Oleh: -
Naskah: Andi Nursaiful  Foto: Andi Nursaiful/Sutanto/Fikar Asmy/Ali Usman

Perhelatan bergengsi The 21st Indonesia International Motor Show (IIMS) 2013 resmi dibuka oleh Wakil Presiden Budiono, Kamis pagi, 19 September 2013.

Ada yang menarik pada ajang akbar kali ini, yaitu dua segmen mobil yang ibarat langit dan bumi, bersaing berebut minat konsumen. Mobil-mobil murah ramah lingkungan rata-rata seharga di bawah Rp100 juta "bersaing" dengan kendaraan-kendaraan mewah berbanderol milyaran rupiah.


Di bawah program Low Cost Green Car (LGLC), sejumlah pabrikan besar, seperti Toyota, Daihatsu, Honda, Suzuki, dan Nissan, berlomba menawarkan model-model mobil murahnya.

Sementara itu, pabrikan mobil-mobil mewah, seperti Mercerdes-Benz, BMW Group, Audi, Jaguar-Land Rover, hingga PT Chrysler INdonesia (Chrysler-Jeep-Dodge-SRT-Mopar-Fiat), masing-masing memperkenalkan sejumlah model terbaru dan yakin akan meraih konsumen.

Mobil Murah

Mobil-mobil murah yang dipajang di lantai IIMS 2013, diperkirakan bakal menjadi primadona dalam pameran ini. Harga terjangkau, teknologi hemat BBM dan ramah lingkungan, tentu saja menjadi daya tarik utama. Terutama bagi konsumen yang ingin memiliki mobil pertama mereka.

PT Toyota Astra Motor (TAM) dan PT Astra Daihatsu Motor (ADM), misalnya, memajang duet Agya dan Ayla, yang langsung menarik perhatian. Kedua prototipe mobil ini sesungguhnya sudah diperkenalkan pada ajang IIMS tahun lalu. Dan sejak dua pekan lalu sudah dilepas ke pasar. Keduanya sudah mulai diproduksi di Pabrik Daihatsu di Karawang, Jawa Barat, dengan kandungan lokal hingga 84%.

Tak mau kalah, PT Honda Prospect Motor (HPM), memanfaatkan lantai IIMS 2-13 dengan membuka selubung mobil murahnya, yaitu New Honda Brio Satya dan LMPV Honda Mobilio Concept yang masih berupa konsep.

Brio Satya yang sudah diluncurkan sejak dua pekan lalu, mengusung mesin Honda i-VTEC SOHC 1.2 liter 4 silinder, dan  dijual ke pasar seharga berkisar Rp106 juta hingga Rp117 juta.

Sementara itu, IIMS 2013 menjadi tempat pertama diperkenalkannya konsep mobil Honda Mobilio di dunia (world premier). Mobil 7-seater ini kabarnya dikembangkan secara khusus untuk pasar Indonesia. Mobilio menggendong mesin I-Vtec 1.5 liter dengan transmisi manual 5 percepatan dan pilihan otomatis CVT. Mobilio akan ditawarkan seharga Rp150-Rp180 juta.

PT Nissan Motor Indonesia (NMI) yang tahun ini menghidupkan kembali merek Datsun yang pernah populer di Tanah Air, kini memajang Datsun-GO dan Datsun-Go+ berbanderol di bawah Rp 100 juta. Keduanya akan dipasarkan awal tahun depan.

Adapun PT Suzuki Indomobile Sales (SIL), dengan penuh percaya diri memajang K-Car atau Karimun Wagon R yang memiliki platform mini MPV, Wagon R ditawarkan dalam tiga tipe (GX, GL, dan GA) yang semuanya bermesin K10B 1.0 L, tiga silinder. Hingga naskah ini ditayangkan, harga K-Car belum diumumkan.

Kendaraan Premium
Di segmen kendaraan mahal nan premium, para punggawanya pun melancarkan serangan bari ke konsumen, dengan memperkenalkan sejumlah model baru.