Search:
Email:     Password:        
 





Mobil Termewah Sepanjang 2016

By Syulianita (Editor) - 30 December 2016 | telah dibaca 1584 kali

Naskah: Suci Yulianita/berbagai sumber, Foto: Istimewa

 

Seiring perkembangan zaman, otomotif kini telah menjadi bagian dari sebuah industri. Ya industri otomotif terus mengalami kemajuan tahun demi tahunnya. Di Indonesia sendiri ajang pameran bergengsi otomotif digelar bisa sampai 5 kali dalam setahun. Fungsi kendaraan, khususnya mobil pun telah bergeser, tak lagi sebatas alat transportasi melainkan sudah menjadi gaya hidup. Konon, kelas seseorang bahkan juga dilihat dari jenis kendaraannya. Tak heran jika pabrikan kendaraan terus berlomba-lomba menghadirkan sesuatu yang baru untuk para konsumennya. Berikut beberapa jenis kendaraan premium termewah dan termahal sepanjang 2016.

 

Hennessey Venom GT

Ini merupakan salah satu mobil tercepat yang dirancang oleh pabrikan mobil asal Amerika, Hennessey. Konon Hennessey Venom GT pernah memecahkan rekor mobil tercepat di dunia dalam uji landasan pacu NASA di Florida dengan kecepatan 270,49 mil per jam atau 434 km per jam yang mengalahkan rekor sebelumnya, Bugatti Veyron dengan kecepatan 269,86 mil per jam, juga mengalahkan kecepatan mobil balap Formula 1 yang rata rata di angka 200 mil per jam. Dengan kecepatan yang super dahsyat tersebut, Venom GT telah memecahkan rekor “Guinness World Record” Amerika yang uji kecepatannya dilakukan di landasan pacu pesawat luar angkasa, Kennedy Space Center.

Karena kecepatannya itu, mobil dengan bobot 1.244 kilogram ini mampu menjadi roket di daratan. Venom GT mampu melakukan akselerasi 100km per jam hanya dalam waktu 2,7 detik, dan 160 km per jam hanya dalam waktu 5,6 detik, serta hanya membutuhkan waktu 14,51 detik untuk akselerasi 320 km/jam. Dibekali mesin yang sanggup memuntahkan tenaga hingga 1.451 Tk dan torsi 1.741 Nm yang dikirim ke roda belakang.

Tak heran jika melihat kecepatannya yang luar biasa, lantaran Hennessey Venom GT ditenagai mesin twin turbocharged V8 berkapasitas 7 liter yang mampu menyemburkan 1.244 hp. Sejak kali pertama kemunculannya, mobil ini mendapat pujian dari berbagai pihak, terutama media otomotif di jagat raya. Yang diproduksi pun hanya terbatas, sebanyak 11 unit dan tak semua bisa memilikinya, salah seorang yang berkesempatan memiliki mobil ini adalah Steve Tyler.

Namun pada 2016 ini, konon mobil ini meningkatkan jumlah produksinya menjadi sekitar 29 unit, tapi tetap limited edition untuk menjaga eksklusivitas dan kemewahannya. Dijual di duPont Registry dengan harga selangit, sebesar USD1,2juta atau sekitar Rp.16miliar. Venom juga menawarkan edisi khusus, Venom GT ‘World Record Edition’ yang sebanyak tiga unit yang dibanderol dengan harga USD1,3juta atau sekitar Rp.17,03miliar. Tak berlebihan rasanya jika Venom GT dinyatakan sebagai mobil tercepat di dunia tahun 2016 versi Majalah Forbes Amerika.

 

 

Pagani Huayra

Hypercar besutan pabrikan mobil asal Italia ini, disebut sebagai pesaing LaFerrari. Sama seperti hypercar lainnya, Huayra memiliki performa dahsyat. Dibekali tenaga dari mesin V12 biturbo 6.0 liter yang mampu menghasilkan tenaga 720 hp. Huayra mampu berakselerasi hingga 100 km per jam hanya dalam waktu 3,3 detik. Tubuhnya yang ramping dengan model yang futuristik menjadikan daya pikat tersendiri bagi mobil ini. Pagani Huayra dipasarkan dengan harga USD1,5juta atau sekitar Rp.20miliar.

