Search:
Email:     Password:        
 





Pesohor Royal vs Selebriti Pelit

By Andi Nursaiful (Administrator) - 05 May 2014 | telah dibaca 2227 kali

Pesohor Royal vs Selebriti Pelit

Naskah:  Andi Nursaiful/berbagai sumber,  Foto: Dok. MO/Istimewa

Milyuner dunia Donald Trump konon pernah memberi tip kepada pelayan restoran di Santa Monica sebesar USD10,000. Sementara host terkenal Ellen DeGeneres memberi tip kepada pengantar pizza sebesar USD1,000 di acara Oscar 2013.

Toh, kedua pesohor ini tidak berada di daftar teratas selebriti paling royal kali ini. Pasalnya, Trump belakangan membantah telah memberi tip, dan mengaku tanda tangannya dipalsukan. Sementara tip dari Ellen sesungguhnya adalah tip saweran sejumlah pesohor yang ikut makan pizza di acara itu.

Daftar di bawah ini adalah para pesohor dunia yang diketahui paling royal memberi tip kepada pelayan restoran. Untuk membandingkan, daftar berikutnya adalah para selebriti yang dikenal paling pelit kepada pelayan resto.

Simak juga survey negara mana di Asia Pasifik yang paling teratas dalam hal tip, dan kisah dermawan pemberi tip terbesar namun selalu menyembunyikan identitasnya.


Top 10 Pesohor Royal

1.    Johnny Depp
Saat syuting film Public Enemies di Chicago, AS, aktor Johnny Depp menyempatkan mampir di Gibson's Steakhouse. Ia membayar  USD4,400 untuk makan malamnya, lalu memberi tip kepada pelayan bernama Mohammed Sekhani sebesar USDD4,000 atau sekitar Rp45,7 juta.

Inilah tip terbesar dari seorang pesohor dunia yang pernah dicatat. Sekhani memang menjadi pelayan tetap Depp di restoran itu, dan tahu betul apa yang diinginkan Depp, yaitu tak banyak bicara.


2.    Russell Crowe
Saat terlibat syuting film Robin Hood di South Wales dan kebetulan sedang break, aktor kondang ini mampir di Carew Inn di Tenby untuk mentraktir minum beberapa teman.

Crowe membayar bill sebesar £240 bill  (USD403) dan memberi tip pelayan sebesar £600 (USD1,000 lebih). Bukan cuma itu, ia juga menghibur pengunjung dan staf resto dengan bernyanyi sambil main gitar.



3.    David Beckham
Pesohor dari dunia sepak bola ini dikenal hidup mewah ala kaum jetset. Tapi dalam hal berbagi, ia berada di urutan kedua. Suatu ketika Beckham mengajak anggota tim sepak bola LA mampir minum di Joxer Daily's Pub di Culver City, California, AS.

Tak seperti rekan-rekan setimnya yang memilih bir, Beckham hanya menikmati sebotol air mineral. Total bill hanya sebesar USD100. Beckham menggenapkannya menjadi USD1,000, di mana USD900 adalah tip untuk sang pelayan bernama Claudia Belden.


4.    Drew Barrymore
Aktris cantik nan seksi ini diketahui selalu memberi tip kepada pelayan resto sebesar jumlah bill yang harus dibayarnya. Setidaknya, ini diungkapkan oleh Ana Ortiz, mantan pelayan resto yang pernah dua kali melayani Barrymore. Ortiz sendiri kini menjadi bintang di film Ugly Betty.




5.    Drew Carey
Aktor, komedian, dan TV Host terkenal Drew Allison Carey juga sejak lama dikenal royal dalam hal tip kepada pelayan. Suatu saat ia bersantap malam di Arnie Morton Steakhouse di Los Angeles, AS, dan membayar bill sebesar USD$250. Untuk pelayan, ia memberi tip sebesar USD400.








6.    Charlie Sheen
Aktor ini diketahui pernah memberi tip sebesar USD200 kepada masing-masing pelayan dan staf event organizer yang mengurusi acara pesta ulang tahun ke-16 putrinya, Cassandra Jade Estevez.









7.    Dan Aykroyd
Aktor, komedian, dan penyanyi asal Kanada, ini, juga dikenal royak dalam memberi tip. Menurut seorang pelayan restoran langganannya di Syracuse, New York, aktor yang membintangi film  Ghostbusters, ini, selalu memberi tip USD100 kepada pelayan, atau sekitar 50 persen dari tagihan.







8.    Hulk Hogan
Meski berpenampilan gahar, aktor satu ini sejak lama dikenal rendah hati dan dan senang membantu mereka yang kesulitan. Dalam hal memberi tip ke pelayan restoran, Hogan ternyata juga tidak pelit. 

Seorang pelayan di South Florida mengaku Hogan memberi tip kepadanya
sebesar USD80 untuk bill sebesar USD120.





9.    Bill Murray
Aktor dan komedian asal AS ini diketahui pernah memberi tip sebesar USD80 atas bill yang dibayarkan sebesar USD60. Ia juga dikenal rendah hati dan senang masuk ke dapur untuk menyapa dan membantu para pelayan dan koki.







