Search:
Email:     Password:        
 





Cara Mudah Atasi Selulit Bagi Lelaki

By Rapiudin () - 29 October 2013 | telah dibaca 2113 kali

Naskah : A. Rapiudin/berbagai sumber Foto : Dok

Selulit ternyata tidak hanya dialami kaum wanita, tetapi juga pria. Memang tidak bisa dipungkiri bahwa wanita lebih sering mempersoalkan masalah ini karena wanita biasanya amat peduli dengan penampilan, sehingga seolah-olah hanya wanita yang mengalaminya. Padahal, selulit ada juga dialami pria tetapi mereka jarang permasalahkannya.

Selulit biasanya muncul di bagian paha, pantat, ketiak, dan perut. Karena di bagian itulah adanya timbunan lemak.Selulit bisa muncul karena beberapa hal. Antara lain, kegemukan, pola konsumsi makanan yang tidak sehat, mengkonsumsi minuman beralkohol dan kafein. Merokok juga bisa memicu timbulnya selulit karena berpotensi mengurangi kelenturan kulit. Toksin yang muncul akibat merokok dapat menyumbat pembuluh-pembuluh kapiler kulit, sehingga darah tidak bisa beredar dengan lancar.

Bukan hanya itu, stres dan kurang istirahat juga bisa menjadi penyebab selulit. Ketegangan otot yang berkelanjutan menyebabkan tertutupnya kelenjar-kelenjar dalam kulit sehingga menghambat proses metabolisme tubuh.

Lantas, apa selulit itu?
Selulit adalah guratan putih yang muncul karena kulit mengalami gangguan metabolisme. Selulit adalah lemak yang terperangkap di bawah lapisan kulit. Selulit juga merupakan lemak yang gagal dibuang oleh tubuh sehingga menggumpal dan menimbulkan kesan tidak rata atau bergelombang pada permukaan kulit.

Selain itu, selulit bisa juga suatu lapisan lemak di bawah kulit yang terletak di atas otot. Jika selulit hanya melibatkan lapisan lemak mungkin tidak akan terlihat. Namun, karena jaringan serat yang menghubungkan otot ke kulit yang membuat kantong-kantong lemak menyebabkan lemak terkumpul atau menekan lapisan lemak normal, sehingga lapisan tersebut menonjol di bawah kulit dan menimbulkan guratan.

Selulit terbentuk dari dampak perubahan fisioligis yang terjadi pada lapisan lemak. Ada tiga tahapan saat selulit terbentuk dalam tubuh seseorang. Pertama, selulit tidak dapat terdeteksi kecuali kita mencubit bagian tubuh yang kita rasakan terdapat selulit. Dari cubitan tersebut akan muncul benjolan yang menyerupai kulit jeruk.

Kedua, selulit dapat dilihat dari posisi berdiri. Kulit yang mengalami selulit terjadi perubahan warna dan lebih tebal. Pembuluh darah cenderung melemah. Cairan dan oksigen pada bagian tubuh yang terkena selulit juga terbatasi sirkulasinya.

Ketiga, selulit dapat dilihat dengan jelas dan terlihat beberapa benjolan yang tampak di permukaan kulit. Di bawah lapisan kulit limfatik, lapisan lemak yang membengkak akan mendorong lapisan kulit terluar sehingga menyebabkan riak yang mungkin terasa dingin ketika disentuh.

Punya selulit di tubuh memang tidak mengenakkan, mengganggu penampilan, dan bisa membuat seseorang tidak percaya diri terutama jika selulit berada di bagian kulit yang terbuka. Untuk itu langkah pencegahan sangat penting dilakukan. Ada banyak cara yang bisa dilakukan untuk mencegah munculnya selulit di tubuh.

1.Perbanyak makan buah dan sayur
Kandungan serat di dalam buah dan sayur membantu melancarkan proses pembuangan lemak.
Mengkonsumsi jenis makanan ini dapat melancarkan sirkulasi darah dan menghancurkan timbunan lemak dalam tubuh.

2. Olahraga
Olahraga yang dilakukan secara teratur dapat membuang racun dan kelebihan lemak di bawah kulit sehingga lemak tidak tertimbun yang bisa menyebabkan timbulnya selulit.

3. Pijat
Pemijatan teratur dan dilakukan dengan benar akan melancarkan sistem sirkulasi getah benaing yang mampu menghancurkan jaringan lemak di bawah kulit. Bagian yang dipijat bisa di paha dan betis agar tidak tegang dan tidak terjadi penimbunan lemak.

4.Penggunaan body scrub dengan krim
Pemakaian secara rutin akan membantu mengangkat lapisan kulit mati dan merangsang pembentukan sel baru yang lebih kencang. Penggunaan pelembab tubuh yang mengandung formula pengencang dapat membantu mengembalikan kekenyalan dan kekencangan kulit.

5.Minum air putih

Air putih sangat baik untuk kesehatan. Kulit yang terhidrasi dengan baik akan terlihat lebih kenyal dan padat. Di area-area yang rentan terhadap selulit, seperti paha dan pantat, kulit yang kenyal mampu menutupi sel-sel lemak dibawahnya dengan lebih baik.

Selain pencegahan dengan hal-hal di atas, langkah lain yang bisa dilakukan adalah dengan mengkonsumsi makanan tertentu. Seperti dilansir American Dietetic Association, ada jenis makanan yang bisa membantu mencegah timbulnya selulit.

1.Sereal berserat tinggi/
wholegrain
Karbohidrat kompleks seperti sereal manis, roti putih, bahkan nasi putih lebih cepat diubah menjadi glukosa sehingga menyebabkan insulin melonjak drastis. Lonjakan tersebut mengirimkan sinyal kepada tubuh untuk menyimpan lemak.

Semua lemak baru dan lemak yang berlebih membuat sel-sel menjadi penuh sehingga mendorong jaringan ikat lebih kuat daripada biasanya dan terlihat menggumpal. Karena itu, sebaiknya Anda menghindari mengonsumsi karbohidrat berlebih. Sebaliknya, pilih produk wholegrain seperti beras merah, oatmeal, dan tepung jagung yang tidak akan membuat gula darah turun-naik dengan cepat.

2. Sayuran berwarna
Peneliti American Dietic Association, Lona Sandon RD mengatakan, sayuran berwarna kaya vitamin C yang penting untuk mencegah kerusakan kolagen. Kolagen merupakan struktur penopang kulit berupa untaian jaringan yang menembus lemak pada kulit lapisan otot yang mendasarinya.

Jika untaian ini melemah, kulit kehilangan elastisitasnya dan lemak dapat menonjol pada kulit, yang membuat lapisan bergelombang di bawahnya terlihat lebih jelas atau yang lebih dikenal dengan fenomena kulit jeruk. Selain itu, paparan sinar matahari yang berlebihan juga dapat merusak kolagen.

Selain itu, vitamin C mengandung asam askorbat yang menjadi kunci utama untuk memproduksi kolagen sebagai protein yang membuat kulit tetap sehat dan tidak gampang kendur. Kolagen bersama elastin menjaga kulit tetap sehat. Kolagen menghasilkan kekenyatalan tubuh dan kulit, sedangkan elastin menghasilkan kelenturan kulit.

* Artikel ini dimuat di majalan Mens Obsession, edisi 117, Oktober 2013

Add to Flipboard Magazine.

Tulis Komentar:


Anda harus login sebagai member untuk bisa memberikan komentar.

         

Popular

   

Photo Gallery

Visitor


Jumlah Member Saat ini: 2250