Dikatakan juru bicara Pagani, Luca Venturi dalam keterangan persnya, Huayra berhasil memikat para penggemarnya, dan terjual habis mobil yang diproduksi terbatas ini. Penjualan tersebut juga menjadi pencapaian terbaik Pagani. Hingga kini, produksi mobil tersebut masih terus diproduksi meski stok sudah habis terjual. Hal itu lantaran masih terdapat banyak pesanan, terutama sepanjang 2016 ini, mobil tersebut menjadi salah satu hypercar yang laris manis. Apalagi Pagani juga memproduksinya terbatas, sekitar 40 mobil setiap tahunnya.

Keberhasilan Huayra membuat Pagani terus berinovasi menciptakan sesuatu yang baru, yakni versi ekstrim dari Huayra yang disebut Pagani Huayra BC yang dirancang dengan tampilan body kit yang lebih agresif. Didukung mesin twin turbocharged V12 berkapasitas 6.0 liter, Huayra BC memiliki kekuatan 730 hp dengan torsi 738 lb-ft, sehingga mampu mencapai kecepatan 96 km per jam hanya dalam hitungan 3,3 detik sebelum mencapai kecepatan tertinggi di angka 370 km/jam. Diproduksi terbatas, hanya 20 unit, Huayra BC dibanderol harga yang lebih tinggi, yakni USD2,7juta atau setara Rp.37miliar.

Selain itu, kabarnya Pagani juga memperkenalkan produk barunya yang lebih mewah dan eksklusif, yakni Pagani Huayra Pearl yang hanya diproduksi 1 unit saja. Ya hanya satu unit, lantaran tipe ini dirancang khusus berdasarkan pesanan seorang pelanggan dari Refined Marques Dealer. Jika dibandingkan tipe standar, perbedaan mencolok terdapat pada eksterior dan interior. Eksteriornya dibuat dari material serat karbon berwarna biru kombinasi hitam. Bagian interiornya dibuat lebih sporty.

 

 

Lamborghini Veneno Roadster

Pabrikan asal Italia satu ini tentu sudah tak asing lagi bagi masyarakat Indonesia. Beberapa kaum jetset Indonesia sendiri bahkan ada yang memilikinya yang sebagian tergabung dalam sebuah komunitas mobil mewah ini. Seperti yang kita ketahui, harga satu unit mobil Lamborghini dibanderol miliaran rupiah hingga puluhan miliar rupiah, seperti varian Lamborghini Veneno Roadster ini, dibanderol harga USD4,5juta atau senilai Rp.48,6miliar. Mobilnya pun terbilang sangat mewah dan eksklusif tentunya, sebanding dengan harga yang ditawarkan, diproduksi sangat terbatas, sekitar 9 unit.

Lamborghini Veneno Roadster didukung performa mesin yang mumpuni dengan mesin V12 berkapasitas 6.5 liter yang mampu menghasilkan tenaga maksimal sebesar 750 tenaga kuda. Menggunakan transmisi 7 kecepatan tunggal dengan sistem clucth ISR automated manual transmission, dan mampu menembus kecepatan hingga 355,6 km per jam, dan hanya membutuhkan waktu dalam 2,8 detik untuk menempuh kecepatan 0-100 km per jam. Untuk bodinya, sebagian menggunakan serat karbon berkualitas tinggi, baik pada eksterior maupun interior.

Desainnya yang tampak sangat futuristik menyerupai mobil dalam film Batman. Lekuk bodinya yang tajam dan aero dinamis kian menguatkan kesan sporty dan elegan. Bagian belakangnya terdapat sayap dengan model terowongan angin yang diklaim mampu menghasilkan down force maksimal saat mobil melaju dengan kecepatan tinggi. Konstruksinya dibuat dengan menggunakan CFRP (carbon fiber reinforced polymer) sehingga bobotnya lebih ringan hanya 1.450 kg, lebih ringan 125 kg jika dibandingkan Lamborghini varian lain, seperti Aventador.

