Search:
Email:     Password:        
 





PT. Bank Central Asia, Tbk Konsisten Salurkan CSR Pendidikan

By Benny Kumbang (Editor) - 09 May 2016 | telah dibaca 1615 kali

Naskah: Giattri F.P., Foto: Dok. BCA

Pendidikan merupakan sarana strategis untuk meningkatkan kualitas suatu bangsa, karenannya kemajuan suatu bangsa dapat diukur dari kemajuan pendidikannya. Menyadari hal tersebut PT. Bank Central Asia, Tbk (BCA) terus berkontribusi secara konsisten dalam penerapan Corporate Social Responsibility (CSR) perusahaan di bidang pendidikan demi membangun bangsa yang lebih berkualitas dan intelektual.

 

Berbagai program pendidikan telah digulirkan oleh bank swasta terbesar se-Indonesia itu di antaranya tahun ini, BCA menggelar seminar bertema “Persiapan Memasuki Dunia Kerja dan Komunikasi Efektif” kepada para mahasiswa Universitas Hasanuddin. Para penerima beasiswa dibekali berbagai pengalaman dan pengetahuan untuk menghadapi dunia kerja yang akan disampaikan oleh Praktisi Komunikasi Moh Subagio.


Selain mengadakan seminar, sebelumnya BCA mengadakan mentoring kepada para mahasiswa penerima beasiswa Bakti BCA periode 2015-2016 dari Universitas Hasanuddin. Mentoring ini adalah wadah bagi para mahasiswa untuk menggali ilmu dan pengalaman dalam dunia kerja dari para pemimpin BCA.


Seminar dan mentoring sebelumnya juga dihelat di Universitas Padjadjaran, Institut Teknologi Bandung dan Universitas Brawijaya.


Mewujudkan komitmennya untuk meningkatkan kualitas kesehatan anak Indonesia, BCA juga mengadakan edukasi kepada sekolah binaan Bakti BCA, SDN 1  dan 2, Taktakan, Serang. Edukasi ini termasuk salah satu dari rangkaian acara Hari Ulang Tahun (HUT) BCA ke-59 dalam bidang CSR Bakti BCA pilar Solusi Sinergi.


Para siswa SD dari kelas 1-6 belajar kebiasaan mendasar yang banyak manfaatnya bagi kesehatan, yakni kesehatan dan kebersihan tubuh. BCA berharap melalui edukasi ini, para siswa kian menyadari pentingnya melakukan kebiasaan sederhana ini agar mereka terhindar dari berbagai penyakit. Inilah kondisi yang ideal bagi para siswa untuk belajar dan menyerap ilmu sebanyak-bayaknya.


BCA juga mengadakan seminar guru yang mengusung tema “Developing Your Personal Impact and Influence” dan edukasi literasi keuangan kepada siswa siswi berprestasi di SMPN 6 Kota Serang. Kegiatan ini tak hanya dilakukan di Serang, melainkan akan dilaksanakan di Lampung dan Yogyakarta.


Melalui seminar guru, BCA berharap para pengajar memiliki cara pandang baru terhadap sistem pendidikan di Indonesia yang sudah berubah seiring dengan perkembangan zaman. Para pengajar tidak hanya bertanggung jawab supaya murid-muridnya cerdas, namun juga berperan dalam membangun generasi muda yang siap menghadapi persaingan di masa depan.


Dalam menjalankan tanggung jawab pengajar tersebut, para guru perlu terus mengasah pengetahuan dan keterampilan sehingga bisa bekerja dengan efektif dan profesional. Selain itu, para pengajar juga harus menghadapi kenyataan mereka perlu menyesuaikan diri dengan profil siswa sebagai generasi abad ke-21.


Seminar serupa dan Edukasi literasi keuangan ini sudah pernah diberikan kepada siswa siswi berprestasi di sekolah binaan BCA di Serang dan Lampung.


Pada tahun sebelumnya, 2015, BCA telah mendukung pengembangan fasilitas pendidikan melalui penyerahan donasi untuk pembangunan perbaikan Gedung Perpustakaan Pusat UGM
“Dukungan BCA ini adalah bentuk wujud nyata kepedulian serta perhatian dalam mengembangkan pendidikan bagi putra-putri bangsa, termasuk di UGM. Mahasiswa merupakan generasi penerus bangsa yang perlu mendapatkan fasilitas belajar yang memadai dan menyenangkan, terutama perpustakaan yang menjadi wadah untuk membaca buku dan sumber referensi pendukung ilmu pengetahuan,” ungkap Direktur BCA Suwignyo Budiman.


