Search:
Email:     Password:        
 





Lagi, Supercar Terbaru Jadi Mobil Polisi di Dubai

By Andi Nursaiful (Administrator) - 10 April 2014 | telah dibaca 2286 kali

Naskah: Andi Nursaiful/berbagai sumber, Foto: Dok. MO

Menyusul deretan supercar dari berbagai pabrikan terkemuka,  kepolisian Dubai, Uni Emirat Arab (UEA), kembali menambah koleksi supercar.

Armada mobil patroli terbaru mereka kali ini adalah calon mobil tercepat dunia, Koenigsegg One:1, yang baru bulan lalu dipamerkan di Geneva Motor Show 2014.


Koenigsegg One:1 akan bergabung dengan pemegang rekor mobil tercepat saat ini, Bugatti Veyron, Ferrari FF, Aston Martin One-77, Lamborghini Aventador, Chevrolet Camaro, McLaren MP4-12C, Mercedes-Benz SLS AMG, dan Bentley Continental GT W12. Semua adalah supercar termewah dunia saat ini.

Kepolisian Dubai sejak beberapa tahun terakhir memang dikenal hobi mengoleksi mobil mewah dan supercepat untuk dijadikan kendaraan patroli polisi. Saat ini sudah beredar gambar Koenigsegg One: 1 telah ‘berseragam’ kepolisian UEA hijau putih.

Padahal, supercar itu baru saja debut di ajang Geneva International Motor Show 2014, pada 6-16 Maret 2014 lalu. Mobil yang digadang-gadang bakal jadi mobil tercepat di dunia itu tentu membuat kepolisian Dubai pasti sangat tertarik, sekaligus untuk mendampingi sang pemegang rekor tercepat saat ini, Bugatti Veyron Super Sport, yang sudah lebih dulu bergabung dengan armada kepolisian Dubai.

Koenigsegg One:1 mengusung mesin V8 alumunium V8 berkapasitas 5,0 liter yang mampu menyemburkan daya hingga 1.341 tenaga kuda (986 Kw) dengan torsi maksimal sebesar 1.371 Nm (1.011 lb-ft), pada putaran mesin 6.000 rpm.

Boleh dibilang ini bukan lagi supercar, melainkan megacar.  Koenigsegg One:1 memiliki berat bodi sebesar 1.341 kg, dan mampu mencapai kecepatan tertinggi hingga 450 km/jam.

Selain Bugatti Veyron, saat ini armada kepolisian Dubai sudah dilengkapi satu McLaren MP4-12C, satu Lamborghini Aventador, satu Aston Martin One-77, satu Bentley Continental GT W12, satu Ferrari FF, Chevrolet Camaro, dan Brabus G-Wagen.

McLaren MP4-12C yang dibuat di Woking, Inggris, bermesin twin-turbocharged 3.8 L. Mobil ini juga dilengkapi dengan lampu sirine polisi dan mampu berakselerasi dari diam ke 100km/jam dalam waktu sekitar 3 detik. Pada November 2013 mobil ini dianugerahi gelar Car of The Year dan Best Supercar dari East Motor Award.

Lamborghini Aventador juga tak bisa dianggap remeh karena memiliki kekuatan mencapai 700 bhp dari mesin V12 berkapasitas 6.5 liter. Mesin ini mampu membawa mobil berakselerasi dari diam sampai 100 km/jam dalam waktu kurang dari 3 detik, dengan kecepatan puncak mencapai 350 km/jam.

Aston Martin One-77 tak kurang istimewa, mengingat mobil buatan Inggris ini dibuat terbatas hanya 77 unit di seluruh dunia. Yang lebih mencengangkan adalah, Aston Martyin One-77 yang dipakai kepolisian Dubai bukan One-77 biasa, melainkan salah satu dari mobil One-77 Q-series yang hanya diproduksi 7 unit saja.

Si Kuda Jingkrak Ferrari FF sempat tidak terendus sebagai mobil patroli polisi Dubai, sebelum kepolisian Dubai mengakui. Mobil ini sendiri menggendong mesin 6.3-liter berkonfigurasi V12 yang garang. Dari mesin ini, 661 tenaga kuda dapat keluar di putaran 8.000 rpm dengan torsi 683 Nm di 6.000 rpm yang tersalurkan melalui transmisi dual-clutch 7-speed.


Kapasitas mesin besar. Kecepatan super, plus kemewahan juga berlaku armada lainnya, baik itu Mercedes-Benz SLS,  Bentley Continental GT W12, maupun Chevrolet Camaro SS yang populer di film box office Transformer.

Petugas polisi UEA yang mengendarai mobil-mobil patroli super wajib terlebih dulu harus mengikuti kursus mengemudi supercar. Kematian di jalan raya merupakan hal biasa di UEA, dengan satu orang meninggal setiap 26 jam.










Sebagian besar kematian tersebut diakibatkan karena mengebut, berkendara tanpa menggunakan sabuk pengaman, dan berkendara sambil menggunakan telepon genggam.

Selain UEA, kepolisian di Timur Tengah yang juga memilih menggunakan mobil super sebagai kendaraan mereka adalah kepolisian lalu lintas Qatar yang menggunakan Lamborghini Gallardo dan Porche.



Add to Flipboard Magazine.

Tulis Komentar:


Anda harus login sebagai member untuk bisa memberikan komentar.

     
               

Popular

   

Photo Gallery

     

Visitor


Jumlah Member Saat ini: 2250