Anti Peluru, Audi hingga Jaguar

Oleh: Syulianita (Editor) - 01 October 2020 | telah dibaca 210 kali

Audi A8 L Security

Audi sangat paham kalau segmen pasar mobil premium berlapis baja sedang ramai dan banyak orang penting yang sangat membutuhkan dukungan sekuriti tingkat tinggi ke mana saja mereka pergi. Bodi A8 L Security dilapisi bahan ultra kuat untuk meredam berbagai serangan bersenjata. Tidak hanya tembakan oleh senapan serbu, juga mampu menahan hantaman peluru kaliber besar serta letusan granat.

A8 L Security memenuhi klasifikasi proteksi VR9/VR10, sehingga mampu menahan tembakan peluru kaliber 12,7 mm. Secara umum, kabin Audi A8 L Security memenuhi klasifikasi proteksi VR9 yang berarti mampu menahan tembakan peluru kaliber 7,62 mm x 51 mm (NATO) termasuk peluru jenis AP, granat, dan ranjau. Sedangkan, kaca untuk jendela terbuat dari lapisan polikarbonat yang memiliki proteksi balistik tertinggi (VR10) bagi kendaraan sipil atau non militer.

Sedangkan, bobot Audi A8 L Security bisa mencapai 3.950 kg-4.220 kg. Konsekuensinya, tim engineering Audi memilih mesin V8 4,0 liter twin turbo milik Audi S8 dengan output 563 hp dan 800 Nm. Bandingkan dengan mesin standar V8

4,0 liter yang menghasilkan 453 hp dan 660 Nm. Akselerasinya cukup mengesankan dengan 6,3 detik untuk akselerasi 0-100 km/jam alias lebih lambat 2,5 detik dibanding S8 dan top speed dibatasi dari 250 km/jam menjadi 210 km/jam. Di Rusia, Audi A8 L Security ditawarkan dengan harga mulai dari USD750.000 sekitar Rp11 miliar.

 

BMW X5 Security

Perlindungan maksimum bagi penumpang menjadi standar wajib bagi mobil anti peluru. Nah, salah satu yang terbaik adalah BMW X5 Security yang hadir membawa perlindungan VR4 kelas balistik menurut BRV.

Perlindungan tersebut menjadikan BMW X5 Security mampu menahan serangan senapan AK-47 serta pistol kaliper hingga 44 Magnum. Tak hanya itu, BMW juga membekali X5 Security dengan kaca berlapsi polycarbonate coating yang memberikan perlindungan anti peluru. Kemewahan interior BMW X5 Security juga patut diacungi jempol. Mobil ini tetap menawarkan kemewahan yang berimbang antara interior dan eksterior. Performa mesinnya juga sangat bertenaga berkat mesin V8 Turbo dengan sistem penggerak four-wheel-drive mampu mengeluarkan tenaga sebesar 450 Horsepower.

Sedangkan, mesin mobil BMW ini menggunakan mesin V8 twin-turbo 4.5 liter dengan450 tenaga kuda, dalam model xDrive50i. Mesin memberikan kekuatan dan kinerja yang memadai untuk manuver melalui situasi berbahaya. Sementara, eksterior mobil ini dibuat dari cetakan baja berkinerja tinggi dan panel yang menjamin perlindungan yang maksimal, bahkan terhadap senapan AK-47.

Untuk mencegah peluru, fitur disegel pada sendi yang mampu memberikan perlindungan. Misalnya, di daerah penting di sekitar pintu atau dimana panel berdampingan pilar bodi. Dan untuk Interior, di bagian atasnya dengan konsep keamanan yang brilian juga mengesankan dengan pengamanan tingkat tinggi.

Rolls-Royce Phantom 

Bicara Rolls-Royce identik dengan mobil super mewah yang menjadi kendaraan para konglomerat. Terbaru, merek mobil premium Inggris ini meluncurkan Rolls-Royce Phantom model limosin.

Rolls-Royce Phantom bukan mobil sembarangan. Model Liomosin dihadirkan tidak hanya memberikan kemewahan dan kenyamanan bagi penumpang, tapi keamanan tingkat tinggi.

Wheelbase (jarak dari roda depan dan belakang) Phantom model standar adalah 3.772 mm (148,5 in). Namun, untuk model limosin

diperpanjang lebih dari 1 meter (39 in) menjadi 4.822 mm (189,8 in) dengan total panjang menjadi 7.032 mm (277 in atau 23.1 kaki). Mobil ini mendapatkan sistem perlindungan balistik B7, lengkap dengan dinding partisi yang akan membuat penghuninya aman jika terjadi kebakaran atau ledakan bom.

Ritel penjual mobil mewah, Klassen menambahkan beberapa fitur tambahan, antara lain pusat multimedia iMac dengan PC/Wi-Fi/CD/DVD, sistem suara premium Bang & Olufsen dan sistem pencahayaan mewah, yang menemani penumpang bersantai, dan fitur-fitur ini dapat dikontrol melalui ponsel iPhone.

Menggendong bodi baja, Phantom Limosin memiliki bobot 2.610 kg (5.754 lbs). Mobil ini dibanderol 3 juta euro (3,3 juta dolar AS) atau sekitar Rp46 miliar. Untuk jantung pacu, mobil ini tetap sama dengan versi standar menggendong mesin V12 twin-turbo 6.75 liter yang menghasilkan tenaga 571 PS (563 hp/420 kW) dan torsi 900 Nm (664 lb-ft).

Itulah beberapa daftar mobil anti peluru terbaik dan tercanggih yang ada di dunia. Jajaran mobil di atas juga pastinya memiliki tingkat keamanan yang sangat tinggi karena tentunya telah lolos dari berbagai uji kemanan. Maka dari itu, tidak heran jika mobil-mobil ini tahan peluru, granat, ranjau darat, dan juga roket sekalipun.