Melalui donasi yang diberikan oleh BCA sebesar Rp2 miliar, pembangunan perbaikan Gedung Perpustakaan Pusat UGM dilakukan dalam rangka memperkuat kestabilan gedung tehadap gempa tektonik. Pasalnya, daerah Yogya merupakan salah satu daerah rawan gempa. Selain itu, perbaikan gedung tersebut juga fokus dalam membenahi desain dan kelengkapan gedung yang mengikuti perkembangan zaman demi menciptakan lingkungan yang kondusif untuk belajar.


Dukungan BCA terhadap pengembangan pendidikan Indonesia pun dilakukan melalui sejumlah kegiatan, seperti BCA memberikan donasi Pendidikan Ramah Anak di Papua kepada United Nations International Children’s Emergency Fund (UNICEF).


Membina beberapa sekolah mulai dari tingkat sekolah dasar hingga sekolah menengah atas dalam penyediaan sarana dan prasarana belajar dan pengembangan softskill baik guru maupun peserta didik. BCA juga secara aktif mendukung pendidikan mahasiswa melalui beasiswa Bakti BCA maupun seminar-seminar untuk peningkatan softskill untuk persiapan menghadapi dunia kerja.


“Beragam program untuk mendukung pendidikan merupakan bentuk implementasi dari salah satu pilar Bakti BCA, yakni Solusi Cerdas. Melalui donasi ini, kami harapkan mahasiswa UGM dapat terus memperkaya pengetahuan mereka melalui sumber pustaka yang terdapat di perpustakaan dan menjadi bangsa yang berpartisipasi dalam pembangunan nasional,” ujar Suwignyo.


Selain menyerahkan donasi untuk perbaikan gedung perpustakaan UGM, pada hari yang sama BCA juga meresmikan Desa Wisata Pentingsari (Dewi Peri) sebagai salah satu desa wisata binaan BCA sekaligus memberikan donasi infrastruktur dan donasi fasilitas penunjang pariwisata berupa personal komputer dan printer serta infrastruktur senilai Rp109juta.


“Ini merupakan bagian dari upaya kami menerjemahkan kepercayaan nasabah terhadap BCA. Kami patut berterima kasih kepada nasabah BCA yang memampukan BCA dapat berbagi bersama masyarakat di segala pelosok Tanah Air dalam berbagai bentuk kepedulian,” tegas Suwignyo.


BCA juga peduli terhadap Pengembangan Pendidikan Perguruan Tinggi melalui Beasiswa Bakti BCA yang diberikan kepada 16 universitas di Indonesia, yakni Institut Teknologi Bandung (ITB), Universitas Padjadjaran (Unpad), Universitas Gadjah Mada (UGM), Universitas Sumatera Utara (USU), Universitas Indonesia (UI), Institut Pertanian Bogor (IPB), Universitas Udayana (Unud), Universitas Brawijaya (Unbraw), Universitas Diponegoro (Undip), Universitas Sam Ratulangi (Unsrat),  Universitas Airlangga (Unair), Institut Teknologi Sepuluh Nopember (ITS), Universitas Sriwijaya (Unsri), Universitas Hasanuddin (Unhas), Universitas Mulawarman (Unmul), dan Universitas Cendrawasih (Uncen) BCA percaya mahasiswa berprestasi memiliki potensi luar biasa yang harus kita dukung pengembangannya. Mahasiswa sebagai SDM Indonesia kelak akan menghadapi jenjang persaingan yang lebih tinggi lagi, yaitu dunia kerja.


BCA berharap Beasiswa Bakti BCA turut mendukung upaya bersama untuk meningkatkan daya saing serta kualitas SDM Indonesia melawan SDM bangsa-bangsa lain, terutama memasuki era Asean Economy Community (AEC).


Add to Flipboard Magazine.

Tulis Komentar:


Anda harus login sebagai member untuk bisa memberikan komentar.

                  

Popular

       

Photo Gallery

 

Visitor


Jumlah Member Saat ini: 2250