Belu NTT yang Tak Kalah Indah

Oleh: Syulianita (Editor) - 03 December 2019 | telah dibaca 639 kali

Naskah : Suci Yulianita, Foto: Dok. Kementerian PUPR

 

 

Nama Flores tentu sudah tak asing lagi bagi para traveler. Pulau Flores yang terkenal dengan kawasan wisata Labuan Bajo dan Pulau Komodo ini sudah terkenal hingga ke mancanegara. Banyak wisatawan baik dari dalam negeri maupun luar negeri datang berlibur menikmati langsung eksotisnya kawasan yang terletak di Provinsi Nusa Tenggara Timur ini. Namun, sesungguhnya tak hanya Flores saja yang menyimpan keindahan dan kekayaan potensi pariwisata di Indonesia. Masih ada destinasi wisata lainnya yang sama indah dan menariknya di NTT, kawasan Belu misalnya. Meski lokasinya cukup jauh, berada di bagian tengah Pulau Timor berbatasan dengan Negara Timor Leste, Kabupaten Belu menawarkan destinasi wisata yang beragam, mulai dari danau, pegunungan, wisata pantai,  hingga padang rumput Fulan Fehan yang memesona.

 

Tak perlu khawatir bagi para traveler yang ingin mencoba berwisata ke Belu selain ke Labuan Bajo dan Pulau Komodo di NTT. Belu kini sungguh tampak sangat indah, tak kalah indah dengan destinasi wisata yang lebih dulu dikenal itu. Apalagi kini peran pemerintah, dalam hal ini Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) yang mendukung infrastruktur di daerah dengan luas wilayah kurang lebih 1.284,94 km² ini, menjadikan Belu sangat mudah dijangkau dan nyaman dikunjungi sebagai salah satu pilihan destinasi wisata di NTT. 

 

Belu menawarkan beragam destinasi wisata yang menarik. Pantai Pasir Putih Atapupu  yang terletak di Desa Kenebibi. Ada pula Pantai Sukaerlaran serta Pantai Teluk Gurita. Di pantai ini wisatawan akan terpesona pada keindahan pasir putihnya dan jernihnya air laut. Tak jauh dari Teluk Gurita ada Kolam Susuk yang tak terlalu besar, namun indah. Pemandangan sekawanan bangau yang sedang bersantai di kolam pada sore hari, melengkapi keindahan kolam tersebut. Itu belum seberapa karena ternyata masih banyak destinasi wisata menarik lainnya yang bisa disinggahi, termasuk di antaranya infrastruktur, sarana dan prasarana yang dikembangkan Kementerian PUPR beberapa tahun terakhir ini dapat menjadi pilihan destinasi wisata terbaru.