 

 

Ferrari LaFerrari

Bersamaan dengan perayaan hari ulang tahun Ferrari yang ke – 70 tahun pada 2016 ini, Ferrari mempersembahkan kendaraan teranyarnya yang sebagian dipamerkan dalam ajang Paris Motor Show 2016 pada Oktober 2016 lalu. Sebelumnya, LaFerrari dihadirkan dengan mesin V12 berkapasitas 6.262 cc yang mampu menghasilkan daya hingga 800 hp pada 9.000 RPM, dan torsi puncak 700 Nm o (516 lb-ft), tersedia pada 6.750 rpm.LaFerrari hadir dengan dimensi panjang 4.702 mm, lebar 1.992mm dan tinggi 1.116 mm. Jarak sumbu roda 2.665 mm dengan bobot hanya 1.255 kg. Distribusi bobot antara depan dan belakang 41 persen berbanding 59 persen.

Kemudian versi terbarunya yang dipamerkan pada ajang Paris Motor Show 2016 adalah La Ferrari Aperta yang dirancang dengan atap terbuka. Aperta dipastikan tetap mempertahankan aerodinamika dan kekuatan struktural seperti coupe La Ferrari, meski hadir tanpa atap. Aperta juga dilengkapi dua jenis atap yaitu hard top atau atap keras dari bahan serat karbon dan atap lembut atau soft top, yang kedua-duanya bisa dilipat manual dan disimpan dalam bagasi.

Tak ada yang berubah dari mesinnya. Aperta juga masih menggunakan mesin V12 ICE 800 cv yg dikawinkan dengan motor listrik 120 kW dan teknologi KERS, yang mampu menyemburkan tenaga 950hp dan torsi lebih dari 900Nm. Dengan begitu, Aperta mampu berakselerasi 0 – 100 km/jam hanya dengan waktu kurang dari 3 detik dengan top speed lebih dari 350 km/jam.

Khusus untuk Aperta, Ferrari telah melakukan modifikasi besar-besaran guna mempertahankan torsi dan juga telah merevisi aerodinamis dari mobil. Tak heran jika harganya dibanderol selangit. Untuk saat ini Ferrari belum memberikan keterangan soal harga, namun ada bocoran harga berkisar di atas Rp.20miliar. Untuk saat ini, produksi Aperta dibatasi, hanya sekitar 209 unit. Dan kabarnya 200 unit sudah dipesan oleh para pecinta Ferrari. Selain La Ferrari Aperta, dalam ajang Paris Motor Show 2016, Ferrari juga memamerkan varian Ferrari GTC 4 Lusso T yang menjadi mobil pertama Ferrari dengan empat penumpang.

 

 

Bugatti Veyron 16.4 Grand Sport Vitesse

Inilah salah satu raksasa supercar yang juga mampu memikat hati para penggemarnya. Selain Lamborghini dan Ferrari, Bugatti Veyron termasuk salah satu jenis kendaraan supercar yang juga populer. Bugatti Veyron dikenal sebagai supercar yang memiliki top speed tertinggi, bersaing dengan Hennessey.

Bugatti Veyron 16.4 Grand Sport Vitesse dipasarkan seharga USD2,25juta atau sekitar Rp.24,3miliar. Supercar ini didukung mesin mumpuni, mesin Quad Turbo W-16 berkapasitas 8.0 Liter yang mampu menghasilkan tenaga maksimal hingga 1200 hp dan hanya membutuhkan waktu dalam 2,4 detik untuk menempuh kecepatan 100 km per jam. Dengan tenaga yang begitu besar dan kecepatan yang sangat tinggi, supercar ini hanya cocok digunakan pada lintasan yang seperti landasan pesawat terbang.


Add to Flipboard Magazine.

Tulis Komentar:


Anda harus login sebagai member untuk bisa memberikan komentar.

     
               

Popular

   

Photo Gallery

     

Visitor


Jumlah Member Saat ini: 2250