilan tata rias.


Kepedulian ANTAM terhadap bidang pendidikan tak hanya sampai di situ. Untuk kegiatan pendidikan formal, ANTAM rutin memberikan beasiswa kepada para pelajar dan mahasiswa berprestasi yang berasal dari daerah sekitar wilayah operasi setiap tahunnya. Hingga kini lebih dari 5000 siswa yang telah mendapat beasiswa ANTAM, mulai dari jenjang sekolah dasar hingga doktoral.


Untuk beasiswa strata 1 (S1), ANTAM bekerjasama dengan beberapa Universitas Negeri di Indonesia, seperti Universitas Haluleo Kendari, Universitas 19 November Kolaka, Universitas Hasanuddin Makassar, dan Institut Pertanian Bogor (IPB). Pemberian beasiswa tersebut, selain sebagai bentuk tanggungjawab pada masyarakat, ANTAM berkeinginan agar Sumber Daya Manusia di wilayah unit bisnis ANTAM beroperasi yang sebagian besar merupakan daerah terpencil juga dapat maju dan mampu bersaing dengan sumber daya yang berasal dari daerah kota-kota besar di Indonesia.


Contoh salah satu mahasiswi terpilih yang mendapatkan beasiswa ANTAM melalui Program Beasiswa Utusan Daerah (BUD), adalah Octaviani, putri daerah asal Pomalaa, Sulawesi Tenggara yang mendapat kesempatan menekuni pendidikan jurusan Silvikultur di Institut Pertanian Bogor (IPB). Octaviani merasa sangat berterimakasih pada ANTAM lantaran dirinya bisa meraih impiannya melalui program tersebut. Keterbatasan biaya kuliah kini tak lagi menjadi penghalang untuk meraih cita-citanya.


Sama seperti apa yang menjadi harapan ANTAM, Octaviani pun ingin mewujudkan harapannya agar kelak dapat berkontribusi mengembangkan daerah asalnya. Ilmu dan pengalaman yang didapatnya selama kuliah di rantau, tentunya akan sangat bermanfaat untuk diaplikasikan di daerah kelahirannya.


Selain itu, di Kalimantan Barat, ANTAM baru saja memberikan bantuan beasiswa kepada 25 mahasiswa Universitas Tanjungpura. Pemberian beasiswa dilakukan di Gedung Rektorat Untan, pada 22 Maret 2016 lalu. Penyerahan Beasiswa PT Antam (Persero), Tbk. kepada mahasiswa penerima beasiswa, dihadiri oleh Vice President CSR PT Antam (Persero), Tbk. Ir Agus Yulianto MM, Wakil Rektor Bidang Kemahasiswaan dan alumni Prof. Dr. Kamarullah SH MHum, beserta para mahasiswa penerima beasiswa.


Mahasiswa penerima beasiswa tersebut telah memenuhi syarat yang telah ditentukan oleh ANTAM, yakni penerima beasiswa merupakan mahasiswa aktif, memiliki IPK minimal 3, tidak sedang menerima beasiswa lain, dan diprioritaskan mahasiswa yang berasal dari wilayah operasi ANTAM.


Selain beasiswa kepada para pelajar dan mahasiswa, ANTAM rupanya memperhatikan betul kualitas para pendidik. Hal tersebut ditunjukkan ANTAM dengan mengirimkan beberapa dosen Perguruan Tinggi dari beberapa daerah operasional ANTAM, seperti dosen dari Maluku Utara yang dikirim untuk mengikuti pendidikan ke Montana State University, Amerika Serikat. Program ini dilakukan dengan tujuan untuk meningkatkan wawasan, kompetensi dan kualitas tenaga pendidikan para dosen Perguruan Tinggi di daerah-daerah.


Di samping itu, ANTAM juga memberikan bantuan honor guru, mendukung pembangunan sarana dan prasarana pendidikan, seperti pembangunan gedung sekolah, pagar sekolah, serta pemberian buku pelajaran.


Ya, melalui serangkaian kegiatan CSR di bidang pendidikan ini, ANTAM memiliki keyakinan bahwa pendidikan merupakan salah satu upaya untuk meningkatkan taraf hidup dan memberantas kemiskinan. Melalui wujud nyatanya itu, ANTAM pun telah mendukung program pemerintah dalam mencerdaskan bangsa, menuju masyarakat mandiri, serta menciptakan kesempatan bersaing baik skala nasional maupun internasional.


Add to Flipboard Magazine.

Tulis Komentar:


Anda harus login sebagai member untuk bisa memberikan komentar.


               

Popular

   

Photo Gallery

Visitor


Jumlah Member Saat ini: 2250