Anggota DPR RI Periode 2024-2029 Dilantik, Ini Sepuluh Peraih Suara Tertinggi

Oleh: Angie (Editor) - 01 October 2024

 

Tanggal 1 Oktober 2024 menjadi momen bersejarah saat anggota DPR RI periode 2024-2029 dilantik. Dalam pemilu terbaru, sepuluh anggota terpilih mencuri perhatian dengan perolehan suara yang mengesankan, di mana lima di antaranya berasal dari PDI Perjuangan (PDIP).

 

Menurut data resmi dari KPU RI, tampak Said Abdullah dari PDIP mencatatkan namanya sebagai anggota DPR RI dengan suara terbanyak, mencapai 528.815 suara dari daerah pemilihan Jawa Timur XI.

 

Dedi Mulyadi dari Partai Gerindra, yang maju dari daerah pemilihan Jawa Barat VII, mengikuti di posisi kedua dengan 375.658 suara. Di urutan ketiga, Edhie Baskoro Yudhoyono, atau akrab disapa Ibas, putra sulung Presiden keenam RI, Susilo Bambang Yudhoyono (SBY), mengumpulkan 318.223 suara dari Partai Demokrat di daerah pemilihan Jawa Timur VII.

 

Tak kalah menarik, di urutan keempat terdapat Hillary Brigita Lasut, anggota DPR RI termuda yang kini maju dari Partai Demokrat di daerah pemilihan Sulawesi Utara, dengan raihan suara 310.780. Di posisi kelima, Airin Rachmi Diany dari Partai Golkar berhasil mengantongi 302.878 suara dari daerah pemilihan Banten III.

 

Ketua DPR RI saat ini, Puan Maharani dari PDIP, mencatatkan 297.366 suara dari daerah pemilihan Jawa Tengah V dan menempati urutan keenam. I Nyoman Parta, juga dari PDIP, berada di urutan ketujuh dengan 281.688 suara dari daerah pemilihan Bali.

 

Selanjutnya, Fauzi H Amro dari Partai NasDem menempati urutan kedelapan dengan perolehan suara 281.499 dari daerah pemilihan Sumatera Selatan I. Kader PDIP lainnya, Sofyan Tan, mengumpulkan 279.334 suara dari daerah pemilihan Sumatera Utara I, berada di urutan kesembilan. Terakhir, Komarudin Watubun dari PDIP menutup daftar ini dengan 278.024 suara dari daerah pemilihan Papua Tengah.

 

Dengan pelantikan ini, harapan masyarakat untuk kemajuan dan perubahan yang lebih baik semakin membara. Para anggota baru diharapkan tidak hanya mampu menjalankan tugasnya dengan baik, tetapi juga mendengarkan aspirasi rakyat dan berkomitmen untuk menciptakan kebijakan yang membawa Indonesia menuju masa depan yang lebih cerah. Tantangan di depan tentu tidaklah ringan, namun dengan semangat dan dedikasi yang tinggi, mereka diharapkan dapat mewujudkan visi dan misi yang diemban demi kemajuan bangsa.