Search:
Email:     Password:        
 





Pria pun Perlu Anti Aging

By Rapiudin (Editor) - 17 December 2013 | telah dibaca 4385 kali

Naskah : A. Rapiudin/berbagai sumber  Photo : Dok

Urusan merawat wajah sesungguhnya bukan hanya monopoli kaum hawa. Banyak pria pun yang mulai fokus menjaga penampilan dengan merawat wajahnya. Seharusnya memang demikian, karena wajah yang dirawat dengan baik akan tampak lebih sehat dan dapat mencegah timbulnya jerawat, serta tanda-tanda penuaan dini pada wajah.

Kebanyakan kulit wajah pria lebih sensitif terhadap kondisi lingkungan serta berminyak, memudahkan kotoran menempel di wajah. Kulit pria juga rentan terhadap keriput atau kerutan. Hal ini disebabkan gaya hidup yang tidak sehat, seperti, merokok, mengonsumsi alkohol, dan banyak begadang.

Perawatan kulit bagi pria bukan persoalan mudah. Pria yang tidak merawat wajahnya akan terlihat memiliki wajah kusam, kuyu, dan tua. Namun, cara merawat wajah pria agak berbeda jika dibandingkan wanita. Sebab, kulit wajah pria cenderung bertekstur kasar dan lebih berminyak. Diperlukan pembersihan wajah secara berkala untuk mengatasi wajah yang kusam, berminyak, keringat, dan berjerawat.

Seperti wanita, pria pun bisa menggunakan produk anti aging/anti penuaan untuk merawat wajah. Bisa memilih krim anti aging yang dapat memproduksi kolagen dan elastin. Ini agar kulit wajah terlihat lebih muda, kencang, dan elastis.

Dibanding wanita, pria lebih banyak beraktivitas di luar rungan. Inilah yang menyebabkan kerusakan kulit, lantaran terkena sinar UV dan berdampak pada penuaan dini. Karena itu, untuk mengatasinya kaum pria bisa menggunakan krim wajah yang memiliki perlindungan terhadap sinar UV.

Aktivitas pria yang lebih banyak dari wanita berakibat keluarnya keringat dari tubuh. Alhasil, banyak air yang terbuang. Keadaan ini akan membuat kulit menjadi lebih kering, berkerut, dan rusak karena dehidrasi. Bagi pria yang mengalami hal demikian, maka minum banyak air adalah langkah tepat.

Hal lain yang membuat wajah para pria terlihat kusam adalah mengabaikan kebiasaan mengonsumi makanan sehat. Akibatnya asupan nutrisi ke tubuh menjadi berkurang dan berdampak pada kulit yang terlihat kusam dan mudah terjadi penuaan dini. Untuk mengatasinya. tubuh harus diberikan asupan sayur, buah-buahan, termasuk vitamin A dan E yang memiliki manfaat besar untuk kulit.

Berikut, beberapa langkah yang bisa dilakukan kaum Adam untuk merawat wajah:

1. Menjaga kulit tetap bersih
Jerawat seringkali muncul di wajah. Wajah yang kotor, berdebu, dan berminyak memudahkan timbulnya jerawat. Untuk mencegahnya, kulit harus rutin dibersihkan. Selain dengan mencuci muka dengn air, bisa menggunakan pembersih wajah yang memiliki tingkat keasaman sekitar 5,5 agar kelembaban kulit cepat hilang.

2. Mengatasi kulit wajah berminyak
Perubahan hormon, stress dan faktor genetika membuat kulit menjadi berminyak. Pria perlu lebih sering mencuci wajah dengan pembersih kulit ringan (bukan dengan sabun), menghindari makanan berminyak, dan banyak minum air.

3. Masker pemberih
Kulit mati perlu dihilangkan. Untuk itu, diperlukan masker pembersih wajah minimal seminggu sekali. Masker yang baik mengandung gel kaolin dan bentone yang dapat mengangkat kotoran dan minyak berlebih.

4. Gunakan air hangat
Selain masker, membersihkan wajah bisa juga dengan air hangat yang berfungsi membuka pori-pori dan mengangkat kotoran-kotoran di wajah. Selanjutnya, bersihkan dengan air dingin untuk membuka kembali pori-pori.

5. Konsumsi makanan sehat
Makanan sehat membuat tubuh sehat, termasuk sel-sel kulit wajah mendapatkan nutrisi untuk mempertahankan kelenturannya. Makanan sehat dan asupan nutrisi akan membuat wajah tampak segar.

6. Istirahat cukup
Yang tidak kalah penting untuk membuat wajar tampak segar adalah dengan istirahat cukup. Istirahat cukup di malam hari akan membuat sel-sel kulit berkembang dan memproses pergantian sel-sel kulit mati. Sebaliknya, kurang istirahat akan membuat sel-sel kulit mengalami penuaan dini, dan membuat wajah tampak tua dan berkerut.


* Artikel ini dimuat di majalah Men Obsession, edisi 119, Desember 2013



Add to Flipboard Magazine.

Tulis Komentar:


Anda harus login sebagai member untuk bisa memberikan komentar.

         

Popular

   

Photo Gallery

Visitor


Jumlah Member Saat ini: 2250