Anti Peluru, Audi hingga Jaguar

Oleh: Syulianita (Editor) - 01 October 2020 | telah dibaca 203 kali

Naskah: Purnomo Foto: Istimewa

Bicara soal mobil canggih, Anda mungkin pernah mendengar mobil anti peluru dengan tingkat keamaan sangat mumpuni yang digunakan oleh para pimpinan tertinggi dunia, salah satunya mobil khusus dari Secret Service bernama The Beast yang selalu digunakan Barack Obama ketika menjabat sebagai Presiden Amerika Serikat. Alasan kenyamanan dan keamanan ini pulalah yang akhirnya membuat banyak miliarder rela merogoh kocek fantastis untuk memiliki mobil anti peluru seperti para petinggi dunia. Berikut ini kami ulas lima mobil anti peluru tercanggih di dunia tahun 2020.

Jaguar XJ Sentinel 

Pabrikan mobil kenamaan sekelas Jaguar menghadirkan mobil anti peluru dengan nama Jaguar XJ Sentinel. Fitur anti peluru inilah yang menjadikannya banyak diminati oleh para miliarder untuk kendaraan pribadi mereka.

Ditambah memiliki penampilan mewah dan juga kenyamanan ketika berada di dalamnya inilah yang juga menjadi salah satu faktor mobil anti peluru besutan Jaguar sangat digandrungi. Akselerasi ketika berada di jalanan juga sangatlah bagus, jadi sangat cocok bagi Anda yang senang akan mobil dengan tampilan mewah serta memiliki tingkat keamanan yang tinggi.

Jaguar XJ Sentinel pertama kali diluncurkan pada ajang Moscow Motor Show. Lapisan baja pada mobil ini membuat mobil kebal akan serangan bom. Di samping itu, kacanya juga sudah anti peluru yang bisa menangkal peluru setingkat B7. Lapisan baja juga tersemat di bagian lantai mobil untuk melindungi penumpang dari serangan bom TNT 15 kg.

Sentinel mengusung sumbu roda panjang dari sasis Jaguar XJ. Di balik kap mobil, ada mesin V8 berkapasitas 5.0 L dengan tenaga setara 380 daya kuda. Mobil dapat berakselerasi 0-100 km/jam dalam waktu 9.7 detik.

Tampaknya mobil ini tak dijual untuk sembarang orang. Mobil berlapis anti peluru dan antibom memang biasanya diperuntukan bagi kalangan VIP agar bisa memadai ketika berada di perjalanan. Fiturnya pun dipilih sesuai untuk melindungi orang di dalamnya.

Mercedes Benz S600 Guard

Sektor keamanan Mercedes-Benz S600 Guard mengusung fitur anti peluru. Dimana fitur ini sepertinya sudah menjadi standarisasi mobil dari seorang kepala negara. Lebih dari sekedar fitur keamanan dan keselamatan, bagian kabin mobil ini sudah dilengkapi balistik jenis level tertinggi. Sementara itu, antara struktur bodi dan kulit terluar S600 Guard terdapat sebuah celah yang berfungsi sebagai perisai.

Pada beberapa bagian tertentu, mobil ini sudah dilapisi pelat berbahan baja yang dipasang sebagai pelapis. Hal ini dilakukan untuk memastikan peluru tidak bisa menembus bagian dalam mobil ketika terjadi tembakan. Perlindungan yang lebih maksimal juga diaplikasikan pada bagian jendela mobil. Untuk bagian dalam jendela, telah dilapisi dengan bahan polycarbonate untuk menjaga agar pecahan kaca tidak mengenai penumpang. Tak lupa juga untuk bagian bawah mobil yang berlapis pelindung tahan ledakan.

Marcedes juga menhadirkan mobil anti peluru dengan nama Marcedes Benz S600 Guard. Bukan hanya anti peluru saja, mobil ini juga menawarkan teknologi canggih pada bannya, dimana ban tersebut akan secara otomatis mengisi ketika terkena peluru atau pecah.

Di samping itu, tangki bahan bakar juga tidak mudah meledak karena dilapisi dengan material khusus. Lalu untuk soal mesin, mobil ini menggunakan mesin dengan 12 silinder bi-turbo yang mampu menghasilkan tenaga mencapai 517 hp dan torsi 830 Nm dengan penggerak belakang. Mobil ini menggunakan transmisi otomatis 7-percepatan dan memiliki kapasitas tangki 80 liter