10.    Barack Obama
Orang nomor satu di Gedung Putih ini dikabarkan pernah memberi tip sembilan kali lipat dari nilai bill. Saat kampanye pilpres 2008, Obama sempat mampir minum bir di Raleigh Times Bar di North Carolina. Ia membayar USD2 untuk minumannya, USD18 kembaliannya diberikan kepada sang pelayan.

Para Selebriti Pelit

1. Britney Spears
Penyanyi kondang pernah digelari Worst Tippers of 2013 dari saluran musik VH1 akibat sifat pelitnya. Suatu saat, Spears menghabiskan USD457 untuk makan siang di sebuah resto, dan hanya memberi tip USD10. Di saat lain, diva musik pop ini memberi tip USD26 untuk makan malam seharga USD500

Kejadian lain, ia pernah memaksa seorang pelayan resto untuk membelikannya secangkir kopi di gerai Starbuck di seberang jalan tempat ia makan. Bukan hanya tak memberi tip kepada sangay pelayan, namun ia juga menolak ketika sang pelayan meminta reimbursement.

Di saat lain, Spears makan bersama beberapa teman di resto terkenal One Sunset, di Hollywood, dan membayar bill sebesar USD251 tanpa memberi tip. Ia juga diketahui pernah melemparkan receh ke seorang juru parkir valet sambil berujar, “There's your tip."

2. Jeremy Piven
Bintang televisi dan produser film Jeremy Piven diketahui pernah memesan tempat terbaik di Nobu, restoran sushi terbaik di Aspen, Colorado, AS, untuk 13 orang.

Saat hendak pergi, Piven berujar kepada manajer resto, “Thanks for nothing!" Ia memberi meninggalkan tip berupa sebuah DVD acara televisinya yang ditandatangani. Konon, Nobu tak boleh lagi makan di sana sejak itu.


3. Usher
Penyanyi pop dan R&B ini9 dikenal juga pelit, termasuk kepada pelayan. Kerap saat makan bersama koleganya, ia justru minta orang lain yang mentraktir. Jika terpaksa ia yang harus merogoh kantong, Usher hanya memberi tip berupa tanda tangan kepada pelayan.




4. Tiger Woods
Selebriti lapangan golf ini dikenal sangat pelit. Pernah suatu saat Woods bersantap di salah satu resto mewah di Las Vegas bersama koleganya. Usai makan, ia meminta rekannya yang memberi tip. Alasannya, ia tak membawa uang tunai. Salah satu atlet terkaya dunia ini memang diketahui tak pernah memberi tip kepada pelayan.








5. Madonna
Aktris penyanyi kondang ini juga dikenal pelit. Saat masih menjadi Nyonya Guy Ritchie, mereka memberi tip USD18 untuk makan malam seharga USD400 di sebuah resto di West London. Seorang pelayan lain melaporkan usai makan di resto bernama Babbo, janda kaya ini tak meninggalkan tip sama sekali.








6. Kirsten Dunst
Mantan bintang film Spiderman ini juga dikenal kikir soal tip. Seorang pelayan di salah satu resto di West Hollywood, mengungkapkan, Dunst sama sekali tak memberi tip. Cerita serupa diungkapkan seorang pelayan di resto lain, di mana Dunst pernah memayar tagihan makan sebesar USD233 tanpa tip sepeser pun.


7. Bill Cosby
Aktoir komedian gaek Bill Cosby dikenal bereputasi buruk di mata para pelayan. Seorang pelayan mengatakan Cosby pernah membayar tagihan sebesar USD375 dan hanya memberi tip 3 sen.

Seorang pelayan lain mengisahkan, Cosby masuk ke hotel dengan enam koper besar. Petugas yang membawakan koper berat itu hanya mendapat tip sebesar 50 sen.






8. Dwayne 'The Rock' Johnson
Aktor laga satu ini dikenal sebagai sosok yang ramah dan baik hati. Tapi, ia juga dikenal pelit. Seorang pelayan mengungkapkan, The Rock pernah memaksa sebuah resto buka lebih pagi agar ia bisa makan tanpa diganggu para fans. Usai makan, ia hanya meninggalkan USD7 di atas meja.



9. Mick Jagger
Vokalis The Rolling Stone ini diketahui memiliki kekayaan sekitar USD225 juta. Suatu ketika ia makan di Pizzeria Paradiso, Washington DC, AS, dan membayar tagihan sebesar USD90 dan hanya memberi tip USD10. Ada laporan lain bahwa sebelumnya ia tak meninggalkan tip sepeser pun di restoran sama.

10. Barbra Streisand
Pesohor gaek yang sudah eksis selama 50 tahun ini sangat terkenal akan kepelitannya. Pelayan restor di berbagai belahan dunia memiliki kisah serupa tentang Babs (Barbra Streisand) yang dikenal sangat cerewet jika menyangkut menu restoran, namun jarang meninggalkan tip. Ia diketahui hanya sekali memberi tip sebesar USD10 untuk tagihan sebesar USD457.

