Mobil - Mobil “Berotak” AI

Oleh: Syulianita (Editor) - 22 April 2020 | telah dibaca 684 kali

Naskah: Rudi Rais Foto: Istimewa

Siapa sangka jika imajinasi Glen A. Larson yang melahirkan serial TV Knight Rider pada tahun 1980-an menjadi kenyataan sekarang?Ya, film serial bergenre action yang sempat digandrungi semua lapisan usia ini bercerita tentang sosok jagoan bernama Michael Knight yang diperankan aktor lawas David Hasselhoff. Di mana dalam aksinya, Michael Knight ditemani mobil super cerdas bernama KITT (Knight Industries Two Thousand), sebuah kendaraan dengan kemampuan luar biasa yang bisa melaju sendiri tanpa orang di balik kemudi dan mengikuti apa saja instruksi pemiliknya.

 

Kini, KITT tak lagi sekadar imaji. Teknologi telah merealisasikan proto tipe mobil tersebut dengan bantuan kecerdasan buatan atau artificial intelligence (AI). Mengacu pada Ensiklopedia Britannica kita dapat mendefinisikan AI ini sebagai kemampuan komputer atau robot yang dikendalikan komputer untuk melakukan tugas yang umumnya terkait dengan (tugas) makhluk cerdas seperti manusia dengan Big data menjadi salah satu aspek penentu perkembangan AI hari ini.

 

Memang, mobil yang sudah ditanami kecerdasan buatan ini tak secara serta merta dapat melakukan apa yang manusia bisa lakukan. Karena sama seperti manusia, mobil dengan AI di dalamnya juga harus “belajar”. Bedanya terletak pada “metode” memasukkan data tentang sesuatu khususnya informasi menyeluruh soal lalu lintas. Proses “pembelajaran” AI dalam mobil tidak hanya terjadi di titik awal saja. Proses penyerapan informasi terus berjalan seiring dengan semakin seringnya ia dipakai.

 

Menurut Dirk Hoheisel, Member of the Board of Management, Robert Bosch dalam acara Bosch Mobility Experience 2017 mengatakan, dengan tiap situasi baru yang dihadapi di jalan, AI juga akan belajar lebih banyak. “Di jaringan, komputer kami akan menyimpan apapun yang dipelajari ketika mobil bergerak. Di lab, para ahli akan mengecek apa saja yang sudah dipelajari itu,” sambung Hoheisel.

 

Lalu, apa saja mobil-mobil cerdas yang sudah disiapkan saat ini ?