Anonymous Tipper

Ada kisah misterius yang beredar di internat dalam beberapa bulan terakhir mengenai seorang tak dikenal yang rutin memberi tip dalam jumlah fantastis kepada pelayan restoran cepat saji di seluruh  AS.

Belakangan, para pelayan restoran mewah pun mulai melaporkan adanya tamu anonymous yang royal dalam memberi tip.

Bermula di Ann Arbor, Michigan, pada 8 September 2013 lalu. Beberapa orang bersantap di sebuah resto lokal dan membayar tagihan USD87 lebih.

Saat di kasir, mereka menambahkan USD3,000 sebagai tip dan meninggalkan resto tanpa banyak bicara. Di hari yang sama, masih di Ann Arbor, namun di resto kecil bernama Alley Bar, seorang tamu memberi tips sebesar USD5,000 kepada seorang pelayan, dan USD7,000 kepada pemilik resto.

Sejak itu, anonymous tipper muncul di seluruh AS dari New York City hingga Chicago hingga San Francisco. Setiap kali habis beraksi, salinan kopi tagihan dengan tipnya diunggah ke Instagram.

Hingga akhirnya pada Desember 2013, identitas orang mistrius ini mulai terungkap. Arjun Dhawan, seorang pelayan di restoran Bo's di New York, yang mengaku mendapat tip sebesar USD1,000, mengenali sang pemberi tip sebagai mantan Vice President Paypal dan multimilyuner Jack Selby.

Meski pengakuan tersebut belum dikonfirmasi hingga kini, pada 21 Februari lalu, sang mysterious tipper berhasil diwawancarai oleh seorang reporter dari the San Francisco Chronicle, dengan syarat sang reporter berjanji tak akan mengungkap identitasnya.

Menurutnya, tip yang tercatat sudha berjumlah USD130,000 itu adalah bentuk “pemberian kembali” dan untuk menggugah orang lain melakukan hal sama.

Sang mysterious tipper kontan menjadi impian para pelayan resto di seluruh AS. Termasuk Amber Kariolich, Amy Sabani, dan Sarah Seckinge, tiga pelayan di Boone County Family Restaurant, Caledonia, Illinois, AS. Hari itu, 1 Februari 2014, mereka bercakap dan saling berharap suatu saat sang mysterious tipper mampir ke resto tempat mereka bekerja.

Percakapan mereka rupanya didengar oleh seorang tamu tak dikenal tang baru saja dilayani oleh Amber. Usai makan, tamu pria itu menyodorkan cek masing-masing senilai USD5,000 kepada ketiga pelayan itu, dengan sebuah coretan tangan bertuliskan, “to help with school and everything else in life.” Permintaannya sederhana, “tolong rahasiakan diri saya.”

Survey: Thailand Paling Royal dalam hal Tip

Thailand dinobatkan sebagai negara di mana penduduknya paling royal dalam hal tip kepada pelayan resto.

Thailand berhasil menjadi Top Tippers in Asia Pacific 2014 versi MasterCard, mengungguli Bangladesh sebagai Top Tippers 2012.

Dalam rilisnya tentang Research on Purchasing Priorities, MasterCard, menyebutkan bahwa setiap negara di kawasan Asia Pasifik berbeda dalam hal memberi tip kepada pelayan resto atau bar.

Setidaknya di 16 negara di mana MasterCard hadir (Australia, Bangladesh, China, Hong Kong, India, Indonesia, Jepang, Malaysia, Myanmar, Selandia Baru, Filipina, Singapura, Korea Selatan, Taiwan, Thailand, dan Vietnam)

Survey antara Oktober - November 2013 itu mencakup 7932 responden berusia antara 18 – 64  tahun. Di rata-rata negara itu, 4 dari 10 pelanggan resto/bar terbiasa memberi tip, kecuali Thailand di mana 8 dari 10 pelanggan biasa meninggalkan tip.

Dari 16 negara, Indonesia berada di urutan ke-8 dengan prosentase 33% pelanggan yang rutin memberi tip. Urutannya: Thailand (84%), Bangladesh (80%), India (74%), Filipina (73%), Hong Kong (56%), Australia (46%), Myanmar (42%), Indonesia (33%), Malaysia (31%), Vietnam dan Singapura (masing-masing 20%), China (15%), Taiwan dan Selandia Baru (12%),  Korea Selatan (10%), dan Jepang (4%). Secara keseluruhan, 40% pelanggan di Asia Pasifik rutin memberi tip.

Temuan lain dari survey menyebutkan, laki-laki (43%) lebih royal memberi tip ketimbang wanita (36%), sementara pelanggan berusia di atas 45 tahun lebih royal (42%) ketimbang  pelanggan anak muda berusia 18- 29 tahun (37%).

Read More    

Add to Flipboard Magazine.
Komentar:

       

 

   

Popular

 

Photo Gallery

     

Visitor


Jumlah Member Saat ini: 2250